6 Tips Agar Kulit Tampak 'Glowing' Ala Dokter Clarin Hayes


  • 6 Tips Agar Kulit Tampak 'Glowing' Ala Dokter Clarin Hayes
    Buat wajah lebih glowing dengan cara dan panduan dari dokter Clarin hyes(Foto:Dok/Freepik)


    Siapa yang tak ingin memiliki kulit cerah dan glowing saat ini? Apalagi jika mendapatkannya tergolong mudah untuk dilakukan. Seperti menerapkan pola hidup sehat dan konsisten menjalaninya.

    Terlebih lagi saat ini kita lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, mulai dari bekerja hingga membeli ragam kebutuhan hidup. Sehingga kulit akan berkurang dari paparan polusi yang kerap menimbulkan ragam permasalahan kulit. 



    Namun, meskipun begitu merawat kulit secara maksimal harus tetap dilakukan agar kulit lebih sehat dari biasanya. Sudah tahu bagaimana caranya?

    Dokter muda sekaligus Content Creator Alexandra Clarin Hayes membagikan tip dan langkah agar kulit tetap glowing meski melakukan perawatan dari rumah. Menjadi salah satu pembicara dalam acara Live Stream Fest Vol. 2 berikut langkah yang dianjurkannya. 


    (Baca Juga: 7 Cara Efektif Agar Kulit Wajah Tampak Lebih 'Glowing')


    1. Minum air putih

    Mencukupi kebutuhan mineral di dalam tubuh memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya untuk kulit.

    Mengonsumsi air putih ternyata bisa mencerahkan kulit sekaligus buatnya sehat dan glowing. Meskipun setiap manusia memiliki kadar kebutuhan mineral yang berbeda, namun minimalkan konsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. 

    "Karena kelembapannya kulit kita itu tergantung pada kadarair di dalam tubuh kita. Karena setiap sel di dalam tubuh kita butuh air. agar tetap kelihatan sehat dan cerah harus minum yang cukup, 8 gelas sehari," jelas Clarin Hayes dalam acara Live Stream Fest Vol.2.


    (Baca Juga: Pentingnya Minum Air Mineral yang Terstruktur)


    2. Skincare Routine

    Menjaga kelembapan kulit dari dalam perlu didukung juga dengan perawatan kulit dari luar. Salah satunya dengan tidak melewatkan penggunaan skincare routine-mu.

    Meskipun saat ini banyak aktivitas yang lebih sering dilakukan di dalam rumah, bukan berarti perawatan kulit jadi hal yang disampingkan. Double atau triple cleansing juga dianjurkan untuk tetap dilakukan untuk membuat kulit cerah secara maksimal.

    "Beberapa waktu lalu, wajah aku sempat tiba-tiba break out, jerawatan. Aku pikir, apa aku salah makan, apa aku kurang bersihin muka atau aku kurang tidur atau ada yang salah dengan kulit aku. Ternyata (masalahnya) ada di cleansing kulit," ujarnya.

    "Akhirnya aku double cleansing atau triple cleansing aja. Coba pake milk cleanser atau balm cleanser. Kulit aku jadi lebih bersih," tambahnya.

    Dokter berusia 25 tahun ini juga membagikan tahapan skincare routine yang dia gunakan untuk perawatan kulit. Dirinya pun menyarankan untuk membersihkan kulit secara maksimal walaupun hanya berkegiatan di dalam rumah. 

    Di tahap pertama, penggunaan milk cleanser jadi anjuran khusus untuk mengangkat minyak pada kulit. Sehingga debu yang menempel dan tercampur pada kulit, terutama untuk wajah berminyak dan kombinasi, bisa terangkat secara maksimal.

    Setelah menggunakan milk cleanser dan diusap secara perlahan agar kotoran terangkat, lanjuti pembersihan kulit dengan micellar water agar debu yang bisa dihilangkan dengan air bisa dihilangkan dan tidak mengendap di dalam pori-pori.

