Kaleidoskop 2019: Peristiwa Penting Sepanjang Tahun


  • Kaleidoskop 2019: Peristiwa Penting Sepanjang Tahun
    Kilas balik peristiwa penting dan memorable sepanjang tahun 2019 di Kaleidoskop 2019. (Foto: Berbagaisumber/@karllagerfeld/@stephaniepoetri/@DiscoverLosAngeles)


    Kaleidoskop 2019: Merunut kilas balik satu tahun penuh memori. Dari mulai gerakan peduli lingkungan di dunia mode, produk kecantikan yang juga anti-polusi hingga aksi melawan asap, dan kontroversial RUU KUHP. 

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah peristiwa dan momen penting sepanjang 2019: 



    (Baca juga: Yang Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2019) 


    FASHION


    PEDULI LINGKUNGAN


    (Gisele Bundchen dalam busana Dior ramah lingkungan. Foto: Dok/Dior) 


    Green Carpet Fashion Awards adalah sebuah ajang yang diadakan sebagai bentuk selebrasi terhadap komitmen rumah mode kepada sustainability sekaligus jadi ajang unjuk inovasi dan craftsmanship rantai pemasok mode Italia. Piala yang diberikan kepada pemenang pun dibuat dengan bahan yang ramah lingkungan. Chopard selaku label yang bertugas untuk membuat piala tersebut, menggunakan perpaduan fair mined-certified ethical gold, aluminium dan thermoformed glass untuk membuatnya. Tahun ini, acara tersebut kembali diadakan untuk ketiga kalinya di Italia dan dihadiri oleh deretan tokoh penting dunia fashion. Mulai dari Direktur Kreatif Valentino Pierpaolo Piccioli, pengusaha sekaligus influencer Olivia Palermo, serta model Adut Akech dan Pixie Geldof.



    FASHION DESIGNERS IN MEMORIAM


    (Karl Lagerfeld. Foto: Dok/instagram/@karllagerfeld) 


    Karl Lagerfeld (1933-2019)

    Sophia Kokosalaki (1971-2019)

    Chris March (1963-2019)

    Isabel Toledo (1960-2019)

    Gloria Vanderbilt (1924-2019)

    Max Azria (1949-2019)


    MADE IN USA

    Rumah mode Louis Vuitton telah membuka workshop ketiganya di Amerika Serikat. Berlokasi di sebuah kota kecil bernama Keene di Texas, pabrik ini diberi nama Louis Vuitton Rochambeau Ranch dan memiliki luas hingga 256 hektar. Label terbesar yang bernaung di bawah perusahaan LVMH tersebut membuka pabrik ini guna memenuhi permintaan konsumen di pasar Amerika yang terus tumbuh. 


    BEAUTY



    Zero Waste Beauty 


    Aksi menyelamatkan bumi juga ditekuni industri kecantikan dunia sepanjang tahun ini. Terbukti dari ramainya beberapa label seperti Lush, Ethique, RMS Beauty, Youth To The People, Croon, The Yellow Bird, serta Meow Meow Tweet yang mulai menganut konsep zero waste. Mereka menawarkan produk dan kemasan yang dapat didaur ulang, dijadikan kompos, serta bersifat biodegradable. Tak heran jika kini banyak orang yang beralih ke sabun dan sampo batang hingga membuat produk perawatan kulit DIY yang dapat disimpan untuk digunakan secara berkala demi mengurangi sampah plastik. Salute!


    Produk Kecantikan Anti-polusi


    Polusi memang tidak tampak, namun ia adalah salah satu musuh terbesar kulit wajah. Tingkat pencemarannya yang begitu tinggi, khususnya di ibu kota, membuat label skincare dan kosmetik dunia dan lokal menghadirkan produk dengan formula anti-pollution. Sebagian besar bahan yang dipilih mengandung antioksidan tinggi, kaya akan pelembap, serta SPF yang bertugas melindungi kulit dari tanda penuaan dini, hiperpigmentasi, dan risiko inflamasi. 


