Hair & beauty

Catat! Ini 9 Alat Makeup yang Wajib Punya untuk Pemula

By : Dini Felicitas - 2023-12-31 14:00:00 Catat! Ini 9 Alat Makeup yang Wajib Punya untuk Pemula

Mungkin dulu kamu belum tertarik dengan alat rias wajah atau makeup. Namun setelah melihat foto-foto atau video para beauty blogger, kok rasanya seru juga ya bermain dengan makeup? Apalagi ketika mulai memasuki jenjang kulaih atau kerja, rasanya kamu selalu ingin tampil presentable, dan ini bisa dibantu dengan menggunakan makeup.

Menguasai teknik makeup tidak hanya dapat menyembunyikan kekurangan pada wajah, tetapi juga meningkatkan kecantikan alami. Begitu bisa merias wajah sendiri, rasanya makin asyik karena kini kamu bisa bereksperimen dengan berbagai gaya makeup yang sedang ngetren.Bagi kamu yang pemula, pasti ada perasaan overwhelmed untuk memulai makeup dari mana. 

Pertama-tama, yang terpenting adalah mengetahui apa saja alat makeup yang kamu perlukan. Namun tidak perlu terpancing untuk membeli terlalu banyak alat makeup, hanya yang seperlunya saja. Simak di bawah ini untuk mengetahui apa saja alat makeup yang wajib dimiliki pemula!


(Baca juga: Bounce: Makeup Pertama dari BeautyBlender)


1. Primer

Primer pada dasarnya membantumu menyiapkan wajah untuk makeup serta tetap awet sepanjang hari. Permukaan kulit wajah jadi rata sehingga foundation bisa diaplikasikan lebih gampang. Hal ini menjadi solusi bagi kamu yang memiliki pori-pori wajah besar atau kulit mulai menampakkan garis-garis halus hingga  kemerahan. Menggunakan primer, pori-pori wajahmu bisa tertutupi sehingga aplikasi foundation terasa lebih smooth. 

Utamanya bagi kamu yang memiliki kulit wajah cenderung berminya, Her World merekomendasikan produk best-seller Benefit POREfessional Face Primer atau Emina Pore Ranger Primer!

(Benefit POREfessional Face Primer. Foto: Dok. Benefit Cosmetics)

2. Foundation

Foundation membantu menyamakan warna kulit sehingga siap untuk dirias. Sebagai permulaan, pilih foundation dengan formula yang ringan sehingga menutup kulit dengan baik. Untuk menghindari tampilan yang cakey atau makeup terlihat tidak menempel sempurna pada wajah, gunakan beauty sponge untuk menyerap foundation lebih baik.

Sebagai pemula, Her World  merekomendasikan BLP Beauty Face Base Foundation yang terasa ringan di kulit dan memberikan tampilan natural  "your skin but better". 



(BLP Beauty Face Base Foundation. Foto: Dok. BLP Beauty)


(Baca juga: Langkah Cermat Memilih Foundation Online)


3. Concealer

Concealer diperlukan untuk menyamarkan bercak pada wajah. Ada dua jenis concealer yang bisa dipilih, yaitu face dan eye concealer. Eye concealer yang mengandung pelembab akan melembutkan garis-garis halus di bawah mata, sedangkan face concealer cenderung lebih padat dan kering sehingga lebih bagus untuk menutupi noda dan perubahan warna pada wajah.

Her World merekomendasikan SOMETHINC WAKE ME UP HD Blur Full Coverage Concealer dengan aplikator mudah untuk pemula.


(SOMETHINC WAKE ME UP HD Blur Full Coverage Concealer. Foto: Dok. SOMETHINC)


4. Bedak

Bedak tentunya jadi alat makeup yang wajib dimiliki pemula. Kamu bisa menggunakan bedak tabur atau bedak padat saat sedang butuh touch up dengan cepat. Bagi pemula, kamu bisa gunakan bedak tanpa foundation atau concealer untuk penggunaan yang praktis. Cocok untuk kamu yang punya kulit berminyak atau kombinasi, jangan lupa selalu bawa bedak di dalam tas kamu, ya!

