6 Cara Memilih Foundation Sesuai Kebutuhan Kulit


  • 6 Cara Memilih Foundation Sesuai Kebutuhan Kulit
    Foto: Dok. @marcbeauty/Instagram

    (Gambar di atas adalah swatches dari Marc Jacobs Beauty Shameless Youthful Look 24H Foundation SPF 25)


    Dekat-dekat tanggal gajian, biasanya toko makeup online langsung jadi sasaran segar untuk dilirik. Memudahkan sekali ya, sekarang kita nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan beauty products favorit yang belum rilis di Indonesia. 




    Apa sih jenis produk makeup yang biasa kamu beli online? Rasanya tidak perlu ragu ya membeli lipstik, eyeshadow, atau maskara tanpa dicoba terlebih dahulu. Tapi bagaimana dengan alas bedak atau foundation? Produk satu ini begitu personal karena merupakan dasar dari riasan. Rona dan teksturnya pun harus sesuai dengan warna juga jenis kulit kita. 


    Untuk menghindari kesalahan dalam memilih foundation online, yuk ketahui beberapa hal berikut sebelum kamu klik "beli".


    1. Jenis formula dan tingkat samaran yang diinginkan

    Kerucutkan terlebih dahulu pilihan produk yang akan disasar dengan menanyakan diri sendiri, "foundation seperti apa yang dibutuhkan?" Kalau jawaban kamu:

    • a. Untuk pemakaian sehari-hari yang praktis dan ringan, maka kamu bisa memfokuskan pencarian untuk tinted moisturizer, bb cream, cc cream, cushion, atau serum foundation. Selain memberikan samaran warna, produk-produk ini juga memiliki kandungan skincare yang bermanfaat untuk melindungi kulit. Ritual perawatan kulit juga bisa jadi lebih simpel. 
    • Laneige BB Cushion Pore Control
    • Coba: Laneige BB Cushion Pore Control, Rp560.000

    • b. Untuk hari-hari di mana kamu ingin terlihat lebih "dandan" tanpa terkesan berlebihan, bisa pilih foundation yang memberikan light to medium coverage atau tingkat samaran medium. 
    • Shu Uemura Petal Skin Fluid Foundation
    • Coba: Shu Uemura Petal Skin Fluid Foundation, Rp700.000

    • c. Untuk menghadiri acara formal, tidak ada salahnya melirik label kosmetik yang lebih premium atau mencari sesuatu yang lebih high coverage. Banyak high coverage foundation yang tetap terasa ringan di kulit karena teknologi inovatifnya. 
    • Diorskin Forever Undercover 24H Full Coverage Foundation
    • Coba: Diorskin Forever Undercover 24H Full Coverage Foundation


    (Baca Juga: 6 Rekomendasi Serum untuk Memutihkan Wajah)


    2. Hasil akhir yang diinginkan

    Dewy atau matte? Foundation dengan hasil akhir dewy biasanya disertai dengan kata-kata luminous, radiant, dan sinonimnya. Setiap orang memiliki preferensi berbeda-beda untuk kompleksi wajahnya. Yang perlu diingat, pada jenis kulit berminyak, foundation matte pun dapat memberikan efek glowing, dan foundation yang dewy dapat memberikan kesan lebih berminyak apabila tidak disertai primer dan bedak yang tepat. 

    Nars Natural Radiant Longwear Foundation                  

    Nars Natural Radiant Longwear Foundation   

                    

       Tarte Shape Tape Matte Foundation

    Tarte Shape Tape Matte Foundation


    3. Undertone kulit kamu

    Kebanyakan brand kosmetik melabelkan foundation berdasarkan rona kulit cool, warm, dan neutral.

    • a. Ciri- ciri kulit cool tone: kulit putih cerah dengan rona pinkish, urat atau pembuluh darah di balik kulit pergelangan tangan tampak kebiruan.
    • b. Ciri-ciri kulit warm tone: rona kulit secara keseluruhan tampak cokelat kekuningan, urat tampak kehijauan.
    • c. Ciri-ciri kulit neutral tone: kombinasi antara dua rona kulit di atas. 

    Jika sudah mengidentifikasikan undertone kulit kamu, pemilihan warna pun akan lebih mudah. 


    4. Meninjau review dari sumber terpercaya

    Bingung harus menuruti ulasan siapa? Jika kamu lebih akrab dengan beauty blogger atau influencer, pilih yang jenis dan warna kulitnya mendekati kulit kamu, atau yang preferensinya mirip dengan kamu. Untuk lebih yakin, coba lihat juga review makeup artist profesional sekaliber Lisa Eldridge yang lebih berpengalaman dan mengetahui pasti cara menyiasati berbagai macam jenis kulit. 


    (Baca Juga: Fakta Seputar BB, CC, dan DD Cream)


    5. Mengikuti kuis

    Banyak label kosmetik mulai dari Maybelline hingga Fenty Beauty memiliki kolom Foundation Shade FInder dalam situs resmi internasionalnya. Sebelum membeli di e-commerce kesayangan, coba kunjungi situs resmi brand-nya terlebih dahulu.


    6. Jika bimbang, pilih yang lebih terang

    Tak jarang di proses akhir seleksi kamu ragu memilih antara dua warna yang nyaris serupa. Untuk kasus ini, sebaiknya jatuhkan pilihan ke warna yang lebih terang. Jika dibaurkan atau di-blend sampai benar-benar merata ke seluruh wajah dan leher, foundation yang lebih terang dapat membuat kita terlihat lebih cerah. Cukup siasati dengan bronzer dan blush yang seimbang. Namun jika foundation lebih gelap dari warna kulit asli, tampilan wajah akan terkesan lebih kusam atau "orange" sehingga lebih sulit disiasati.





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below