Ketahui 8 Jenis Bedak Dan Masing-Masing Fungsinya


  • Ketahui 8 Jenis Bedak Dan Masing-Masing Fungsinya
    Mengetahui 8 jenis bedak dan fungsinya, agar tidak salah menggunakannya. (Foto: Dok. Freepik)

    Jika selama ini kamu menganggap kalau bedak hanya terdiri dari satu jenis, ternyata anggapanmu itu salah. Karena kenyataannya, bedak terdiri dari beragam jenis dan memiliki fungsinya masing-masing.

    Fungsi bedak secara umum, yaitu dapat meratakan warna kulit, menutupi kekurangan pada kulit wajah, mampu menyerap minyak berlebih pada wajah serta menyempurnakan riasan kamu.

    Namun, karena banyaknya jenis bedak dan fungsinya pun berbeda, tentunya kamu tidak bisa menggunakannya secara asal. Maka dari itu, agar tidak salah menggunakannya, baca selengkapnya di bawah ini!




    1. Bedak Padat (Compact Powder)

    compact powder

    (Ilustrasi bedak padat. Foto: Dok. Freepik)


    Bedak padat (compact powder) memiliki kemasan yang praktis, sehingga lebih mudah dibawa ketika bepergian. Biasanya, bedak padat telah diformulasikan dengan pelembap dan minyak, sehingga hanya bertahan selama dua hingga tiga jam setelah pemakaian. Namun, kamu tidak perlu khawatir, jika kamu memerlukan touch up, bedak padat adalah pilihan yang tepat. 


    2. Bedak Tabur (Loose Powder) 

    Ilustrasi loose powder

    (Ilustrasi bedak tabur. Foto: Dok. Unsplash)


    Bedak tabur memiliki tekstur yang ringan dan lembut. Jenis bedak ini mampu menyerap kelebihan minyak, sehingga membuat wajah kamu bebas dari minyak. Itu sebabnya, loose powder sangat cocok untuk kulit berminyak. Tapi sayangnya, bedak jenis ini tidak tahan lama dan mudah hilang ketika terkena air atau keringat. 


    3. Bedak Two Way Cake 



    (Ilustrasi two way cake. Foto: Dok. Pexels)


    Jenis bedak ini biasanya dikemas dalam bentuk bedak padat yang sudah mengandung foundation. Bedak two way cake bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin tampil flawless dalam waktu singkat. Bedak ini mampu untuk menutupi flek-flek hitam ringan yang ada di wajah kamu. Tapi, sebaiknya hindari jenis bedak ini, untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. 


    4. Translucent Powder


    Bedak transparan (translucent powder) umumnya digunakan untuk menyerap kelebihan minyak dan mengontrol kilau, sehingga memberikan hasil matte pada riasan kamu. Sesuai dengan namanya, jenis bedak ini biasanya tidak memiliki warna, sehingga tidak mengubah warna foundation dan concealer


    (Baca juga : Mengenal Fungsi Dari Enam Warna Color Corrector)


    5. Liquid Powder


    Liquid powder adalah jenis bedak cair yang biasa digunakan sebagai base makeup untuk memperkuat tampilan riasan, tapi tetap terkesan natural. Karena teksturnya yang cair, liquid powder sangat mudah menempel sehingga warnanya sangat terlihat natural. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam pengaplikasiannya, gunakan secara tipis dan baurkan dengan menggunakan kuas, sponge atau jari tangan agar merata dengan baik. 


    6. Shimmering Powder

    shimmering powder

    (Ilustrasi shimmering powder. Foto: Dok. Freepik)


    Bagi kamu yang ingin menggunakan jenis bedak ini, sebaiknya hanya pada acara-acara tertentu saja karena akan memberikan efek kilau natural pada kulit. Shimmering powder tersedia dalam beberapa warna, ada putih, pink, dan coklat. Shimmering powder berwarna putih, bisa digunakan sebagai highlighter. Gunakan pada tulang hidung, tulang pipi, atas bibir, bawah dagu dan sebagian kening.

    Shimmering powder berwarna pink, bisa digunakan sebagai blush on yang tampilan lebih fresh. Sedangkan shimmering powder berwarna coklat, bisa kamu gunakan sebagai bronzer untuk memberikan efek bayangan pada wajah. Sapuan wajah dengan shimmering powder, akan membuat tampilan lebih terkesan glamour. 


    7. Mineral Powder

    Ilustrasi mineral powder

    (Ilustrasi mineral powder. Foto: Dok. Beautyheaven.com.au)


    Sesuai dengan namanya, jenis bedak ini mengandung mineral di dalamnya seperti zinc oksida atau titanium dioksida. Kandungan inilah yang membuat wajah terlihat lebih mulus tanpa menyumbat pori-pori. Mineral powder tersedia dalam bentuk padat atau tabur. 


    8. Finishing Powder

    Ilustrasi finishing powder

    (Ilustrasi finishing powder. Foto: Dok. Freepik)


    Jenis bedak ini biasanya berwarna putih yang berfungsi untuk meminimalkan garis-garis halus dan pori-pori, sehingga memberikan hasil akhir yang sempurna. Sesuai dengan namanya, finishing powder biasanya dipakai terakhir untuk membuat riasan wajah kamu lebih tahan lama. Dengan kata lain, jenis bedak ini digunakan untuk ‘mengunci’ makeup kamu. 


    Sekarang, kamu sudah tahu delapan jenis bedak dan fungsinya. Pastikan kamu gunakan sesuai kebutuhan ya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below