16 Negara Yang Terkena Virus Corona


  • 16 Negara Yang Terkena Virus Corona
    Deretan negara yang telah terserah virus Corona(Foto:Dok.BiospectrumIndia)


    Virus Corona masih mengkhawatirkan sejumlah penduduk dunia. Berbagai negara pun mulai bersiap siaga untuk menangkis virus ini agar tidak memasuki wilayah yang belum terserang. Pasalnya, selain dapat menular, penyakit ini juga berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian.

    Kasus virus ini telah menyerang beberapa kota di China awal tahun 2020. Kemudian, penyebarannya berjalan cepat dan menyerang penduduk lainnya di berbagai kota hingga negara lainnya.



    (Baca Juga: Kenali Penyebab, Gejala Dan Cara Mencegah Virus Corona)


    Melansir laman BBC, warga China yang terserang virus ini mencapai 4.515 (27/01). Angka ini meningkat dari sebelumnya berkisar 2.835 orang. Sementara itu, 106 pasien yang terjangkit penyakit ini dikabarkan meninggal dunia. Beberapa kota pun mulai diisolasi demi keamanan setempat.

    Berbagai negara masih memantau jumlah pasti dari penyebaran virus Corona. Baru-baru ini negara Jerman, Prancis, Kanada telah memberikan informasi bahwa terserang virus tersebut. Selain itu, melansir laman Aljazeera berikut deretan negara yang mengkonfirmasikan serangan virus Corona:

    (Baca Juga: Hari AIDS Sedunia 2019: Cara Mencegah Penyebaran Virus)


    1. Australia

    Australia telah mengonfirmasikan lima orang yang terserang virus Corona. Paling baru adalah wanita berusia 21 tahun yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona setelah pergi dari Wuhan menuju Sidney. Selain itu, ada pula pria yang terdeteksi virus ketika sampai di kota Melbourne selepas mengunjungi China. Kabarnya, mereka terserang sebelum China membekukan penerbangan.

    Sementara itu, untuk mencegah virus ini menyebar, mereka dirawat di unit isolasi di rumah sakit setempat.


    2. Kamboja

    Kamboja menjadi salah satu negara yang baru saja terserang virus Corona pada (27/01). Menteri Kesehatan MAM Bunheng telah mengumumkan adanya warga negara Tionghoa berusia 60 tahun yang mengidap virus Corona di pesisir Sihanoukville, Kamboja.

    (Baca Juga: Cara Efektif Agar Daya Tahan Tubuh Kuat)


    3. Kanada

    Kasus di Kanada terjadi pada pasangan yang baru saja tiba di Toronto setelah mengunjungi kota Wuhan, China. Selain itu ada pula 19 kasus lain yang masih diselidiki oleh petugas kesehatan di Toronto.


    4. Paris

    Salah satu kota di Eropa yang pertama kali terserang virus Corona adalah Paris. Kabarnya terdapat tiga kasus yang mengidap penyakit ini.

    Di antaranya adalah pria berusia 48 tahun yang kini dirawat di rumah sakit Bordeaux. Sementara dua lainnya berada di salah satu rumah sakit yang berada di Paris. Masih melansir laman Aljazeera ketiga orang ini sempat berkunjung ke China.

    (Baca Juga: 6 Tips Penting Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba)


    5. Jerman

    Jerman baru saja mengumumkan bahwa seorang pria asal Starnberg mengidap virus Corona. Namun, masih belum diketahui dari mana virus ini menyerang. 


    6. Jepang

    Dari berbagai negara yang diumumkan, Jepang menjadi salah satu yang mengidap virus Conora. Kabarnya di negara ini telah terdapat empat kasus virus Corona yang menyerang usia 30-40 tahun.

    (Baca Juga: 7 Manfaat Berpuasa Untuk Kesehatan)


    7. Malaysia

    Malaysia dikonfirmasi memiliki empat kasus pasien terdiagnosis virus Corona pada 25 Januari 2020. Di antaranya adalah pria berusia 40 tahun, wanita berusia 66 tahun dan dua anak laki-laki. Semua yang terserang merupakan warga negara China yang sedang berlibur ke Singapura 


    8. Nepal

    Sementara, di negara Nepal adalah seorang pria berusia 32 tahun yang datang dari Wuhan telah diuji positif untuk penyakit ini. Sempat dikarantina, pasien akhirnya dipulangkan setelah dinyatakan sembuh. Kemudian, penjagaan mulai diketatkan bagi pengunjung ke negara ini.

    (Baca Juga: 7 Makanan ini Sering Disangka Sehat Tapi Ternyata Tidak)


    9. Singapura

    Singapura memiliki lima kasus pasien yang mengidap virus Corona. Semuanya berasal dari kota Wuhan untuk merayakan Imlek di Singapura.


    10. Korea Selatan

    Negara lain yang terserang virus ini adalah Korea Selatan. Semenjak Selasa, 20 Januari negara ini telah mengonfirmasikan seorang wanita berusia 35 tahun yang terinfeksi. Kemudian Jumat, 24 Januari seorang pria berusia 50-an tahun juga dikonfirmasi terserang virus ini. Sampai saat ini, Korea Selatan telah memiliki empat kasus pasien yang terdiagnosa penyakit ini.

    (Baca Juga: Waspadai 9 Penyakit yang Mudah Menyerang Saat Banjir)


    11. Sri Lanka

    Kasus pertama di Sri Lanka diidentifikasi sebagai seorang wanita Tionghoa berusia 43 tahun dari Hubei yang telah tiba di Sri Lanka sebagai turis. Kemudian, dirinya pun dirawat inap di salah satu rumah sakit di Sri Lanka.


    12. Taiwan

    Taiwan telah memberikan penjagaan yang cukup ketat untuk negaranya. Semua yang datang harus mengisi formulir deklarasi kesehatan untuk meminimalisir virus bertambah luas. Sejauh ini, Taiwan memiliki lima kasus pasien yang terserang virus Corona. Yang terbaru telah menyerang seorang wanita Taiwan yang bekerja di Wuhan sebelum kembali ke rumah pada tanggal 20 Januari. 

    (Baca Juga: Kenali Vaksin Influenza dan Manfaatnya Untuk Tubuh)


    13. Thailand

    Masih melansir Aljazeera, Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul menjelaskan bahwa tiga orang yang terinfeksi sedang diberikan perawatan khusus, sementara lima lainnya berhasil pulih dan dipulangkan ke negaranya. Salah satunya wanita asal Thailand yang pergi mengunjungi Wuhan, sementara yang lainnya merupakan warga negara Cina.


    14. Amerika Serikat

    Amerika juga menjadi salah satu yang terkena dampak penyebaran virus Corona. Saat ini masih terdapat lima kasus yang terbagi di California, Arizona, Chicago, dan Washington.

    (Baca Juga: Hati-hati! Waspada Penyakit HPV)


    15. Vietnam

    Pada Kamis (23/01) seorang pria dari Wuhan yang pergi ke Ho Chi Minh City terdiagnosis virus Corona.


    16. China

    Sebanyak 4.000 orang telah dikonfirmasi terinfeksi virus Corona. Sebagian besar terletak di daerah Wuhan. Pasien yang kemudian meninggal akibat virus ini juga mencapai 106 orang. Sementara itu, di Hong Kong, delapan orang diketahui mengidap penyakit ini.