Kenali Vaksin Influenza dan Manfaatnya Untuk Tubuh


  • Kenali Vaksin Influenza dan Manfaatnya Untuk Tubuh
    Influenza sering kali dianggap penyakit biasa dan tidak berbahaya. Namun ternyata, virus tersebut bisa menyebar hingga berbahaya. Ilustrasi influenza. (Foto:Dok/Pexels)


    Sering dianggap penyakit ringan, Influenza bisa jadi berbahaya jika dibiarkan. Bahkan bahayanya, penyakit ini bisa merenggut nyawa bagi penderitanya.

    Hal ini juga dibuktikan dengan data World Health Organization (WHO) yang menunjukkan sebanyak 500.000 orang meninggal dunia akibat virus influenza. Sebanyak 70 persen di antaranya dialami oleh lansia. Kemudian, anak-anak hingga orang dewasa.



    Influenza merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pernapasan akut yang bisa menyebar dan menular melalui udara dan percikan ludah dari orang yang telah terinfeksi sebelumnya. 

    (Baca Juga: 5 Cara Alami Hilangkan Sakit Flu)

    Pernyataan ini juga dikuatkan oleh Ketua PERGEMI, Dokter Siti Setiati yang juga mengatakan,“Influenza bukanlah penyakit yang sepele. Terutama di negara tropis seperti Indonesia, di mana flu bisa terjadi tidak hanya di musim hujan."

    Untuk mencegah penyebaran virus ini, Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI dan WHO bersama Sanofi, mendukung adanya vaksinasi bagi semua orang.

    Hal ini juga disetujui oleh Joselito Sta. Ana, MD, President Director Sanofi Indonesia dan General Manager Sanofi Pasteur Indonesia juga yang mengatakan,"Pencegahan influenza dapat dilakukan melalui vaksinasi yang harus dilakukan setiap tahun. Namun, rendahnya kesadaran masyarakat mengenai upaya pencegahan menyebabkan influenza masih menjadi masalah kesehatan utama."

    (Baca Juga: Cara Ampuh Mencegah Penyakit Flu Saat Musim Pancaroba)

    Penduduk Indonesia hanya mencapai 500.000 dosis vaksin per tahun. Angka ini tergolong rendah jika dibandingkan dengan Singapura, Korea Selatan, Thailand.


    (Vaksin Influenza.Foto:Dok/Pexels)


    Pentingnya Vaksin Influenza

    Transmisi virus yang cepat, membuat virus influenza bisa berkembang. Untuk mencegahnya, Cissy B Kartasasmita sebagai Ketua Indonesia Influenza Foundation yang menegaskan bahwa vaksinasi influenza paling efektif untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

    “Vaksinasi influenza efektif memberikan perlindungan hingga 90% bagi seseorang yang menerima vaksin dalam kondisi sehat, berusia kurang dari 65 tahun, dan menerima vaksin dengan galur (strain) yang sama dengan galur virus influenza yang beredar," ujarnya. 

    Data studi juga menunjukkan bahwa vaksinasi influenza pada penderita kardiovaskuler dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 67% dan menurunkan risiko stroke sebanyak 24%. Bahkan, infeksi saluran napas oleh virus influenza dapat meningkatkan risiko terkena stroke dan serangan jantung 3 hingga 5 kali lipat dalam 3 hari setelah terinfeksi.

    (Baca Juga: Manfaat Daun Rambutan Bagi Kesehatan)


    Wajib Vaksin Influenza

    Vaksinasi influenza 90% efektif untuk mencegah penyakit influenza dan sangat disarankan bagi para penderita penyakit dalam atau kardiovaskuler. Tak pelak vaksin ini juga bisa dilakukan pada balita hingga orang dewasa. Berikut daftar mereka yang perlu mendapatkan vaksin influenza:

    1. Bayi dan anak usia > 6 bulan sampai 18 tahun.

    2. Lansia atau usia lanjut

    3. Wanita hamil, terutama saat trisemester 2 dan 3

    3. Penderita diabetes, ganguan ginjal kronis, kanker.

    4. Penderita dengan penurunan kekebalan tubuh.

    5. Penderita gangguan pernapasan kronis.

    6. Penderita penyakit kardiovaskular.

    7. Pekerja/karyawan.

    8. Calon jamaah haji dan umrah.

    9. Petugas kesehatan.


    Sudahkah kamu melakukan vaksin influenza?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below