Cara Efektif Agar Daya Tahan Tubuh Kuat


  • Cara Efektif Agar Daya Tahan Tubuh Kuat
    Cara Efektif agar Daya Tahan Tubuh Kuat. (Foto: Freepik)

    Agar tak mudah sakit, seseorang perlu asupan vitamin C sebagai mikronutrien yang dibutuhkan tubuh. Sebab, vitamin C adalah salah satu antioksidan yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh dari waktu ke waktu.

    Oleh karenanya, bagi kamu yang gampang terkena sakit, entah itu batuk, flu dan penyakit lainnya, perlu mencukupi asupan vitamin C harian. Akan tetapi, berapa jumlah vitamin C yang harus seseorang penuhi? 

    “Menurut angka kecukupan gizi dari riset kesehatan dasar tahun 2013, 70-90 miligram perhari untuk orang dewasa,” ungkap Marya Haryono,  dokter ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta dalam diskusi kesehatan di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.



    (Baca juga: Alasan Vitamin C Dapat Percepat Proses Penyembuhan)

    Namun, kata dia, penelitian-penelitian yang baru muncul, menyarankan bahwa seseorang menambah asupan vitamin C hariannya. Sebab, kini, publik menjalani gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

    Ia mengatakan, untuk menambah asupan vitamin C, bisa usahakan untuk mencari dari sumber nutrisi alami, yakni sayur dan buah. Di samping itu, juga bisa menemukannya di buah jeruk, lemon, jambu biji, kiwi,stroberi, nanas, mangga, melon, brokoli, tomat, dan kembang kol.

    “Namun kita harus sadar diri, ‘bagaimana pola makan kita. Cukup nggak?’ Apakah termasuk yang suka makan sayur banyak nggak, seperti jeruk, tomat atau brokoli?,” kata Marya.

    Jika memang merasa belum cukup, kamu bisa menambahnya dari suplemen, dengan memperkirakan berapa yang dibutuhkan suplemen dari asupan sayur-buah. Dengan catatan, jangan sampai berlebihan mengonsumsi vitamin C, karena membuat ginjal bekerja lebih keras dan berlebihan.