    Drama beauty blogger AS



    Jika kamu mengikuti kehidupan beauty influencer internasional, pasti ingat dengan kisah perseteruan antara James Charles dan Tati Westbrook. Bermula dari video yang diunggah Tati di YouTube berisi ungkapan kekecewaannya terhadap sikap James yang dianggap mengkhianati persahabatan mereka. Hal ini dikarenakan James mempromosikan Sugar Bear Hair saat menghadiri festival musik yang merupakan saingan terbesar label hair care milik Tati yaitu Halo Beauty. Ternyata, curahan hati pemilik akun @GlamLifeGuru ini cukup kontroversial yang akhirnya membuat James menjadi public enemy. Namun, keadaan semakin “menggila” setelah James mengunggah video pembelaannya yang menarik simpati dari warganet. 


    The Rising of Local Beauty Brands


    (Rossa Makeup. Foto: Dok/rossamakeup) 


    Keberadaan brand kecantikan lokal semakin bersinar tahun ini. Tak hanya menghadirkan rangkaian yang lebih luas, mereka juga meningkatkan kualitas sehingga formulanya tidak kalah dari buatan internasional. Terlebih lagi, label lokal juga menyuguhkan produk yang lebih “akrab” dalam menjawab kebutuhan dan kondisi kulit perempuan Indonesia. Contohnya, foundation shades yang sesuai dengan tona kulit, bersifat multifungsi sehingga praktis digunakan, hingga rangkaian yang memberikan solusi untuk permasalahan utama kulit, yaitu jerawat.


    Maximizer Cotton


    Hadirnya kapas inovatif ini seakan membawa keajaiban di dunia skincare. Sebagai brand yang dikategorikan sebagai pionir, Silcot melansir Maximizer Cotton dengan teknologi micro sponge yang mampu menyerap liquid skincare dua kali lebih maksimal dan efisien daripada kapas kecantikan biasa. Selain mendukung penetrasi skincare lebih optimal ke dalam kulit, kapas ini bisa dibagi menjadi dua dan dijadikan sebagai masker di bawah mata karena kondisinya yang tidak mudah mengering. Pemakaian produk jadi lebih hemat, bukan?



    FEATURES & LIFESTYLE


    Melawan Asap


    Pada September lalu, wilayah Kalimantan, Pekanbaru, Riau, Sumatra, dan Palangkaraya dilanda kabut asap tebal akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kian parah. Dalam sepekan, sekitar 110 hektare lahan gambut terbakar di Kelurahan Petung dan Desa Giripurwa, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Panajam Paser merupakan daerah yang akan jadi ibu kota baru. Kasus ini hanyalah salah satu dari banyak kasus kebakaran lainnya. Bahkan ini bisa dibilang terparah dari kebakaran empat tahun silam yakni pada 2015.

     Peristiwa ini pun ramai dibicarakan di media sosial dengan diikuti tagar #MelawanAsap sehingga mendorong banyaknya aksi donasi, seperti masker N95 dan vitamin, bagi para korban. Presiden Jokowi akhirnya menetapkan status siaga darurat agar proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan semakin masif. TNI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun bekerja sama untuk membuat hujan buatan dalam jumlah besar.

    Moda Transportasi Baru


    (MRT Jakarta. Foto: Dok/MrtJakarta) 


    Usai diresmikan pada akhir Maret di Jakarta, MRT atau Mass Rapid Transport jadi salah satu moda transportasi paling diminati. Saat ini, ada 13 stasiun yang sudah beroperasi yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, ASEAN, Senayan, Istora Mandiri, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI. Namun, pembangunan masih terus dilanjutkan hingga fase II (Sarinah-Monas-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Glodok-Kota) dan fase III (Kalideres-Ujung Menteng). Selain MRT, moda transportasi lain yang tengah dibangun adalah LRT (Light Rail Transport). Dibuat sebagai transportasi alternatif bus, kereta yang diimpor dari Korea ini dikabarkan bisa mulai dipakai pada 2021.


