Urutan Skincare Malam Hari Untuk Kulit Berjerawat


  • Urutan Skincare Malam Hari Untuk Kulit Berjerawat
    Urutan Skincare Malam Hari Untuk Kulit Berjerawat. (Foto:Dok. Prostooleh/Freepik)

    Bagi para wanita, merawat wajah merupakan rutinitas kecantikan yang sangat penting. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, glowing, dan terbebas dari jerawat. Khusus bagi wanita yang mungkin memiliki kulit berjerawat, kamu memerlukan skincare routine yang tepat untuk menghindari jerawat muncul kembali. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berikut ini urutan skincare malam untuk kulit berjerawat. Satu lagi, urutan skincare ini harus kamu lakukan secara berurutan agar mendapatkan hasil yang maksimal. 


    Makeup Remover




    Urutan skincare malam hari untuk kulit berjerawat yang pertama adalah bersihkan sisa riasan wajah dengan makeup remover. Makeup remover dapat mengangkat sisa makeup, debu, minyak, dan kotoran lainnya yang menempel pada kulit wajah dengan baik. Seperti diketahui, salah satu penyebab umum munculnya jerawat adalah karena wajah yang tidak dibersihkan secara maksimal, sehingga dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan munculnya jerawat. Nah, untuk menghindari jerawat muncul kembali, kamu harus memastikan bahwa kamu sudah membersihkan wajah dengan maksimal. Biasanya, kulit berjerawat cenderung memproduksi minyak lebih banyak, oleh karena itu pilihlah makeup remover yang berbahan dasar air atau gel ya!


    (Baca juga : 7 Urutan Perawatan Wajah Pagi dan Rekomendasi Produknya)


    Sabun Pencuci Wajah


    Setelah membersihkan wajah dengan menggunakan makeup remover, lanjutkan menggunakan sabun pencuci wajah atau face wash. Sangat penting untuk melakukan double cleansing. Pada dasarnya, double cleansing adalah sebuah cara membersihkan wajah dengan dua tahap. Tahap pertama, yaitu dengan menggunakan makeup remover yang berguna untuk meluruhkan sisa-sisa riasan, minyak, kotoran, dan debu yang mungkin menempel pada wajah. Setelah itu tahap kedua, bersihkan kembali wajah menggunakan sabun muka. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah mudah berjerawat, pilihlah face wash yang berbentuk foam, karena lebih ringan di kulit dan tetap efektif membersihkan wajah. Selain itu, pilihlah juga face wash yang berlabel non-comedogenic


    (Baca Juga: Rekomendasi Sabun Muka untuk Perawatan Wajah)


    Melakukan Eksfoliasi


    Urutan skincare malam untuk kulit berjerawat berikutnya, lakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu. Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit wajah. Penumpukan sel-sel kulit mati dapat menyebabkan komedo, jerawat dan kulit terlihat kusam. Pengelupasan sel-sel kulit mati dapat dilakukan dengan dua cara yakni secara mekanis (physical exfoliator) dan kimiawi (chemical exfoliator). Bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat, pilihlah chemical exfoliator karena tidak akan memperparah kondisi jerawat dan tidak terlalu kasar untuk kulit kamu. 


    (Baca juga : Begini Girls, Urutan Pemakaian Skincare yang Benar!)


    Toner


    Toner adalah produk perawatan kulit yang berperan untuk mengangkat sisa residu makeup, kotoran, debu, dan minyak yang mungkin saja masih menempel pada wajah setelah mencucinya menggunakan face wash. Selain itu, toner juga berperan untuk mengembalikan kesimbangan pH kulit. Aplikasikan toner dengan menggunakan kapas dari arah dalam ke arah luar wajah. 


    Bagi pemilik kulit berjerawat, memilih toner yang tepat itu sangat penting karena salah memilih toner dapat menimbulkan masalah kulit baru atau malah memperparah kondisi jerawat. Pilihlah toner yang mengandung bahan-bahan seperti BHA, salicylic acid, tea tree, yang mampu membersihkan pori-pori secara mendalam dan membantu mengontrol produksi minyak di wajah. 


    (Baca Juga: 7 Pilihan Toner yang Tepat untuk Kulit Berminyak)


    Serum


    Setelah menggunakan makeup remover, face wash dan toner, urutan skincare malam hari untuk kulit berjerawat berikutnya adalah serum! Serum terdiri dari molekul-molekul kecil yang bisa masuk hingga ke lapisan kulit paling dalam, sehingga zat aktifnya dapat langsung bekerja mengatasi masalah kulit tertentu. Pilihlah serum wajah yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat yang sedang kamu alami. Gunakan beberapa tetes serum, lalu aplikasikan ke seluruh wajah secara merata. 


    (Baca Juga: 4 Manfaat Serum Wajah Untuk Kulit Berjerawat)


    Pelembap


    Apakah kulit berjerawat juga membutuhkan pelembap? Tentu saja perlu! Kadar minyak pada wajah tidak dapat mengukur tingkat kelembapan kulit. Dengan kata lain, kulit berjerawat juga dapat kehilangan kelembapan alami kulit. Bagi pemilik kulit berjerawat, pilihlah pelembap yang ringan dan tidak terlalu creamy



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below