9 Alat Makeup yang Wajib Punya untuk Pemula


  • 9 Alat Makeup yang Wajib Punya untuk Pemula
    Tertarik dengan alat rias wajah atau makeup tapi tak tahu mau memulainya dari mana? Berikut sembilan alat makeup yang patut kamu ketahui. (Foto: Dok/Pexels.com)


    Dulu kamu bisa jadi tak tertarik dengan alat rias wajah atau makeup. Namun setelah melihat foto-foto atau video para beauty blogger, kok rasanya seru juga ya bermain dengan makeup?

    Menguasai teknik makeup tidak hanya dapat menyembunyikan kekurangan pada wajah, tetapi juga meningkatkan kecantikan alami. Begitu bisa merias wajah sendiri, makin asyik karena kamu bisa meniru gaya riasan yang lagi ngetren seperti fake freckles misalnya.



    Namun, tak perlu terpancing untuk membeli terlalu banyak alat makeup. Seperti saran makeup artist dan pemilik Beauty Asylum, Jessica Kendall, berikut alat makeup yang wajib dimiliki pemula.


    (Baca juga: Bounce: Makeup Pertama dari BeautyBlender)


    1. Primer

    Primer pada dasarnya membantu Anda menyiapkan wajah untuk makeup serta tetap awet sepanjang hari. Permukaan kulit wajah jadi rata sehingga foundation bisa diaplikasikan lebih gampang. Hal ini menjadi solusi bagi Anda yang pori-pori wajahnya membesar, kulit mulai menampakkan garis-garis halus atau kemerahan, karena primer akan menutup pori-pori tersebut. 

    Rekomendasi: Benefit POREfessional Face Primer, atau Emina Pore Ranger Primer

     alat make up Benefit POREfessional Face Primer

    FOTO: BENEFIT PRIMER – BENEFIT COSMETICS


    2. Foundation

    Foundation membantu menyamakan warna kulit sehingga siap untuk dirias. Sebagai permulaan, pilih foundation dengan formula yang ringan sehingga menutup kulit dengan baik. Untuk menghindari tampilan yang cakey, di mana makeup terlihat tidak menempel sempurna pada wajah, gunakan beauty sponge untuk menyerap foundation lebih baik.

    Rekomendasi: ULTIMA II Wonderwear Stay Last Liquid Makeup “Ivory”, atau Make Up For Ever Ultra HD Invisible Cover Foundation

    Make Up For Ever Ultra HD Invisible Cover Foundation

    FOTO: MAKEUP FOREVER FOUNDATION – MAKEUP FOREVER


    (Baca juga: Langkah Cermat Memilih Foundation Online)


    3. Concealer

    Concealer diperlukan untuk menyamarkan bercak pada wajah. Ada dua jenis concealer yang bisa dipilih, yaitu face dan eye concealer. Eye concealer yang mengandung pelembab akan melembutkan garis-garis halus di bawah mata. Sedangkan face concealer cenderung lebih padat dan kering, sehingga lebih bagus untuk menutupi noda dan perubahan warna pada wajah.

    Rekomendasi: LA Girl HD Pro Concealer “Beautiful Bronze, atau The Body Shop All In One Concealer

    alat make up The Body Shop All In One Concealer

    FOTO: BODY SHOP CONCEALER – THE BODY SHOP. CO.ID


    4. Bedak

    Bedak tentunya jadi alat makeup yang wajib dimiliki pemula. Anda bisa menggunakan bedak tabur atau bedak padat, kalau sedang butuh touch up dengan cepat. Selalu bawa bedak padat ini di dalam tas karena praktis dan mudah dipakai, sehingga membantu mengamankan makeup Anda setelah dipakai sepanjang hari. Terutama untuk Anda yang punya kulit berminyak atau kombinasi.

