6 Biji Kopi Terbaik Di Indonesia Yang Mendunia


  • 6 Biji Kopi Terbaik Di Indonesia Yang Mendunia
    Biji Kopi Terbaik Di Indonesia Yang Mendunia (Foto: Dok. Freepik)

    Selain dikenal dengan sektor pariwisata dengan destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan indah, ternyata Indonesia juga dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia. Bahkan banyak biji kopi produksi berbagai wilayah di Indonesia diekspor ke luar negeri dan menjadi favorit.




    Bertepatan pada Hari Kopi Nasional pada 11 Maret 2020, Herworld.co.id mencoba merangkum enam biji kopi terbaik di Indonesia yang mendunia. Berikut ini enam kopi Indonesia yang dikenal dan banyak disukai di dunia.


    Kopi Aceh Gayo

    Kopi Gayo dari Aceh.

    (Ilustrasi kopi Aceh Gayo. Foto: Dok. Freepik/memory stockphoto)

    Kopi Aceh Gayo menjadi urutan teratas kopi yang paling populer di dunia. Bahkan jenis kopi ini menjadi kopi Indonesia yang paling banyak diekspor ke luar negeri.

    Kopi Gayo Aceh yang merupakan jenis kopi arabika di mana tempat tumbuhnya berada di ketinggian 1.000-1.200 mdpl. Selain itu daerah Gayo memang juga menjadi salah satu daerah komoditas kopi internasional. Bahkan saking banyaknya, tanaman kopi ini mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan.

    Karakteristik rasa dari kopi Aceh Gayo ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga aroma yang dihasilkan akan sangat kuat. Untuk rasanya, kopi ini mempunyai rasa yang bold atau cenderung tajam. Biji kopi ini ternyata disukai oleh masyarakat Jepang.


    (Baca juga: 9 Kedai Kopi Enak dan Nyaman di Jakarta)


    Kopi Toraja

    Kopi Toraja, Sulawesi
    (Ilustrasi kopi Toraja. Foto: Dok. Freepik)


    Kopi Toraja dari pulau Sulawesi juga tidak kalah favorit dari kopi Aceh Gayo, bahkan kopi ini sangat disukai oleh masyarakat dari benua Eropa. Karakter rasa dari cita rasa kopi ini terbilang cukup berat, dan cenderung sangat pahit. Namun tingkat keasamannya terbilang rendah. Kopi Toraja memilik dua jenis, robusta dan juga arabika.


    Kopi Kintamani

    Kopi Kintamani

    (Ilustrasi kopi Kintamani. Foto: Dok. Freepik/xander.md)


    Selain daerahnya yang sejuk dan pemandangannya yang indah, salah satu wilayah di kawasan Bali ini ternyata memiliki biji kopi yang cukup populer di dunia. Kopi Kintamani merupakan jenis kopi arabika, karena ditanam di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Kebanyakan kebun kopi di kawasan ini berasa di dekat Gunung Batur.  

    Kopi ini memiliki rasa yang cenderung fruity atau terasa segar di mana kamu akan merasakan ada rasa buah di dalamnya. Untuk kamu yang tidak menyukai kopi pahit, jenis kopi ini menjadi pilihan karena rasanya tidak terlalu pahit namun aromanya tetap kuat.


    (Baca juga: Nikmati Filosofi Kopi di Artotel Jakarta)


    Kopi Jawa Barat

    Kopi Jawa Barat

    (Ilustrasi kopi Jawa Barat. Foto: Dok. Freepik/mrsiraphol)


    Kopi Jawa Barat kini menjadi tren, karena kopi ini merupakan gabungan dari berbagai jenis biji kopi yang ditanam di wilayah Jawa Barat. Mulai dari Kopi Malabar, Pangalengan, dan kopi lainnya bersatu di bawah nama Jawa Barat. Dulu memang, nama Kopi Jawa Barat sendiri tidak banyak dikenal karena kurangnya bahkan tidak ada promosi yang mengangkat nama ini. Bahkan pedagang-pedagang kopi yang menggunakan nama lain seperti kopi Aceh atau kopi Sumatera yang memang lebih lebih tenar dan dikenal oleh masyarakat.

    Kopi ini mulai diekspor ke dunia pada tahun 2012 lalu. Benua yang tujuan ekspornya antara lain Eropa dan juga Amerika. Di sana, kopi Jawa Barat menjadi favorit.

    Dengan beragamnya jenis kopi Jawa Barat, namun sebagian besarnya adalah berjenis kopi arabika. Dengan karakteristik rasa yang cenderung manis, namun tingkat keasamannya cukup tinggi. Kopi Jawa Barat pernah menjadi pemenang sebuah kompetisi kopi SCAA (Specialty Coffee Association of American) di tahun 2017 dengan asal kopi dari Gunung Puntang.


    (Baca juga: Mencicipi Kopi Asli Italia dan Makanan Fusion Segafredo)


    Kopi Papua

    Kopi Arabika dari Papua

    (Ilustrasi kopi Papua. Foto: Dok. Freepik/onlyyouqj)


    Wilayah timur Indonesia juga menjadi salah satu penghasil kopi di Indonesia yang mendunia. Rasanya yang berbeda-beda, ini membuat biji kopi Papua ini menjadi unik. Rasa yang berbeda-beda ini tergantung dalam proses pengolahannya, mulai dari fermentasi, roasting, hingga penyeduhan.

    Untuk rasa, kopi Papua cenderung memiliki aroma bunga dengan tingkat keasaman yang sedang. Selain itu ada biji kopi yang dihasilkan memiliki sedikit rasa manis.

    Jenis kopi Papua ini adalah kopi Arabika. Ini karena daerah Papua banyak memiliki dataran tinggi yang cocok ditanami kopi berjenis arabika. Semakin tinggi tanahnya, hasilnya akan semakin baik.


    (Baca juga: Cara Membuat Es Kopi Susu yang Enak)


    Kopi Sumatera

    Kopi dari Sumatera

    (Ilustrasi kopi Sumatera. Foto: Dok. Freepik)


    Pernah tahu jenis kopi apa saja yang ada dan dipakai oleh gerai kopi terkenal di dunia Starbucks? Mulai dari kopi asal Columbia, Ethiopia, Kenya, hingga ada kopi asal pulau Sumatera. Bahkan dari sekian banyak biji kopi, kopi Sumatera menjadi favorit. Kopi Sumatera diklaim paling seimbang karakternya dengan rasa kopi yang sangat kuat. Berbeda kopi asal Amerika yang cenderung ringan, dan Afrika yang memiliki kopi yang terlalu floral atau fruity.

    Karakterisik yang membedakan biji kopi Sumatera ini adalah sangat cocok dan pas untuk campuran bahan-bahan lain seperti gula ataupun susu. Meskipun dicampur dengan bahan-bahan tersebut, rasa dan aroma kopi Sumatera itu tidak hilang.

    Itu dia 6 kopi terbaik yang di Indonesia dan menjadi komoditi ekspor dunia. Mana yang kamu sukai?



 

Related Articles

Teh Indonesia Mendunia

Teh Indonesia Mendunia

oleh Andhini Puteri Lestari

Sneakers Mulai Mendunia

Sneakers Mulai Mendunia

oleh Maureen Lim

Advertisement - Continue Reading Below