Tampilan Dan Inovasi Baru Dari Aplikasi Google Maps


  • Tampilan Dan Inovasi Baru Dari Aplikasi Google Maps
    Merayakan ulang tahun ke-15, Google Maps hadir dengan logo baru berbentuk pin point dan menawarkan ragam inovasi yang memudahkan penggunanya. (Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Merayakan ulang tahunnya yang ke-15, Google Maps tampil baru dengan ikon yang lebih berwarna dan inovatif. Terinspirasi dari saran dari para penggunanya, kini aplikasi ini mengusung bentuk pin yang simple dan minimalis.

    Logo terbarunya itu mencerminkan perkembangan fiturnya sejak tahun 2005 sampai saat ini. Mulai dari memetakan dunia, membantu menunjukkan tempat dan mempermudah perjalanan untuk menemui menciptakan pengalaman baru. 



    (Baca Juga: Yang Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2019)


    Kemudian, yang tak kalah canggih, aplikasi ini juga hadir dengan inovasi lain untuk melanjutkan misinya dalam mempermudah perjalanan bagi lebih dari satu miliar penggunanya. Di antaranya adalah lima tab baru yang terdiri dari Jelajahi, Perjalanan, Tersimpan, Kontribusi dan Terbaru.

    Jelajahi: Di tab Jelajahi, pengguna Google Maps akan menemukan informasi, rating, ulasan, dan banyak lagi tentang lebih dari 200 juta tempat di seluruh dunia, termasuk restoran, objek wisata, dan bangunan menarik terdekat.

    Perjalanan: Pada fitur ini, para pengendara mobil dan pengguna transportasi umum akan diberikan informasi untuk memastikan mengambil rute yang efisien.

    Tersimpan: Lebih dari 6,5 miliar tempat di Google Maps, mulai dari supermarket, restoran dan lainnya disimpan oleh banyak orang. Fitur ini akan memudahkan para pemakai aplikasinya untuk mengakses ragam tempat menarik dalam satu halaman.

    Kontribusi: Dengan tab Kontribusi, para pengguna aplikasi ini bisa membagikan informasi lokal seperti detail tentang jalan dan alamat, tempat yang belum ada, ulasan tentang suatu bisnis, dan foto. Fitur ini bisa bermanfaat untuk membantu traveler mencari tahu tentang tempat dan aktivitas baru. 

    Terbaru: Last but not least, fitur terbaru dari Google Maps ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan indormasi tempat yang sedang hit atau tren. Disebut sebagai The Inflatuation, kecanggihan lain dari inovasi ini juga dilengkapi dengan kolom chat untuk berinteraksi dengan pebisnis.

    (Baca Juga: 7 Produk dan Program Baru Google untuk Indonesia)


    Menjadi bagian dari misinya, Google maps juga melengkapi informasi mengenai suhu, aksesibilitas, gerbong kereta, dan fasilitas keamanan bagi pengguna transportasi umum. Tak hanya itu, aplikasi pemandu arah ini juga akan memperluas fitur Live View-nya untuk para pejalan kaki.

    Suhu: Agar terasa nyaman, fitur ini bisa buat perjalanan terasa lebih nyaman dengan memberikan prediksi suhu dingin atau hangat menurut penumpang sebelumnya.

    Aksesibilitas: Ramah difabel, fitur Aksesibilitas dikhususkan bagi orang yang memiliki kebutuhan khusus untuk mengetahui transportasi umum yang menyediakan staf pembantu, tombol stop yang mudah diakses, LED bervisibilitas tinggi, pintu masuk dan kursi untuk difabel. 

    Kereta Perempuan: Inovasi terbaru ini menawarkan untuk para pengguna Google Maps untuk mencari tau dengan mudah mengenai ketersediaan gerbong atau area khusus perempuan.

    Fasilitas Keamanan: Menjanjikan kenyaman bagi penggunanya, fitur ini membantu untuk memberikan informasi mengenai fasilitas keamanan seperti, petugas keamanan, kamera pengawas hingga alat komunikasi untuk meminta pertolongan.

    (Baca Juga: Google Hadirkan Penulusuran Suara Bahasa Jawa & Sunda)


    Dilengkapi dengan kolom survei singkat, para pengguna aplikasi ini bisa membagikan pengalamannya saat menjelajahi tempat baru. Ragam inovasi terbaru dari Google Maps ini bisa digunakan mulai pada bulan Maret 2020. Ketersediaannya akan bervariasi menurut wilayah dan badan penyedia transportasi.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below