Hair & beauty

Kenali 5 Ciri Kulit Wajah Mengalami Iritasi Kosmetik

By : Fariza Rahmadinna - 2019-12-21 16:43:00 Kenali 5 Ciri Kulit Wajah Mengalami Iritasi Kosmetik


Banyaknya perlengkapan makeup dan kosmetik di pasaran memberi banyak kemudahan dalam mendapatkan perawatan dan penampilan. Namun, persoalannya, tidak semua produk cocok dengan kulit. Alih-alih cantik, salah produk bisa bikin sakit.

Ketidakcocokan produk tersebut kemudian bisa membuat wajah mengalami beragam reaksi, seperti perih dan kemerahan. Iritasi karena kosmetik ini di tingkat tertentu akan sangat mengkhawatirkan dan berakibat buruk. Oleh karenanya sebelum hal itu terjadi, ada baiknya mengenali beberapa hal yang menjadi tanda bahwa kulit mengalami iritasi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini lima ciri-ciri kulit mengalami iritasi kosmetik. 

(Baca juga: 9 Bahan Kosmetik Penyebab Jerawat) 


1. Kemerahan


Ciri iritasi kosmetik yang biasanya cepat terlihat adalah muncul bercak kemerahan atau tanda ruam. Reaksi semacam ini bisa muncul dalam waktu yang lama atau sesaat setelah menggunakan kosmetik. Munculnya bercak kemerahan juga disertai dengan rasa gatal, panas dan mudah mengelupas. Jika kamu merasakan demikian, mungkin saja kamu sedang mengalami iritasi kosmetik. 


2. Kulit terasa panas dan perih


(Ilustrasi kulit. Foto: Dok/Pexels.com) 


Jika setelah menggunakan produk makeup, kulit terasa panas dan perih, itu merupakan salah satu ciri kulit mengalami iritasi. Coba hentikan pemakaian kosmetik selama beberapa hari. Jika rasa perih dan panas masih terasa dalam waktu yang cukup lama, itu berarti kamu mengalami alergi kosmetik, karena rasa panas dan perih di kulit akibat iritasi akan segera hilang setelah pemakaian produk kosmetik dihentikan. Kalau kamu mengalaminya, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ahli untuk penanganan lebih lanjut. 


(Baca juga : 9 Bahan Kosmetik Penyebab Jerawat)


3. Rasa gatal di bagian dalam kulit


Ciri lain yang dapat muncul ketika kulit mengalami iritasi kosmetik adalah rasa gatal di bagian dalam kulit. Jika rasa gatal muncul satu sampai dua jam setelah pemakaian produk kosmetik, kamu tidak perlu khawatir. Karena bisa jadi kulit kamu sedang beradaptasi dengan produk kosmetik tersebut dan rasa gatal akan hilang dengan sendirinya. Namun sebaliknya, jika kulit kamu terasa gatal selama satu hari atau lebih, itu tandanya kulit kamu mengalami iritasi kosmetik. Segera bersihkan wajah dari produk kosmetik tersebut dengan menggunakan face wash hingga tidak ada lagi produk yang tersisa. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir iritasi di kulit kamu.  


4. Bengkak 


Kondisi seperti ini kerap terjadi pada area sekitar mata akibat penggunaan maskara, eyeshadow atau eyeliner yang tidak cocok. Mata akan mengalami gatal, kemerahan bahkan membuat kelopak mata menjadi “tebal” dan bengkak. Kondisi semacam ini tidak hanya bisa dialami mata, tetapi juga bibir akibat tidak cocok menggunakan produk kecantikan untuk bibir. 


5. Jerawat 


Ciri iritasi kosmetik yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi yaitu jerawat. Ketika kulit wajah terpapar zat asing yang bersifat menyerang sistem imunitas, tubuh otomatis memberikan respon dengan reaksi peradangan. Cara kulit wajah memberikan respon terhadap zat asing tersebut adalah dengan munculnya jerawat

(Baca juga : 7 Produk dan Alat Makeup yang Tak Boleh Dipakai Bersama)


Atasi masalah iritasi kosmetik 


Jika ciri-ciri iritasi kosmetik di atas sedang kamu alami, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya. 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghentikan pemakaian produk tersebut. 

Kedua, hindari iming-iming harga kosmetik yang terbilang murah dibanding harga resmi dari counter. Karena saat ini banyak sekali kosmetik palsu yang bisa jadi menggunakan kandungan-kandungan berbahaya di dalamnya. Jika digunakan, pasti akan membuat iritasi pada kulit. 

Ketiga, pastikan kulit wajah kamu bersih terlebih dahulu sebelum menggunakan makeup

Keempat, tidak hanya wajah saja yang perlu dijaga kebersihannya, tetapi juga alat makeup agar terhindar dari bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Kelima, gunakan gel lidah buaya yang dikenal mampu meredakan kemerahan dan memberikan efek sejuk di kulit. Tidak hanya gel lidah buaya saja, kamu juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai alternatif untuk mengatasi masalah iritasi kulit. Minyak ini memiliki sifat anti-radang dan dapat menutrisi kulit dengan sangat baik, sehingga akan bekerja maksimal untuk meredakan peradangan akibat iritasi kosmetik. 

Keenam, jika kulit kamu sudah mengalami iritasi yang parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar bisa ditangani lebih lanjut oleh ahlinya. 


Hair & beauty