9 Makanan & Minuman yang Populer dan Disukai Di 2019


  • 9 Makanan & Minuman yang Populer dan Disukai Di 2019
    Aneka makanan dan minuman hits sepanjang tahun 2019(Foto:Dok.DiscoverLosAngeles)


    Tahun ini, dunia kuliner diramaikan dengan banyak kejutan makanan dan juga minuman yang menggoyang lidah. Sebut saja seperti olahan daging ayam atau sapi yang disertai sambal matah, atau tren minuman cheese tea dan boba. Siapa yang tak mencobanya akhir-akhir ini?

    Aneka makanan ini mencuri perhatian publik dan tak lepas juga akan pro dan kontra. Ada yang menyukainya berlebihan, tapi ada juga yang mengkhawatirkan efek sampingnya terhadap kesehatan.



    Namun, meski demikian, makanan-makanan hit dan populer di sepanjang 2019 ini memang patut dicoba. Setidaknya sekali dalam seumur hidup. Apa saja? Berikut beberapa diantaranya. 

    (Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Makan Baru dan Hits di Jakarta)


    1. Boba


    (Boba jadi topping favorit untuk minuman dan makanan.Foto:Dok/texasurj)


    Sudah ada sejak dulu, boba kini jadi menu hits di tahun 2019. Berada di salah satu menu topping favorit, kuliner asal Taiwan ini hadir diberbagai makanan dan minuman, seperti teh, susu, kopi, pancake dan bahkan indomie. Bentuknya yang bulat dengan ukuran kecil dan besar, makanan yang satu ini terbuat dari campuran tepung yang terbuat dari singkong atau dikenal dengan sebutan tepung tapioka, gula merah dan air panas. Untuk membuatnya manis, biasanya boba direndam dengan air gula atau madu.


    2. Cheese Tea


    (Minuman cheese tea jadi favorit.Foto:Dok/Eater)


    Cheese Tea merupakan minuman teh yang dicampur dengan krim keju yang manis. Meski sudah lahir dari dua tahun lalu, minuman ini mulai hits di tahun 2019 dengan rasa yang lebih variatif. Cheese tea jadi minuman asal Taiwan yang diracik dari teh hitam atau hijau. Namun dengan seiring perkembangan waktu, cheese tea kini bertambah menu seperti susu, dan kopi.

    (Baca Juga: Jajanan Kekinian yang Bisa Disajikan di Pernikahan)


    3. Sambal Matah


    (Ragam makanan dengan sambal matah.Foto:Dok/Sogood)


    Berasal dari Bali, sambal matah jadi topping favorit yang hampir ada di setiap menu makanan saat ini. Dari mulai daging, ayam, hingga mie pun dihidangkan dengan sambal yang satu ini. Terbuat dari potongan bawang, cabai dan daun jeruk, rasanya tak hanya pedas tapi buat siapapun jadi ketagihan. 


    4. Salted Egg


    (Aneka sajian yang ditawarkan dengan saos salted egg.Foto:Dok/UnivelerFoodSolution)


    Siapa yang tak pernah mencicipi menu dengan bumbu salted egg? Berasal dari negara China, racikannya pasti tak terlepas dari telur asin dan tambahan susu, margarin dan lainnya. Di tahun 2019 ini, ragam makanan dari mulai ayam, daging hingga kripik telah mencoba diolah menggunakan salted egg dan menjadi favorit di lidah masyarakat Indonesia.

    (Baca Juga: 7 Jajanan Tempo Dulu yang Populer Hingga Saat Ini)


    5. Kopi


    (Kopi jadi menu favorit di tahun 2019.Foto:Dok.Chevanon Photo/Pexels)


    Jadi minuman favorit di pagi dan sore hari kopi jadi minuman yang hits saat ini. Dengan rasanya yang beragam, dari mulai kopi murni hingga dicampur dengan susu, esktrak pandan dan lainnya, minuman ini membuat cita rasa di dunia perkopian. Dipopulerkan oleh orang Arab, saat ini banyak pula kedai kopi yang bisa ditemui sejauh melintasi berbagai daerah di Indonesia.


    6. Brown Sugar


    (Brown sugar untuk pengganti gula.Foto:Dok/Bukalapak)


    Brown sugar tak hanya manis, tapi juga solusi untuk penggunaan gula pasir. Rasanya yang legit, buat minuman dan makanan, seperti kopi, pisang, teh dan lainnya terasa lebih nikmat dan lezat. Brown sugar ini terbuat dari ekstrak tebu dan ditambah dengan sirup molase kemudian diracik ke dalam olahan kuliner saat ini. 


    7. Tahu Kriuk


    (Aneka menu tahu kriuk.Foto:Dok/YouTube)


    Beragam jajanan tahu, seperti tahu gejrot, tahu Sumedang, tahu isi sudah jadi tawaran biasa. Yang baru di tahun 2019 dan banyak digemari adalah tahu kriuk dengan sensasi krispy yang buat siapapun ketagihan. Tahu sendiri berasal dari Tiongkok yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Kemudian seiring berkembangnya jaman, makanan yang satu ini mulai bereksperimen dan jadi camilan favorit di sore hari.

    (Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Pizza Favorit di Jakarta)


    8. Fluffy Pancake


    (Pancake Nikmat dengan tekstur yang fluffy.Foto:Dok.Hafizah Rana/Her World Indonesia)


    Pancake jajanan kuliner yang berasal dari negara Eropa. Biasanya, olahan tepung dan telur ini disajikan saat pagi hari sebagai menu sarapan sebelum mulai beraktivitas. Namun, dengan seiring perkembangan jaman, pancake mulai berkembang dari segi bentuk hingga ketebalan. Di tahun 2019 ini, fluffy pancake muncul dengan teksturnya yang empuk dan terasa legit ketika digigit. Inspirasi makanan ini berawal dari kota restoran di Jepang yang dipadati antrian hanya untuk bisa menikmati makanan yang satu ini. Kemudian berbagai negara mulai mencoba menawarkan menu ini di gerai makanan. Dengan proses pembuatan yang berbeda, stock yang dimiliki pun tak banyak, oleh karenanya, banyak orang yang masih menanti untuk makanan yang satu ini.


    9. Healthy Food


    (Makanan sehat jadi favorit di tahun 2019.Foto:Dok/Pexels)

    Siapa bilang makanan sehat tidak disukai? Di tahun 2019, jajanan sehat jadi salah satu makanan yang paling banyak diminati. Mulai dari menu box cathering dengan takaran karbohidrat sesuai kebutuhan tubuh hingga aneka menu yang dibuat dengan olahan shirataki. Rasanya pula nikmat dengan bumbu olahan yang sehat tanpa pengawet, sehingga bagi yang sedang menjalani diet, tetap bisa menikmati makanan enak di waktu kapanpun.

    Dari banyaknya makanan dan minuman hits sepanjang tahun 2019, manakah yang jadi favorit?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below