    Rekomendasi: Rimmel Stay Matte Pressed Powder, atau Milani The Multitasker Face Powder

    alat make up Rimmel Stay Matte Pressed Powder

    FOTO: RIMMEL PRESSED POWDER – RIMMEL LONDON


    5. Eyeshadow

    Mata yang indah bisa makin ditonjolkan lewat pemakaian eyeshadow. Coba dulu palet eyeshadow dengan warna netral atau nude, untuk melatih teknik aplikasi eyeshadow. Walaupun disebut netral, tetapi palet ini biasanya menawarkan semua warna yang diperlukan (taupe, bronze, coklat, dan krem) untuk menciptakan riasan alami untuk segala acara.

    Rekomendasi: Misslyn Eyeshadow “Shades of Nude”, atau Tarte Cosmetics Tartelette In Bloom Clay Palette

    alat make up Tarte Cosmetics Tartelette In Bloom Clay Palette

    FOTO: TARTE TARTELETTE EYESHADOW – TARTE COSMETICS


    6. Eyeliner

    Eyeliner memberikan kesan glamor dan seksi, jadi kalau ingin mengubah riasan pagi hari menjadi malam hari dengan cepat Anda bisa memulas eyeliner. Pilih eyeliner pensil agar tidak mudah berantakan kalau Anda belum cekatan memulasnya. Tenang, banyak kok eyeliner pensil yang hasilnya tahan lama.

    Rekomendasi: Oriflame The ONE Gel Eye Liner Pencil, atau Urban Decay 24/7 Glide-On Eye Pencil

    alat make up Urban Decay 24/7 Glide-On Eye Pencil

    FOTO: URBAN DECAY EYELINER – SEPHORA.CO.ID


    7. Maskara

    Fungsinya tidak hanya untuk memanjangkan bulumata, tetapi juga menebalkan, menggelapkan, dan melentikkan sehingga mata jadi lebih hidup. Jadi, ini juga alat makeup yang perlu dimiliki pemula. Tetapi kalau tidak cukup telaten menggunakannya, Anda bisa mencoba memakai bulumata palsu dengan model yang paling alami.

    Rekomendasi: L’Oreal Voluminous Carbon Black Mascara, atau Wardah EyeXpert Aqua Lash Mascara

    alat make up Wardah EyeXpert Aqua Lash Mascara

    FOTO: WARDAH MASKARA – WARDAH BEAUTY


    8. Blush on

    Blush on bisa membuat wajah jadi terlihat segar berseri-seri. Pilih warna yang sesuai rona kulit dan dapat membentuk pipi dan rahang dengan bagus. Buat pemula, pilih powder blush dengan warna coral, light pink, atau peach untuk kulit putih, atau plum, rose, dan warna-warna tua untuk kulit yang lebih gelap.

    Rekomendasi: NARS Blush “Dolce Vita”, atau Makeover Perfect Shade Blush On “Carribean Sunset”

    alat make up NARS Blush “Dolce Vita”

    FOTO: NARS BLUSH - TOKOPEDIA


    9. Lipstik merah

    Pilihan warna lipstik sangat tidak terbatas, tetapi ada baiknya memilih warna yang sedikit lebih gelap daripada warna bibir Anda. Secara berangsur, Anda bisa memilih warna yang lebih kuat seperti coral, berry atau pink. Yang pasti, lipstik merah harus ada dalam koleksi Anda karena warna ini bisa mengubah total wajah Anda.

    Rekomendasi: MAC Retro Matte Lipstick “Ruby Woo”, atau Nefertiti Paris Diva Lip Cream Matte “Dark Carmine”

    alat make up Nefertiti Paris Diva Lip Cream Matte “Dark Carmine”

    FOTO: NEFERTITI DARK CARMINE - GOGOBLI


    (Baca juga: 9 Rekomendasi Warna Lipstik yang Pas untuk Bibir Hitam)


    Itulah jenis makeup yang wajib dimiliki para pemula. Sudahkah kamumemilikinya?


    (Foto: Dok/ Stylecraze/Zumi/Dermstore)

    (Editor: Rahman Indra)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below