8 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


  • 8 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
    Konsumsi 8 makanan ini untuk meningkatkan sistem imun tubuh. (Foto: Dok. Melissa Belanger/Unsplash)

    Mengonsumsi makanan tertentu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sistem imun yang baik di dalam tubuh mampu melawan virus-virus penyakit, atau sebaliknya, sistem imun yang kurang baik justru membuat virus penyakit lebih mudah menyerang tubuh. Jika kamu mencari cara untuk mencegah berbagai macam penyakit, cobalah konsumsi beberapa makanan peningkat sistem imun berikut ini: 


    1. Jeruk


    (Jeruk. Foto: Dok. Racool Studio/Freepik)




    Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang dipercaya mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang menjadi kunci untuk melawan virus-virus penyebab penyakit. 


    2. Jahe


    Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya, serta dapat membantu mengurangi mual. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis dan menurunkan kolesterol. Untuk merasakan manfaatnya, rebus jahe dan minum air rebusannya, atau bisa juga dicampur ke dalam makanan sebagai penambah rasa. 


    3. Bayam


    (Bayam. Foto: Dok. Freepik)


    Bayam kaya akan vitamin C, antioksidan, vitamin A, dan beta karoten yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif. Agar manfaat baik dari bayam dapat kamu rasakan, hindari memasak bayam terlalu lama karena dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.  


    4. Yogurt


    Yogurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan terserang dan tertular penyakit. Probiotik memiliki kemampuan untuk menangkal virus, mencegah gangguan usus, dan mengurangi peradangan. Selain probiotik, yogurt juga merupakan sumber vitamin D yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit flu.  


    5. Buah Pepaya


    Tidak hanya jeruk, pepaya adalah buah lain yang juga mengandung vitamin C. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vitamin C memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pepaya memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Selain itu, pepaya juga mengandung kalium, vitamin B, dan folat, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.


    6. Buah Kiwi


    (Kiwi. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Seperti pepaya, buah kiwi juga mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, seperti folat, potassium, vitamin K, dan vitamin C. Selain dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga mampu meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan virus-virus penyebab penyakit. Sementara nutrisi penting dalam buah kiwi lainnya bermanfaat untuk menjaga agar seluruh tubuh dapat berfungsi dengan baik.


    7. Brokoli


    (Brokoli. Foto: Dok. Freepik)


    Brokoli adalah salah satu sayuran yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun. Ini karena brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral di antaranya, vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya, yang dapat melawan virus-virus penyakit. Untuk merasakan manfaatnya, hindari masak brokoli terlalu lama agar nutrisinya tidak terbuang.


    8. Bawang Putih


    Bawang putih mengandung zat allicin yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih, yang menjadi kunci untuk melawan virus-virus penyebab penyakit. Bahkan, menurut National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. 


    Semoga bermanfaat!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below