Yang Bisa Dicari Terkait Covid-19 & #dirumahaja Lewat Google


  • Yang Bisa Dicari Terkait Covid-19 & #dirumahaja Lewat Google
    Google membantu orang-orang untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat. (Foto: Dok. Pexels/Pixabay)


    Mewabahnya virus corona di seluruh negara menimbulkan banyak kisah suka dan duka yang dialami oleh penduduknya. Seperti perubahan gaya hidup yang biasa beraktivitas keluar rumah, berinteraksi dengan sesama dan berkumpul, kini beralih jadi pembatasan diri dari kehidupan sosial dan keramaian.

    Namun di sisi lain, pandemi ini juga buat sejumlah orang bergerak memberi bantuan kepada mereka yang membutuhkan pertolongan ekonomi hingga menyelamatkan warga yang terkena covid-19. Dengan cara mengajak siapapun berdonasi di berbagai platform yang tersedia saat ini.



    Tanpa melanggar aturan pemerintah terkait PSBB dan physical distancing informasi seputar aksi itu pun mudah untuk ditemukan di mesin pencarian daring. Salah satunya adalah Google yang memberikan panduan khusus agar masyarakat dunia mudah untuk mendapatkan informasi bermanfaat terkait virus corona dari rumah. Berikut caranya yang bisa dicoba.


    (Baca Juga: Yang Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2019)


    1. Informasi rumah sakit 


    (Rumah sakit rujukan untuk tangani virus corona. Foto: Dok. Google)

    Untuk mempermudah pencarian rumah sakit rujukan atau tempat melakukan tes covid-19, Google memiliki keywords khusus untuk menemukannya. Di antaranya adalah “coronavirus tes dekat saya”, “tes virus corona dekat saya” atau “tes covid 19 dekat saya” yang bisa ditelusuri di kolom search dan maps

    Setelah mencarinya, mesin pencari ini akan otomatis menunjukkan lokasi yang terdekat dari lokasimu. Rumah sakit yang disarankan merupakan rekomendasi dari Kemenkes RI dan BNPB. 


    2. Informasi Covid-19


    (Informasi seputat cara tangkal coronavirus. Foto: Dok. Google)

    Berita mengenai virus corona yang akurat dan juga bisa ditemui lewat mesin pencarian Google. Informasi ini akan muncul saat pengguna mencari dengan kata "COVID-19" atau "virus corona". Dengan begitu, secara automatis Google akan memberikan link ke situs resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID19 yang dipimpin oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang terletak pada peringatan SOS di Google Search. 

    Tak hanya itu, jika ingin mengetahui berita mengenai gejala dan pencegahan virus corona dan perawatannya, mesin pencarian akan memberikan panduan yang sesuai dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, keywords "tips coronavirus" dari “tips COVID-19” akan menampilkan kampanye kesadaran kebersihan diri seperti “Lakukan 5 Hal” dan kamu bisa mengucapkan “lagu cuci tangan” untuk mendapatkan pilihan lagu yang bisa menemani mencuci tangan selama 40 detik. 


    (Baca Juga: Tampilan Dan Inovasi Baru Dari Aplikasi Google Maps)


    3. Dukungan untuk komunitas media

    Mendukung sejumlah wartawan dan media dalam perannya untuk memberikan informasi, Google memiliki komitmen dalam menyediakan referensi dan pelatihan. Tak sampai di situ, mesin pencarian ini juga sambil memperluas dukungan terhadap International Fact-Checking Network dan organisasi-organisasi lain yang membagikan fakta dan hasil penelitian yang kredibel. 

    Dengan adanya data Google Trends, kalangan media, lembaga medis, dan pemerintah bisa mendapatkan informasi yang memprihatinkan dan prioritas orang banyak. Berita yang muncul juga mengutamakan kredibelitas dan dipercayai oleh masyarakat.


    4. Informasi yang dapat dipercaya di YouTube


    (Informasi yang dipercaya di Youtube. Foto: Dok. Google)

    Menelusuri peristiwa Covid-19 di berbagai negara lewat unggahan video juga bisa ditemui di beranda, penelusuran, dan sistem rekomendasi YouTube. Melalui sejumlah sumber yang kredibel, video yang terkain akan muncul dan mudah untuk disaksikan.

    Salah satunya adalah Kemenkes RI yang akan memberikan update terbaru seputar virus corona di Indonesia. Selain itu, panel informasi dan ?banner dipicu untuk ditampilkan disemua penelusuran YouTube terkait COVID-19 di 28 negara lainnya. 


    (Baca Juga: Indonesia Positif Corona, Kenali Gejala & Pencegahannya)


    5. Membantu orang-orang saling terhubung, aktif, dan terhibur


    (Informasi lewat Youtube selama di rumah. Foto: Dok. Google)

    Selaras dengan aksi #dirumahaja yang dihimbau oleh pemerintah, kamu juga tetap bisa terhubung dengan baik. Selain bisa mencari informasi yang kredibel dan andal tentang COVID-19, tetap aktif juga harus dilakukan selama melakukan physical distancing.

    Berbagai kreator dan channel bertema “Sama Saya” di rumah aja (#SamaSaya #DiRumahAja) di YouTube Indonesia bisa jadi salah satu referensi untuk menyaksikan konten edukatif yang menyenangkan. 

    Menurut siaran pers yang diterima her world dari Google, rata-rata jumlah upload video harian global di Indonesia yang berisi frasa “At Home” naik lebih dari 50% selama 10-15 Maret dibandingkan dengan upload harian rata-rata pada tahun 2020 sebelum 3 Oktober 2019. Sementara, waktu tonton video yang berkaitan dengan tema “Sama Saya” (#SamaSaya) naik sebesar lebih dari 180% di paruh pertama 2019. 

    Di antaranya yang kerap kali dicari adalah video memasak, fitness, belajar, bersih-bersih dan lainnya. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below