Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Retinol


  • Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Retinol
    Apakah aman menggunakan retinol sehari-hari? (Foto: Dok. Senivpetro/Freepik)

    Apakah kamu pernah mendengar salah satu kandungan skincare yang disebut dengan retinol? Secara harfiah, retinol dapat diartikan sebagai derivatif dari vitamin A. Dengan kata lain, retinol merupakan senyawa kimia turunan dari vitamin A. Retinol adalah salah satu kandungan skincare yang efektif bekerja untuk merangsang sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Tak hanya itu saja, retinol juga merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Maka tak heran, jika retinol dikenal sebagai salah satu kandungan skincare yang baik untuk melawan penuaan.


    Meskipun terdengar sangat menjanjikan, namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan retinol yaitu:




    Memakai retinol dengan takaran yang lebih banyak, tidak menjamin hasilnya cepat terlihat


    Jika kamu mengira, semakin banyak takaran retinol yang digunakan semakin cepat hasilnya terlihat, hmm... sepertinya kamu perlu pertimbangkan kembali anggapan ini. Mengapa? Alih-alih mendapatkan hasil yang cepat terlihat, memakai retinol dengan takaran yang banyak justru dapat meningkatkan risiko kulit kering, iritasi, kemerahan, atau peradangan. Apalagi jika kulit kamu belum pernah memakai retinol sebelumnya atau tergolong ke dalam kulit sensitif. Alangkah baiknya, cukup gunakan retinol sewajarnya saja atau sesuai dengan petunjuk pemakaian. 


    (Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kelembapan Kulit Wajah Selama WFH)


    Hanya memakai retinol saja


    Meskipun retinol memiliki banyak manfaat untuk kulit, bukan berarti kamu tidak memerlukan kandungan skincare yang lain. Kulit kamu tetap membutuhkan bantuan dari kandungan lainnya agar kecantikan kulit tetap terjaga. 


    (Baca Juga: Urutan Skincare Malam Hari Untuk Kulit Berjerawat)


    Jangan lewatkan penggunaan sunscreen!


    Saat memakai kandungan retinol atau vitamin A lainnya, sangat penting juga untuk memakai sunscreen sebagai perlindungan kulit dari sinar UVB. Mengapa? Karena kulit yang sedang menggunakan retinol, terutama bagi yang baru pertama kali, sangat wajar jika kulit akan terasa jauh lebih kering dari biasanya, sedikit kemerahan, atau sedikit mengelupas. Nah, jika terpapar sinar matahari, tentu saja dapat memperparah kondisi kulit tersebut. Jadi, jangan lewatkan penggunaan sunscreen di pagi hari ya!


    Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil kerja retinol pada kulit? Pada umumnya, retinol membutuhkan waktu 8-12 minggu sampai hasilnya terlihat pada kulit wajah. Jadi, sangat disarankan untuk bersabar dan rutin menggunakan retinol setidaknya selama itu. 


    (Baca Juga: Kenali Berbagai Jenis Sunscreen Berdasarkan Jenis Kulit)


    Apakah aman menggunakan retinol sehari-hari? Pada dasarnya, retinol sangat aman untuk digunakan sehari-hari. Namun, perlu diingat untuk menggunakan retinol dalam takaran yang wajar. 


    Apa saja manfaat retinol untuk kulit?


    Membantu Regenerasi kulit

    Retinol dinilai mampu membantu mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah. Selain itu, retinol juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. 


    Meningkatkan Produksi Kolagen

    Seperti diketahui, retinol merupakan salah satu kandungan skincare yang efektif meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah.


    Sebagai Antioksidan

    Retinol juga berfungsi sebagai antioksidan, yang dapat menangkal radikal bebas. Sebagaimana diketahui, paparan radikal bebas berbahaya dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini, menurunkan elastisitas kulit, merusak melanin kulit, hingga menimbulkan penyakit kulit yang serius, seperti kanker kulit.


    (Baca Juga: Kenali 10 Penyakit Kulit dan Cara Pencegahannya)


    Lalu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan retinol? 


    Biasanya, retinol mulai digunakan saat memasuki usia 30 tahun ke atas, karena pada usia ini terjadi penurunan produksi kolagen. Namun, kamu mulai bisa menggunakan retinol ketika muncul tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus pada kulit wajah. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below