Hindari 5 Makanan Ini Saat Sarapan


  • Hindari 5 Makanan Ini Saat Sarapan
    Hindari 5 Makanan Ini Saat Sarapan. (Foto: Dok. Freepik)

    Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang sangat penting untuk tubuh. Menurut Kementrian Kesehatan, sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif dan produktif. Namun, mengonsumsi sarapan yang salah justru akan membuat tubuh kehilangan energi dan lebih cepat merasa lapar sebelum waktu makan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini lima makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan. 


    1. Jus buah




    Kebanyakan orang memilih untuk mengonsumsi segelas jus buah sebagai pengganti sarapan. Padahal, mengonsumsi segelas jus buah tidak bisa dikatakan sarapan. Ini karena kandungan karbohidrat dan gula yang terkandung di dalam jus tidak seimbang dengan nutrisinya, sehingga membuat kamu lebih mudah merasa lapar. Bahkan jus yang terlihat sehat seperti jus sayuran yang di cold-pressed saja tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber makanan pada pagi hari. Sebaiknya, konsumsi buah segar secara langsung tanpa perlu dijadikan jus dan pilih buah yang kaya serat seperti apel. Akan tetapi, jika ingin mengonsumsi jus buah pada pagi hari, kombinasi dengan makanan kaya protein. 


    (Baca Juga: 8 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh)


    2. Kopi


    Kopi adalah salah satu menu populer untuk menggantikan sarapan pagi. Namun sayangnya, beberapa jenis kopi justru mengandung banyak gula dan karbohidrat. Inilah yang membuat kamu cepat merasa lapar sebelum waktunya makan siang. Kafein dalam kopi memang dapat membangkitkan semangatmu, tetapi tidak bisa dijadikan pilihan pengganti sarapan pagi. 


    3. Sereal rendah serat


    Tidak hanya jus buah dan kopi, bagi sebagian besar orang sereal juga seringkali dijadikan sebagai pengganti sarapan karena dianggap praktis. Tidak ada larangan khusus mengenai konsumsi sereal sebagai sarapan pada pagi hari. Namun, kamu perlu untuk memperhatikan kandungan gizi yang terdapat pada kemasan sereal. Para ahli menyarankan untuk memilih sereal yang mengandung setidaknya 3 gram serat dalam setiap takaran sajinya. 


    (Baca Juga: 5 Ide Sarapan Sehat yang Mudah dan Tidak Repot)



    4. Donat dan pastry 


    Donat dan produk pastry sangat tidak dianjurkan untuk dijadikan menu utama sarapan, ini karena kandungan utama dalam makanan tersebut hanya gula dan lemak. Donat misalnya, mengandung gula, krim, karbohidrat dan lemak jenuh yang sangat tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi. Terlebih lagi, proses pembuatan donat yang digoreng dengan metode deep fried, yang menjadikannya tinggi kalori dan rendah akan zat gizi. 


    Sebagaimana diketahui, gula akan membuat kamu cepat merasa lapar kembali. Sementara lemak jenuh hasil proses penggorengan dengan metode deep fried dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Itulah mengapa sebaiknya kamu menghindari donat dan produk pastry lainnya sebagai menu utama saat sarapan pagi. 


    (Baca Juga: 9 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan)


    5. Sosis dan nugget


    Daging olahan merupakan tipe daging yang tidak baik bagi kesehatan. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menunjukan bahwa dalam setiap 50 gram daging olahan akan meningkatkan risiko penyakit jantung sebanyak 42%. Daging olahan yang dikonsumsi sebagai sarapan berkemungkinan besar akan menyebabkan kegemukan dan obesitas, ini karena biasanya daging olahan mengandung banyak lemak jenuh. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below