    Jika telah melewati kedua langkah ini, beauty vlogger ini menganjurkan untuk mencuci wajah dengan sabun yang sesuai dengan tipe kulit. Kemudian lanjuti dengan penggunaan toner dan serum sebelum tidur. Bagi pemilik kulit kering, menggunakan night cream bisa membantu memaksimalkan kelembapan kulit.

    Sementara untuk perawatan di siang hari, dokter Clarin Hyes menyarankan tetap menggunakan sunblock. Hal ini tak lain untuk menghindari radiasi sinar UV yang bisa buat penuaan kulit.

    "Kalau siang pakai sunblock, karena sinar matahari itu tetap masuk, selama kita bisa lihat cahaya itu, sinar UV nya juga kena. karena radiasi UV penyebab penuaan nomor satu," jelasnya.


    (Baca Juga: 6 Tips Gunakan Highlighter Untuk Wajah Lebih Glowing)


    3. Tidur yang cukup

    Sebagian orang mungkin mengalami sulit tidur selama menjalani work from home. Selain tidak baik bagi tubuh, hal ini juga buat kulit menjadi kusam dan terlihat tidak sehat.

    Jika ingin mendapatkan kulit yang cerah dan awet muda, memiliki pola tidur baik jadi bagian dari langkah yang harus dilakukan. Tidur yang baik untuk jam biologis manusia adalah 6-8 jam dalam semalam.


    (Baca Juga: 8 Cara Efektif Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Obat)


    4. Rutin Olahraga

    Meski berdiam diri di rumah, berolahraga jadi kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Jika tidak dilakukan, tubuh dan kulit akan terkena dampak yang pastinya tidak kamu inginkan.

    Saat bangun tidur, saraf simpatif di dalam tubuh bekerja secara dominan dibandingkan yang lainnya. Sehingga untuk memaksimalkannya, berolahraga bisa jadi langkah yang baik untuk dicoba. 

    Cobalah cardio dan workout lainnya sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Selain menambah kebugaran, kulit juga bisa lebih sehat setiap hari.

    "Ketika kita terjaga di siang hari, sistem saraf yang lebih dominan bekerja adalah saraf simpatif. Kita harus maksimalkan saraf simpatif kita, kita harus bisa cardio ringan, workout dan lain-lain," jelasnya.


    (Baca Juga: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Dalam 30 Menit)


    5. Kelola Stres

    Di masa pandemi virus corona ini, tanpa disadari kita bisa mengalami stres dan cemas. Dampak dari stres ini juga bisa membuat kulit menjadi tidak sehat, kusam bahkan berjerawat.

    Hal ini dikarenakan menurut dokter Clarin, ketika tubuh menerima stressor, kortisol di dalam tubuh bisa meningkat. Dan hal inilah yang bisa menimbulkan ragam permasalahan kulit.

    Oleh sebabnya, mengelola emosi, bisa jadi cara untuk menjaga kesehatan dari dalam, terutama untuk kulit. Kamu bisa mengontrolnya dengan cara meditasi. 

    "Tidak semua orang memahami kondisi mental mereka, kalau mereka sedang menghadapi stressor. Stressor itu kondisi di mana kita semua manusia harus beradaptasi. Baik menyenangkan atau pun tidak menyenangkan," ujarnya.

    "Buatku belakangan ini mengikuti grup meditasi, bisa mengontrol pikiran dan emosi ku," tambahnya. 


    (Baca Juga: Cara Kelola Amarah Menurut Ahli Meditasi)


    6. Makan buah dan sayur

    Demi mendapatkan kulit cerah dan glowing, asupan bergizi dan kaya akan vitamin harus ada di dalam menu makanan kita sehari-hari. Kebetuhan seperti itu bisa dengan mudahnya didapatkan dalam buah dan sayur.

    Pilihlah buah-buahan yang kaya akan vitamin E dan bisa juga untuk mengonsumsi suplemen untuk kulit.

    Itu dia tip agar kulit lebih glowing saat di rumah. Lakukan langkah itu, agar wajah jadi lebih cerah saat pandemi virus corona telah selesai!