Kenali Penyebab, Gejala Dan Cara Mencegah Virus Corona


  • Kenali Penyebab, Gejala Dan Cara Mencegah Virus Corona
    Maraknya virus Corona membuat banyak orang khawatir. Ini yang harus kamu ketahui tentang wabah yang sedang menggemparkan dunia. (Foto: Dok. Freepik)

    Virus Corona kini tengah menghantui seluruh dunia, di mana sudah banyak korban yang meninggal dunia. Menurut beberapa portal berita nasional hingga internasional, bahwa sampai dengan saat ini (27/01/2020) korban jiwa dari virus Corona ini mencapai 80 orang dan 2.300 kasus khusus di Tiongkok. Bahkan sudah 13 negara yang sudah terinfeksi oleh virus mematikan ini. 


    Corona virus adalah keluarga dari virus yang bisa dijumpai di banyak spesies hewan seperti unta, sapi, kucing, dan kelelawar. Virus corona jarang dapat menular dari hewan ke manusia dan menyebar di antara orang-orang seperti dengan MERS dan SARS.




    Saat dengan saat ini, kota Wuhan sudah ditutup oleh pemerintah Tiongkok dan 11 juta penduduk di dalamnya tidak bisa keluar.



    (Ilustrasi virus Corona. Foto: Dok. Chokniti Khongcum/Pexels)

    Penyebab Virus Corona yang Mematikan

    Pertama kali virus Corona ini ditemukan pada Desember 2019 lalu di kota Wuhan, Tiongkok. Diduga, penyebab virus ini berasal dari pasar seafood berisikan hewan-hewan liar. Virus Corona sendiri merupakan satu jenis virus yang ditemukan di banyak spesies hewan seperti unta, sapi, kucing, dan juga kelelawar. Menurut Koresponden kesehatan dan sains BBC Michelle Roberts dan James Gallagher menyebutkan bahwa virus ini adalah virus yang sama dengan virus SARS atau biasa disebut flu babi hingga MERS.


    Penyebaran virus Corona, menurut Menteri Kesehatan Tiongkok, sangat cepat karena kemungkinan besar virus menginfeksi penderitanya sudah sekian lama. Bahkan setiap orang yang terinfeksi virus ini berpotensi menularkan ke dua atau tiga orang lainnya melalui udara. 


    Mengutip dari Reuters yang bertanya pada ilmuan menyebutkan wabah virus Corona ini akan terus menyebar, namun ini tergantung dari seberapa efektif upaya dan langkah yang dilakukan dalam pengendaliannya.



    (Ilustrasi gejala virus Corona. Foto: Dok. Freepik)

    Gejala yang ditimbulkan Virus Corona 

    Gejala virus Corona ini sama seperti dengan penyakit flu, demam, hingga terjadinya gangguan pernafasan ringan sampai dengan berat. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bahwa gelaja virus ini akan muncul pada hari kedua hingga 14 hari setelah seseorang terinfeksi virus tersebut. 


    Hingga saat ini, belum ada vaksin yang ditemukan untuk menghilangkan virus Corona ini. Setiap penderita virus mematikan ini, harus diberikan perawatan intensif bahkan yang saat ini dilakukan akan dengan mengisolasi penderita tersebut agar tidak menularkan kepada orang lain.



    (Ilustrasi cara pencegahan. Foto: Dok. Burst/Pexel)

    Cara Pencegahan Virus Corona

    Karena belum adanya vaksin yang mampu mengobati virus ini, maka jalan satu-satunya dengan berusaha untuk menghindari virus tersebut. Menurut pihak kedokteran, bahwa ada beberapa cara pencegahan terkena penyakit yang disebabkan oleh virus Corona ini antara lain: 

    1. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air bersih. Jika tidak ada, menggunakan pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol juga bisa. 
    2. Hindari menggunakan tangan yang belum dicuci untuk menyentuh mata, hidung, dan mulut.
    3. Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit atau tengah dirawat di rumah sakit.
    4. Menutup batuk atau ketika bersin dengan tisu, lalu buanglah tisu tersebut ke tempat sampah.
    5. Gunakan masker setiap bepergian.
    6. Rutin membersihkan benda-benda yang sering disentuh oleh tangan.


    Langkah-langkah yang dianjurkan di atas bukan hanya untuk mencegah penyebaran virus Corona, namun untuk berbagai virus lainnya. Saat ini proses investigasi sedang dilakukan oleh pihak terkait. Selalu baca dan update mengenai informasi seputar virus Corona ini.


    (Teks: Hafif Rahman)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below