Selain packaging-nya yang menggemaskan, Barenbliss Fine to Refine Compact Powder ini juga cocok untuk pemula!



(Barenbliss Fine to Refine Compact Powder. Foto: Dok. Barenbliss)


5. Eyeshadow

Mata yang indah bisa makin ditonjolkan lewat pemakaian eyeshadow. Coba dulu palet eyeshadow dengan warna netral atau nude untuk melatih teknik aplikasi eyeshadow-mu. Walaupun disebut netral, tetapi palet ini biasanya menawarkan semua warna yang diperlukan seperti taupe, bronze, coklat, dan krem untuk menciptakan riasan alami untuk segala acara.

Palet eyeshadow dengan ukuran kecil cocok bagi kamu para pemula dan mudah dibawa kemanapun. Coba Too Cool for School - Artclass by Rodin Collectage Eyeshadow satu ini yang natural!


(Too Cool for School - Artclass by Rodin Collectage Eyeshadow. Foto: Dok. Too Cool for School)

6. Eyeliner

Setelah eyeshadow, kamu juga bisa menggunakan eyeliner untuk semakin mempercantik area matamu. Terdapat banyak jenis eyeliner, namun pencil eyeliner disebut paling cocok untuk para pemula. Menggunakan pencil eyeliner, kamu bisa membuat garis di ujung mata yang natural dengan mudah.

Her world merekomendasikan Make Over Eye Liner Pencil yang tahan lama dan praktis untuk digunakan.


(Make Over Eye Liner Pencil. Foto: Dok. Make Over)


7. Mascara

Fungsinya tidak hanya untuk memanjangkan bulumata, tetapi juga menebalkan, menggelapkan, dan melentikkan sehingga mata terlihat lebih hidup. Bagi kamu yang mungkin malas menggunakan eyeshadow dan eyeliner, kamu bisa melewatinya dengan mascara! Mascara yang bagus akan membuat matamu menjadi sorotan perhatian.

Kiss Me Heroine Make Mascara disebut sebagai mascara terbaik untuk orang Asia karena brush-nya yang dapat melentikkan bulu mata secara merata dan tahan lama hingga seharian, serta tentunya cocok untuk pemula.


(Kiss Me Heroince Make Mascara. Foto: Dok. Heroine Make)

8. Blush on

Blush on bisa membuat wajah jadi terlihat segar berseri-seri. Untuk gunakan blush on, pilih warna yang sesuai dengan rona kulitmu, atau sesuaikan dengan suasana pakaianmu di hari itu. Para pemula lebih cocok menggunakan cream blush karena blendable dan dapat memberikan rona di pipi yang terlihat natural. Buat pemula dengan kulit cerah, pilih blush on dengan warna coral, light pink, atau peach dan warna plum atau rose untuk kulit yang lebih gelap.

Blush on paling ngetren dan best-seller saat ini tidak lain dari Rare Beauty, Her World merekomendasikan varian cream blush-nya yang memiliki lima pilihan shade.



(Rare Beauty Stay Vulnerable Melting Cream Blush. Foto: Dok. Rare Beauty)


9. Lipbalm

Bagi kamu pemula yang masih ragu-ragu untuk memilih shade lipstick, jangan tergas-gesa. Mungkin saat ini lipstick yang terkesan terlalu tebal bukan untukmu. Pilihlah lipbalm dengan konsistensi yang lebih ringan, shade natural, dan memberikan efek bibir plump dan sehat seharian. 

Innisfree mengeluarkan lipbalm terbaik yang sempat viral dan cocok digunakan untuk pemula. Coba sendiri!



(Innisfree Dewy Tint Lip Balm. Foto: Dok. Innsifree)


(Baca juga: 9 Rekomendasi Warna Lipstik yang Pas untuk Bibir Hitam)


Itulah sembilan alat makeup yang wajib dimiliki para pemula. Makeup mana saja yang sudah kamu miliki? Jangan ragu untuk terus berlatih dan mencoba makeup, ya!


(Editor: Rahman Indra)

Hair & beauty