Deretan Makanan Dan Minuman Yang Bisa Menyehatkan Paru-Paru


  • Deretan Makanan Dan Minuman Yang Bisa Menyehatkan Paru-Paru
    Berikut adalah makanan dan minuman yang bisa menyehatkan paru-paru(Foto:Dok.Buenosia/Pexels)


    Setelah mewabahnya virus corona, menjaga kesehatan jadi perhatian khusus bagi banyak orang saat ini. Salah satunya yang terfokus adalah organ paru-paru yang bekerja mengatur oksigen dari dalam tubuh. 

    Diketahui virus corona atau covid-19 kian menyerang tubuh dan bisa menginfeksi paru-paru sehingga yang terserang akan merasakan batuk hingga sulit bernapas. 



    Oleh sebab itu, menjaga asupan gizi dan melindunginya jadi hal yang dianjurkan bagi para pakar kesehatan. Selain infus vitamin, berbagai makanan dan minuman juga diperlukan untuk meningkatkan kinerja paru-paru sekaligus melindunginya dari paparan racun. Apa saja? dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretannya. 

    (Baca Juga: 8 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh)


    1. Bawang Putih


    (Bawang putih memiliki manfaat untuk kesehatan paru-paru. Foto: Dok. Nick/Pexels)


    Bawang putih tak hanya dikenal sebagai bumbu dapur tapi juga khasiatnya dalam menjaga organ tubuh, salah satunya paru-paru. Sehingga tanaman yang satu ini bisa jadi andalan untuk dikonsumsi setiap hari.

    Berbagai komponen di dalamnya seperti flavonoid, anti inflamasi dan lainnya bisa meningkatkan kinerja paru-paru. Bahkan kandungan itu pula bisa meningkatkan glutathion untuk menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh.


    2. Kunyit

    (Kunyit bisa melindungi paru-paru dari polusi. Foto: Dok. Martha/Pexels)


    Tanaman herbal seperti kunyit memuliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah melindungi paru-paru dari udara yang kotor dan berpolusi.

    Kandungan vitamin, antioksidan, kurkumin di dalamnya bekerja melindungi tubuh. Sehingga menjadikannya obat herbal atau minuman jamu adalah pilihan tepat untuk stamina dan menyehatkan.

    (Baca Juga: Daftar Vitamin Penting Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh)


    3. Jahe


    (Jahe membuang racun dari tubuh. Foto: Dok. Pexels)


    Jahe dipercaya dapat membunuh racun dan mengeluarkan polusi di dalam paru-paru dengan efektif. Tak hanya itu, efek lain juga jahe bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

    Kamu bisa meraciknya sebagai minuman di pagi hari. Manfaat di dalamnya akan bekerja secara optimal untuk menjaga tubuh dari ragam penyakit.


    4. Flaxseed


    (Flaxseed untuk kesehatan tubuh. Foto: Dok. Castorly/Pexels)


    Tak hanya melancarkan sistem pencernaan, flaxseed kerap jadi andalan untuk meningkat fungsi kerja paru-paru. Kaya akan kandungan diantaranya adalah antioksidan, phystoestrogen, omega-3 dan lainnya. Sehingga saat mengonsumsinya, tak hanya melindungi paru-paru, tapi juga jantung, lambung dan lainnya. 

    (Baca Juga: Cara Efektif Agar Daya Tahan Tubuh Kuat)


    5. Teh Hijau


    (Manfaat teh hijau untuk paru-paru. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Tak hanya menenangkan dan bisa menghilangkan stres, teh hijau jadi salah satu minuman yang baik untuk paru-paru. Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang dimilikinya bisa memberikan proteksi dari udara yang tidak bersih.

    Cobalah untuk menerapkan hidup sehat dengan meminum teh hijau sebanyak dua cangkir, pagi dan sore hari setiap harinya. Hal ini bisa mengoptimalkan kerja paru-parumu.


    6. Bayam

    (Konsumsi Bayam baik untuk kesehatan. Foto: Dok. Jacqueline/Pexels)


    Sejumlah nutrisionis menganjurkan untuk mengonsumsi bayam karena manfaatnya bagi tubuh. Sebabnya, di dalam bayam terdapat antioksidan, magnesium yang bisa melindungi paru-paru sekaligus membersihkannya saat terkena polusi.


    7. Brokoli


    (Brokoli memiliki kandungan yang baik untuk paru-paru. Foto: Dok. Beunisoa/Pexels)


    Brokoli jadi salah satu sayuran hijau yang dianjurkan oleh dr. Tirta melalui instagram pribadinya. Tak hanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sayuran yang satu ini juga memiliki kandungan sulforasana yang bisa memblokir zat karsinogen, kaya akan antioksidan dan vitamin C. 

    (Baca Juga: Cara Membuat Salad Mangga Brokoli Sehat)


    8. Apel


    (Apel untuk menyehatkan paru-paru. Foto: Dok. Aphiwat/Pexels)


    Melansir laman Medical Today, kandungan phytochemical di dalam apel bisa mengurangi peradangan penyakit hingga stres oksidatif. Jika hal ini tidak dapat dihindari dari tubuh, kinerja paru-paru akan lebih baik dan maksimal.


    9. Salmon


    (Salmon memiliki kandungan untuk melindungi paru-paru.Foto:Dok/Pexels)

    Begitu juga dengan asam lemak dan omega-2 yang dimiliki oleh ikan salmon yang baik untuk melindungi paru-paru. Ditambah dengan anti inflamasi di dalamnya, buat makanan yang satu ini bisa buat diri terhindari dari virus corona.

    itu dia makanan dan minuman dengan fungsinya untuk menyehatkan paru-paru. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below