4 Manfaat Serum Wajah Untuk Kulit Berjerawat


  • 4 Manfaat Serum Wajah Untuk Kulit Berjerawat
    Serum kulit wajah berjerawat. (Foto: Dok. Freepik.com)


    Bagi pemilik kulit wajah berjerawat memang bukan hal yang mudah untuk menemukan serum yang tepat. Jika salah pilih, manfaat baik dari serum tidak akan dirasakan.

    Serum sendiri merupakan bentuk perawatan wajah yang mengandung konsentrasi tinggi bahan aktif untuk mengatasi masalah wajah secara spesifik, termasuk jerawat. Menggunakan serum yang tepat akan memberikan nutrisi yang diperlukan kulit wajah sehingga wajah terawat dan sehat. Ketika kulit wajah mendapatkan nutrisi yang cukup, bakteri-bakteri penyebab timbulnya jerawat tidak akan berkembang biak di kulit.



    Umumnya, serum memiliki konsentrasi cair atau oily dan mudah menyerap ke dalam kulit.  Konsentrasi serum yang oily memang menjadi tanda tanya besar bagi pemilik kulit berjerawat. Apakah tidak membuat kulit wajah berjerawat semakin oily? Jawabannya tidak. Karena dengan menggunakan serum yang tepat, dapat memberikan banyak manfaat untuk pemilik kulit berjerawat. Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut empat manfaat serum wajah untuk kulit berjerawat yang patut kamu ketahui.


    (Baca juga: 7 Rekomendasi Serum Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat) 


    1. Mengontrol Produksi Minyak Berlebih

    Produksi minyak di wajah yang berlebih memang menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat. Pilihlah serum yang water-based karena mampu untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. 


    2. Membantu Mencegah Radikal Bebas

    Untuk kamu yang aktif bekerja di luar ruangan, penggunaan serum serum dapat membantu dalam hal mencegah radikal bebas seperti paparan polusi, sinar matahari dan radikal bebas pada kulit.  


    (Baca juga : 5 Pilihan Serum untuk Kulit Berjerawat)


    Menggunakan serum wajah













    (Menggunakan serum wajah. Foto: Dok. Freepik.com)


    3. Memudarkan Flek Hitam Di Wajah

    Flek hitam muncul akibat dari adanya jerawat. Serum wajah vitamin C dan vitamin E dapat membantu menghilangkan flek-flek hitam. Kandungan vitamin C akan terserap sebagai nutrisi untuk kulit wajah dan antioksidan dalam vitamin E membantu mengembalikan kulit kusam sehingga berangsur-angsur flek hitam di wajah akan memudar.

    4. Menyembuhkan Peradangan Jerawat

    Terkadang kulit wajah berjerawat rentan mengalami peradangan. Selain dapat memudarkan flek-flek hitam, serum vitamin C juga dapat membantu kamu menyembuhkan peradangan akibat jerawat. Sifat anti radang alami yang terkandung dalam vitamin C baik dalam menyembuhkan radang yang disebabkan karena jerawat


    (Baca juga : 7 Serum untuk Kulit Wajah Cerah dan Cantik ala Korea)


    Tak hanya penting untuk mengetahui manfaat serum untuk kulit berjerawat, tetapi juga penting untuk mengetahui cara pengaplikasiannya secara tepat. Hal tersebut menjadi penting, agar manfaat serum dapat dirasakan secara maksimal untuk pemilik kulit berjerawat. 


    Pertama, pastikan kulit wajah kamu bersih dari sisa-sisa makeup dan polusi. Lakukan double cleansing agar wajah kamu bersih secara menyeluruh. Tahap pertama pembersihan, gunakan makeup remover untuk menghapus sisa-sisa makeup di wajah. Tahap kedua yaitu, gunakan pembersih wajah (face wash) yang cocok untuk kulit berjerawat.


    Kedua, tuang 2-3 tetes serum pada wajah menyerupai bentuk T dan ratakan ke seluruh area wajah. Lalu tepuk-tepuk perlahan. 


    Sebaiknya gunakan serum 1-2 kali dalam sehari dan tidak lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya. Jika kamu merasakan adanya gelitik pada kulit, kamu tidak perlu khawatir. Hal itu wajar karena konsentrasi serum yang tinggi akan menghasilkan sensasi gelitik pada kulit kamu. Penggunaan serum yang tepat secara teratur akan memberikan hasil yang baik untuk kulit berjerawat kamu. Perlu diingat juga untuk selalu lakukan patch test untuk mengetahui reaksi suatu skincare di kulit kamu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below