Indonesia Positif Corona, Kenali Gejala & Pencegahannya


  • Indonesia Positif Corona, Kenali Gejala & Pencegahannya
    Indonesia menjadi salah satu negara yang terjangkit virus corona atau covid-19. Agar tidak meluar, kenali gejala dan cara mencegahnya(Foto:Dok/Freepik)


    Virus Corona atau Covid-19 semakin menjalar ke berbagai negara di dunia. Salah satunya adalah Indonesia yang baru saja mendapati kasus pertamanya mengenai virus ini. 

    Hal ini diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, bahwa kini terdapat dua orang di Indonesia positif terserang virus corona atau Covid-19 pada Senin (2/3). Dua orang itu adalah Ibu (64) dan putrinya (31) yang tertular warga negara Jepang saat berkunjung ke wilayah di Indonesia dan positif terjangkit Covid-19 saat menjalani check kesehatan di Malaysia. 



    "Ada Informasi bahwa ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan di-check di sana, ternyata positif Corona," Jelasnya.

    (Baca Juga: Kenali Penyebab, Gejala Dan Cara Mencegah Virus Corona)


    Keduanya adalah warga Depok, Jawa Barat yang kini rumahnya telah diisolasi. Kemudian, ibu dan putrinya itu sedang menjalani pengobatan dan dirawat di RSPI Sulianti Saroso. 

    Melansir laman Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, virus corona atau Covid-19 adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Sejumlah negara pun kini telah terserang oleh virus yang satu ini. Saat ini Indonesia tengah mendapatkan kasus pertama dari virus Corona.

    Pemerintah pun mulai menghimbau untuk menjaga kesehatan dan memahami gejalanya saat menyerang tubuh. Masih melansir laman yang sama, berikut gelaja virus Corona dan cara mencegahnya agar tidak menular.

    (Baca Juga: Waspada Virus Corona: Tips Aman Saat Bepergian)


    Gejala

    1. Demam

    2. Batu dan pilek

    3. Gangguan pernapasan

    4. Sakit Tenggorokan

    5. Merasa lelah, lesu dan lemas

    (Baca Juga: 5 Tips Memilih Hand Sanitizer Guna Melawan Virus Corona)


    Cara Mencegah Virus Corona (Covid-19)


    1. Mencuci Tangan 

    Seringlah mencuci tangan menggunakan sabun setelah berinteraksi dengan orang di sekitar dan sebelum memasukkan makanan dan minuman ke dalam mulut.


    2. Menggunakan Masker

    Penggunaan masker bisa jadi cara utama untuk terhindar dari virus corona sekaligus mencegah penularan kepada orang lain. Gunakan masker, terutama saat mengalami batuk dan pilek.


    3. Konsumsi Gizi Seimbang

    Mengonsumsi makanan sehat harus dilakukan agar imunitas tubuh tetap terjaga. Perbanyaklah konsumsi buah, sayur dan air mineral sesuai kebutuhan tubuh.


    4. Jaga Jarak Dengan Hewan

    Ada baiknya untuk menjaga jarak dan tidak berkontak langsung dengan hewan. Jika memang diharuskan, tetaplah menjaga kebersihan dengan menggunakan sarung tangan, masker dan mencuci tangan setelahnya.


    5. Olahraga

    Olahraga kerap dilakukan agar menjaga stamina di dalam tubuh. Imbangi dengan istirahat yang cukup untuk kesehatan yang stabil.


    6. Perhatikan Makanan yang Dimasak

    Jangan mengonsumsi daging atau pun makanan yang tidak di masak secara matang. 


    7. Melakukan Check kesehatan

    Bila mengalami batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan atau bisa menghubungi Hotline Virus Corona di 021-5210411 atau 081212123119



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below