    RUU Kontroversial


    Menjelang akhir masa jabatan DPR/MPR, rakyat dikejutkan dengan sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) yang cukup kontroversial. Beberapa di antaranya adalah RKUHP, RUU Pertanahan, RUU Minerba, dan RUU Ketenagakerjaan. Penolakan terhadap RUU ini masif disuarakan di sejumlah daerah, khususnya dari kalangan mahasiswa, hingga melancarkan aksi demo di depan gedung DPR/MPR pada akhir September lalu.

    (Baca juga: Mengulik Fakta Draf RKUHP yang Berbahaya) 


    Food Trends


    (Cheese Tea. Foto: Dok/DiscoverLosAngeles) 


    Cheese tea menjamur dengan cepatnya di Asia, tak terkecuali Indonesia. Seperti namanya, cheese tea adalah perpaduan keju yang gurih dan teh yang manis, rasanya pun beraneka ragam seperti Taro Cheese Tea hingga Matcha Cheese Tea. Satu lagi minuman asal Taiwan yang jadi tren adalah Boba! Berbentuk hitam, bulat, dan manis, boba merupakan olahan tepung tapioka dan gula. Teksturnya yang kenyal benar-benar terasa nikmat di mulut. Saking viralnya, boba tak hanya jadi pelengkap minuman, tapi bisa dipadukan dengan roti, pancake, hingga mi dan pizza.

    (Baca juga: 9 Makanan dan Minuman yang Populer dan Disukai di 2019) 


    The Royal Prince

    Duchess of Sussex melahirkan anak pertamanya dengan Pangeran Harry di usia kehamilan 41 minggu. Diberi nama Archie Harrison, bayi yang berada di urutan ke-7 takhta Inggris ini dilahirkan pada 6 Mei 2019 dengan berat 3,3 kg. Meski dikabarkan lahir di kediaman Meghan dan Harry, yakni Frogmore Cottage, berdasarkan dokumen resmi akta, Archie nyatanya dilahirkan di rumah sakit Portland di Westminster.


    Good Guy Have It All

    Majalah People berikan penghargaan “Sexiest Man Alive” pada musisi John Legend. Ia memang dikenal dengan lagu-lagu romantisnya, namun yang membuat John berbeda dari para pendahulunya adalah kepiawaiannya menjadi figur ayah dan suami. John tak pernah malu menunjukkan rasa cintanya pada sang istri, Chrissy Teigen, di depan publik hingga sukses menarik perhatian warganet.


    Pasangan yang Menikah

    Jennifer Lawrence & Cooke Maroney

    Ellie Goulding & Caspar Jopling

    Chris Pratt & Katherine Schwarzenegger

    Sophie Turner & Joe Jonas

    Hailey Baldwin & Justin Bieber


    Pasangan yang Putus/Pisah

    Miley Cyrus & Liam Hemsworth

    Bradley Cooper & Irina Shayk

    Zooey Deschanel & Jacob Pechenik


    Pemilu 2019


    Tahun ini, pemilihan umum untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan serentak bersama pemilihan umum legislatif pada 17 April 2019. Hasilnya, pasangan Joko Widodo-Ma’aruf Amin menang dengan perolehan suara 55,50% diikuti oleh Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan 44,50% suara.


    Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI masa Jabatan 2019 – 2024

    Dilaksanakan pada 10 Oktober 2019 di Gedung MPR/DPR/DPD RI Senayan, peristiwa besar ini turut dihadiri oleh 17 kepala negara, di antaranya adalah Sultan Brunei Darussalam, Perdana Menteri Malaysia, Singapura, dan Australia, serta Wakil Presiden China. Selain itu, hadir pula 168 Duta Besar negara-negara tetangga sekaligus tokoh-tokoh Nasional yang menjadikan momen ini jadi salah satu peristiwa besar yang mencuri perhatian dunia sehingga sempat jadi berita penting di beberapa negara.


