5 Tips Menjaga Kelembapan Kulit Wajah Selama WFH


  • 5 Tips Menjaga Kelembapan Kulit Wajah Selama WFH
    Tips Menjaga Kelembapan Kulit Wajah Selama WFH. (Foto: Dok. Tirachardz/Freepik.com)

    Tantangan bekerja di rumah, atau work from home (WFH), memang dirasa lebih berat. Akibat waktu dan pikiran sudah terkuras untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan profesional secara bersamaan, saat WFH kita jadi lebih sering lalai dalam urusan kecantikan. Jika kamu sudah mulai merasa kulit wajah tampak lebih kusam atau kering selama WFH ini, yuk semangat lagi dalam merawatnya.


    Mulailah dari perawatan kecantikan yang paling dasar terlebih dahulu, yaitu menjaga kelembapan kulit. Kulit wajah yang hidrasi serta kelembapannya baik, akan jauh dari permasalahan seperti kusam, kering, atau bahkan jerawat. Jika menggunakan riasan pun, hasilnya akan melekat lebih sempurna. 




    (Baca Juga: Miliki Wajah Lembap Berkilau ala Korea)


    Berikut tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelembapan kulit wajah selama WFH.


    1. Hindari Mencuci Wajah dengan Air Panas


    Hindari Mencuci Wajah dengan Air Panas

    (Foto: Dok. Jcomp/Freepik.com)


    Mandi dan mencuci wajah menggunakan pancuran air yang cenderung panas memang terasa begitu merelaksasi. Namun apakah hal ini baik untuk kulit? Nah, air panas sebenarnya dapat meningkatkan sensitivitas kulit saat mencucinya. Selain itu, air panas juga dapat mengangkat minyak alami kulit yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan. Belum lagi ditambah dengan sabun cuci wajah yang mungkin sifatnya abrasif. Jadi, lebih baik mencuci wajah dengan air bersuhu ruangan atau suam-suam kuku. 


    (Baca Juga: 6 Cara Mencuci Muka yang Baik dan Benar)


    2. Memenuhi Asupan Air


    Memenuhi Asupan Air

    (Foto: Dok. Jcomp/Freepik.com)


    Semoga tidak bosan ya mendengar saran ini: minum setidaknya 2 liter atau 8 gelar air mineral per hari. Apakah hal ini benar-benar berpengaruh untuk kesehatan kulit? Tentu saja! 90 persen dari darah yang mengalir di dalam tubuh kita adalah air. Apabila tubuh dehidrasi, tubuh akan mengambil cairan dari darah, sehingga mengakibatkan darah menjadi lebih pekat dan alirannya kurang lancar. Kalau aliran darah kurang lancar, otomatis distribusi oksigen dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh (termasuk kulit) akan terhambat. Intinya, kurangnya asupan air membuat kulit tidak ternutrisi secara maksimal. 


    (Baca Juga: Kenali Gejala Dan Tanda Kurang Minum Air Putih)


    3. Memasang Air Humidifier

    Hidup di daerah tropis yang cuacanya cukup panas membuat kita kerap memilih untuk menyalakan AC di dalam ruangan. Tanpa disadari hal ini membuat kelembapan ruangan menjadi rendah dan kulit lebih mudah kering. Jika kamu menggunakan AC secara rutin, siasati dengan memasang air humidifier secara bersamaan. Trik ini akan membuat kelembapan udara di ruangan lebih seimbang, dan kulit pun tetap terjaga kelembapannya.  


    4. Gunakan Perawatan Kulit Berbasis Air 

    Selain mencukupi kebutuhan air untuk tubuh, pastikan kulitmu juga terhidrasi secara langsung. Agar kelembapannya terkunci sepanjang hari, kamu bisa mencoba rangkaian perawatan kulit yang berbahan dasar air. Tak perlu ribet, setelah membersihkan wajah, cukup gunakan serum atau essence dan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. 


    Untuk kulit kombinasi dan berminyak, kamu bisa coba:


    Laneige Water Bank Hydro Essence

    Laneige Water Bank Hydro Essence

    (Foto: Dok. Laneige)


    Seperti healthy juice untuk kulitmu! Serum ini memiliki kandungan green mineral water yang diekstrak dari kale, garden cress, dan beetroot untuk menutrisi serta menghidrasi kulit sepanjang hari. Teksturnya milky ketika dituangkan, tetapi setelah dibaurkan ia akan berubah menyerupai air, sehingga terasa ringan, tidak lengket, dan tidak membuat kulit berminyak. 


    Laneige Water Bank Hydro Cream EX

    Laneige Water Bank Hydro Cream EX

    (Foto: Dok. Laneige)

    Mencari pelembap untuk kulit berminyak cukup rumit, karena jika formulanya tidak tepat, dapat membuat kulit terasa greasy atau mengakibatkan breakout. Moisturizer ini memang dirancang khusus untuk kulit kombinasi dan berminyak. Tekstur gel-nya memberi kesegaran dan hidrasi instan tanpa membuat kulit terasa “berat”. Ia juga mengandung garden cress sebagai antioksidan yang berfungsi menangkis radikal bebas serta menguatkan pertahanan kulit. 


    Untuk kulit normal dan kering, kamu bisa coba:


    Laneige Water Bank Moisture Essence 

    Laneige Water Bank Moisture Essence

    (Foto: Dok. Laneige)


    Sedikit berbeda dari seri Hydro, Moisture Essence ini mengambil nutrisi dari ekstrak kale, brussel sprouts, artichoke, dan lima beans untuk menghadirkan kelembapan yang nyaman. Ia akan menjadi langkah pertama yang terasa begitu menenangkan setelah kamu mencuci wajah. 


    Laneige Water Bank Moisture Cream EX

    Laneige Water Bank Moisture Cream EX

    (Foto: Dok. Laneige)

    Kunci kelembapan kulit wajah dengan moisturizer bertekstur rich ini. Teknologi Moisture Tight Matrix di dalamnya memastikan kelembapan tidak menguap dari kulit. Pijatkan secara lembut ke seluruh wajah untuk mendapatkan kulit yang lebih lembap, kenyal, dan glowing seharian. 


    5. Rajin Menyemprotkan Face Mist

    Pada tengah hari jika merasa kulit wajah mulai tidak nyaman akibat sinar matahari atau paparan AC yang terlalu dingin, kamu bisa menyemprotkan face mist untuk menenangkan dan menambahkan ekstra hidrasi. Bahkan kulit yang berminyak sekalipun bisa juga kekurangan hidrasi, lho


    Laneige Water Bank Hydro Mist


    Laneige Water Bank Hydro Mist

    (Foto: Dok. Laneige)

    Kandungannya serupa dengan rangkaian Water Bank Hydro lainnya, namun produk ini memiliki tekstur seringan air. Teknologi mist pump-nya memastikan tiap semprotan terasa halus dan menyebar rata di kulit. 


    Untuk info lebih lanjut terkait rekomendasi produk-produk tadi, kamu bisa klik di sini untuk berbicara langsung dengan Laneige's Personal Assistant on Whatsapp.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below