Rekomendasi Sheet Mask dengan Bahan-bahan Favorit


  • Rekomendasi Sheet Mask dengan Bahan-bahan Favorit
    Sheet mask, atau masker lembaran, sekarang menjadi favorit kaum perempuan. Berikut rekomendasi sheet mask yang bisa jadi pilihan. (Foto: Dok/Pexels.com)


    Sheet mask, atau masker lembaran, sekarang menjadi favorit kaum perempuan. Karena bentuknya lembaran, entah itu dari serat, katun, atau selulosa, perawatan wajah jadi lebih praktis. Kamu tidak perlu meracik masker, tinggal menempelkan lembaran masker pada wajah. Setelah selesai, tinggal dibasuh dengan air kalau kamu mau. Meskipun begitu, khasiat sheet mask tidak perlu diragukan lagi.

    Bahan utama dalam masker lembaran adalah air, karena air merupakan bahan pengantar dan pelengkap.



    “Banyak masker lembaran yang menggunakan ekstrak tumbuhan dan bahan-bahan lain yang dapat berikatan dengan air. Air membantu bahan-bahan yang keras menjadi lebih lembut bagi kulit,” kata Alicia Yoon, CEO Peach & Lily.

    Sheet mask direndam dalam larutan yang mengandung bahan-bahan yang baik untuk kulit, seperti asam hialuronat, retinol, sel punca, atau peptida, tergantung pada kebutuhan kulit kamu. Campuran berbagai bahan ini tidak akan menguap berkat digunakannya lembaran masker yang berfungsi sebagai pembatas.

    (Baca juga: 9 Masker Sheet Mask Buah-buahan yang Patut Dicoba) 

    Ahli dermatologi Harold Lancer menambahkan, sheet mask merupakan bentuk efektif dari tidur berkualitas. “Sheet mask itu bagus karena memungkinkan kulit beristirahat sambil menghidrasi, mencerahkan, dan mendorong rutinitas perawatan kulit,” jelasnya.

    Rumput laut

    (Rumput Laut. Foto: Dok/Whamisa-Glow Recipe)


    Masker wajah yang diperkaya dengan 100% rumput laut baik untuk melembabkan dan menutrisi kulit, sehingga kulit tampak bersih dan glowing. Nutrisi dalam rumput laut itu sendiri membantu mengurangi keriput dan pembengkakan, mengecilkan pori-pori yang melebar karena tersumbat kotoran, mencerahkan dan memperbaiki kompleksi kulit. Rekomendasi: Whamisa Organic Sea Kelp Facial Sheet Mask (Rp 120.000).


    Charcoal



    (Charcoal. Foto: Dok/SkinRepublic)


    Charcoal atau arang termasuk bahan favorit untuk sheet mask. Serat arang dan ekstrak arang ternyata bermanfaat untuk mendetoks kulit. Arang mengikat kotoran dan membantu mengeluarkannya dari pori-pori, sehingga pori-pori jadi mengecil. Pada kulit berminyak, arang aktif juga menyerap kelebihan minyak dari kulit sehingga kulit terasa lebih halus. Rekomendasi: Skin Republic Bubble Purifying Plus Charcoal Face Mask Sheet - 20 ml (Rp 60.000).


    Madu


    (Madu. Foto: Dok/Innisfree) 


    Madu juga termasuk bahan ideal untuk sheet mask. Madu manuka, misalnya, secara aktif melawan atau menghancurkan bakteri. Madu cocok untuk meningkatkan cairan dan kelembaban, juga mengendalikan kelebihan minyak, membersihkan pori-pori, dan mengurangi noda. Selain itu juga meredakan kulit yang merah dan kering karena iritasi, jerawat, dan eczema. Rekomendasi: Innisfree It’s Real Squeeze Mask (Rp 17.000).


    Green tea

    (Green Tea. Foto: Dok/Nature Republic)

    Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut EGCG. Fungsi antioksidan ini melawan kerusakan DNA akibat paparan sinar UV untuk mencegah kanker kulit. Ekstrak teh hijau segar dalam masker juga menyuplai cairan agar kulit tidak dehidrasi, mengurangi kemerahan, dan menenangkan kulit. Dengan sheet mask, ekstrak teh hijau ini lebih mudah terserap ke kulit dan merasakan manfaatnya. Rekomendasi: Nature Republic Real Nature Green Tea Hydrogel Mask (Rp 42.900).


    Snail



    (Snail. Foto: Dok/TonyMoly)

    Lendir siput makin populer dijadikan bahan favorit sheet mask untuk menghambat penuaan dini, dari mencegah keriput, memperbaiki dan mengembalikan kekencangan kulit, sehingga kulit jadi lebih kenyal. Esens siput juga mampu merawat kulit kering, menyamakan rona kulit, mengontrol jerawat, dan mengecilkan pori-pori. Rekomendasi: Tony Moly Intense Care Snail Hydro-Gel Mask (Rp 123.000).


    Alpukat

    (Avocado. Foto: Dok/The Face Shop)


    Alpukat baik untuk melembutkan kulit yang kering dan kusam atau terpapar sinar matahari, menutrisi kulit wajah, dan menambah cairan sehingga kulit terasa halus dan kenyal. Selain itu juga mengobati jerawat yang meradang, mengeksfoliasi kulit, dan menyamarkan garis-garis halus pada kulit. Rekomendasi: The Face Shop Real Nature Mask Sheet Avocado (Rp 19.000).


    Akar manis



    (Akar manis. Foto: Dok/Sulwhasoo). 


    Akar manis (licorice) dikenal karena kemampuannya mencerahkan kulit, berkat kandungan antioksidannya, glabridin dan licochalcone A. Keduanya berfungsi sebagai antiaging dan pelembut kulit. Itu sebabnya, glabridin mampu menghambat hiperpigmentasi penyebab bintik-bintik hitam akibat paparan sinar matahari dan bekas jerawat. Rekomendasi: Sulwhasoo First Care Activating Mask Serum EX (Rp 700.000).

    Nah, mana sheet mask yang bagus menurut kamu?





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below