    Pembentukan Kabinet Indonesia Maju


    (Kabinet Indonesia Maju 2019. Foto: Dok/instagram/@jokowi) 


    Selepas menjabat kembali sebagai Presiden Republik Indonesia, Jokowi kembali garap susunan kabinet terbaru yang diberi nama Kabinet Indonesia Maju. Masyarakat cukup dibuat terkejut akan hadirnya beberapa persona non-politik dan pemerintahan yang berhasil diangkat menjadi menteri. Sebut saja Nadiem Makarim, CEO Go-Jek yang kini dipercaya menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Wishnutama Kusubandio yang dikenal melalui sepak terjangnya di dunia stasiun televisi dan kini dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

    (Baca juga: 5 Menteri Perempuan di Kabinet Indonesia Maju Jokowi) 



    iPhone 11

    iPhone kembali hebohkan penggemar gadget di seluruh dunia. Pasalnya, untuk pertama kalinya mereka mengeluarkan handphone dengan tiga kamera pada seri Pro dan Pro Max. Tak hanya menarik dari segi jumlah, tapi ia juga catchy dari segi visual. Tertata dalam sebuah persegi empat yang unik dan anti-mainstream, tiga kamera ini lekas jadi daya tarik dan paling jadi alasan kenapa iPhone 11 sangat diburu tahun ini.


    [Boks]

    Kepergian Tokoh

    - Ani Yudhoyono (1 Juni)

    - Arswendo Atmowiloto (19 Juli)

    - B.J Habibie (11 September)

    - Sulli (14 Oktober)


    I Love You 3000


    (Stephanie Poetri. Foto: Dok/instagram/@stephaniepoetri)


    Sepotong kalimat cinta yang diberikan oleh Tony Stark pada anak perempuannya dalam film Avengers: Endgame tiba-tiba jadi viral. Saking viralnya, bahkan Stephanie Poetri, anak Diva Indonesia, Titi DJ, khusus membuat dan menyanyikan lagu yang diberi judul serupa. Tak hanya itu, kata-kata ‘I Love You 3000’ juga jadi sangat populer lantaran momen Tony Stark wafat dalam Endgame sehingga berhasil menghancurkan hati para penggemarnya pada awal tahun 2019.

    (Baca juga: Stephanie Poetri Raih 'Best New Asian Artist' MAMA 2019) 


    Jagat Sinema Bumi Langit


    (Para pemeran Jagat Sinema Bumilangit. Foto: Dok/ScreenplayFilms) 


    Seperti halnya Marvel Universe yang punya sekumpulan pahlawan pembela keadilan, Avengers, Indonesia juga tak mau kalah dengan membuat Jagat Bumi Langit yang digawangi oleh sutradara kenamaan, Joko Anwar. Diisi oleh nama-nama besar seperti Pevita Pearce, Dian Sastrowardoyo, Chelsea Islan, Abimana Aryasatya, Asmara Abigail, sampai Kelly Tandiono, pahlawan super khas Indonesia yang diangkat dari komik lokal ini diharapkan bisa membesarkan layar kaca tanah air. Tokoh-tokoh seperti Gundala, Si Buta dari Goa Hantu, Sri Asih, Godam, Aquanus, dan Tira akan siap disaksikan beberapa tahun ke depan.

    (Baca juga: Deretan Aktor dan Perannya di Jagat Sinema Bumilangit) 


    [Boks]

    Big by the Character

    - Joaqin Phoenix (Joker)

    - Abimana Aryasatya (Gundala)

    - Pevita Pearce (Sri Asih)


    Most Talked-About Movies

    - Avengers : Endgame (April)

    - Gundala (Agustus)

    - Midsommar (September)

    - Joker (Oktober)


    2019 Biggest Issues

    - Green Living: Reduce – Reuse – Recycle

    - No plastic straw

    - Tumbler

    - Zero waste

    - Food waste

    - Mental health


    (Teks: Laporan tim Herworld Indonesia) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below