Waspada Virus Corona: Tips Aman Saat Bepergian


  • Waspada Virus Corona: Tips Aman Saat Bepergian
    Virus corona atau Cnov-19 menjadi virus yang kini mewabah di berbagai negara. Simak tips aman saat bepergian ke luar negeri. (Foto: Dok. Freepik)


    Mewabahnya Virus Corona dalam beberapa waktu terakhir telah menelan banyak korban. Tak hanya di China, di mana ditengarai virus ini berasal, tapi juga di sejumlah negara lainnya di dunia. Pemerintah mengeluarkan travel warning dan menghentikan sementara kedatangan turis China ke Indonesia. 

    Namun, bagaimana jika kamu harus bepergian karena sudah memesan tiket atau karena urusan pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan? 



    Membatalkan keberangkatan mungkin jadi salah satu jawabannya, meskipun risiko tinggi atas kerugian materi maupun waktu. Namun, kamu juga bisa tetap bepergian asalkan tetap waspada agar terlindungi dari wabah yang melanda dan meminimalisir risiko. Seperti apa? 

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan agar bepergian ke luar negeri tetap bisa berjalan aman. 

    (Baca Juga: Kenali Penyebab, Gejala Dan Cara Mencegah Virus Corona)


    1. Cari Informasi yang Benar 



    (Mencari tahu informasi dengan benar. Foto: Dok. Kaboompics/Pexels)

    Sebelum bepergian, ada baiknya mengecek dan mencari tahu kondisi terkini paparan wabah virus di negara tujuan. Apakah masih cukup aman untuk dikunjungi atau justru berisiko tinggi. Mendapatkan informasi yang benar, dan bukan hoax menjadi penting agar tidak merasa was-was dan cemas selama bepergian. 


    2. Cuci Tangan Dengan Benar



    (Mencuci tangan dengan sabun. Foto: Dok. Burst/Pexels)

    Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona atau 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Jika sulit menemukan air dan sabun, kamu bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman. Lalu, cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin.

    (Baca Juga: 16 Negara Yang Terkena Virus Corona)


    3. Gunakan Masker Saat Berada Di Area Publik


    Saat berada di tengah keramaian terutama spot yang dipenuhi turis, sebaiknya selalu menggunakan masker. Selain masker bedah yang berwarna hijau dan putih, dianjurkan juga menggunakan Masker N95 yang dapat mencegah terhirupnya virus dan partikel halus. Ini penting untuk mencegah, karena tak ada yang tahu apakah turis lainnya berada dalam kondisi yang fit atau tidak. 


    4. Hindari Banyak Kontak Fisik Di Area Publik



    (Hindari kontak fisik. Foto: Dok. pressfoto/Freepik)

    Di samping mengenakan masker, ada baiknya hindari banyak kontak fisik di area publik. Caranya, bisa dengan membawa barang-barang penting yang akan digunakan sepanjang perjalanan, seperti membawa camilan serta botol minuman sendiri yang telah diisi di hotel akan berguna untuk mengurangi keluar-masuk minimarket. 


    5. Istirahat Cukup 



    (Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap fit.Foto: Dok. Racool.studio/Freepik)

    Waktu yang terbatas kerap membuat seseorang tetap terjaga dan kurang tidur. Ini tak baik buat tubuh, karena membuatnya rentan terkena penyakit. Oleh karenanya, pastikan tubuh tetap fit dengan makan makanan bergizi serta tidur minimal enam jam dalam satu hari selama di negara tujuan. 

    (Baca Juga: Cara Mencuci Tangan yang Benar)


    6. Perhatikan Kesehatan Tubuh 



    (Memastikan tubuh tetap sehat. Foto: Dok. Freepik)

    Adalah penting untuk memastikan tubuh tetap dalam keadaan sehat baik sebelum berangkat maupun setelah kepulangan dari luar negeri. Ada baiknya menyiapkan obat-obatan darurat pribadi dan mengonsumsi vitamin sebelum keberangkatan. Dianjurkan untuk memiliki asuransi kesehatan selama perjalanan supaya menambah proteksi keamanan diri.


    7. Menjaga Daya Tahan Tubuh



    (Menjaga daya tahan tubuh. Foto: Dok. Nathan/Pexels)

    Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

    (Baca Juga: Cara Efektif Agar Daya Tahan Tubuh Kuat)


    Apa itu Virus Corona? 


    Mengutip dari sejumlah sumber kesehatan, penyebab dari wabah ini adalah coronavirus jenis baru yang disebut dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).


    Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan antarmanusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.


    Ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

    (Baca Juga: Kenali Vaksin Influenza dan Manfaatnya Untuk Tubuh)


    Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona. Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan.


    Bila kamu mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam dua minggu terakhir, kamu bepergian ke Tiongkok atau negara-negara lain yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.


    (Teks by Rahman Indra)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below