Sex & relationship

6 Pertanyaan Ini Wajib Kamu Tanya Sebelum Menikah

By : Vanessa Masli - 2023-08-30 18:00:01 6 Pertanyaan Ini Wajib Kamu Tanya Sebelum Menikah

Mungkin obrolan seputar pernikahan dengan teman-teman sekolah sudah perlahan mulai jadi realita ketika kamu bertemu seseorang dan menjalin hubungan dengannya. Jadi, hubungan paling serius saat kalian berdua memutuskan untuk membangun bahtera rumah tangga bersama.


Namun, tentu pernikahan enggak hanya sebatas berpesta atau jalan ke pelaminan, tapi ada banyak lika-liku rumah tangga yang nantinya harus dihadapi bersama. Nah, biar kamu enggak ada rasa ragu saat melangkah ke pelaminan dan menjalani hidup bersamanya, Her World sudah merangkum beberapa pertanyaan yang wajib ditanya ke pasanganmu sebelum menikah.


1. Hidup seperti apa yang ingin dijalani di masa depan?


Kamu setidaknya jadi punya gambaran apakah visi kehidupanmu selaras dengannya. Sebab, cara ini membantu kalian berdua untuk membangun kehidupan rumah tangga bersama. Sebaliknya, kamu juga perlu membagikan gambaran hidup seperti apa yang ingin kamu jalani agar dia pun tahu. Kalau enggak selaras, setidaknya kalian saling tahu bagaimana bisa menyatukan visi tersebut.


2. Makna keluarga dalam hidupnya?


Pertanyaan ini membantu kamu tahu apakah keluarga akan menjadi prioritas calon suamimu. Mulai dari hubungannya dengan keluarga hingga pandangannya tentang keluarga seperti apa juga membantu untuk ketahui peran masing-masing dalam rumah tangga yang akan kalian berdua bangun bersama.


3. Bagaimana cara orang lain bisa membantu saat dia alami stres?


Bersama saat senang maupun susah jadi salah satu janji yang diucapkan saat menikahi satu sama lain. Namun, penting untuk bisa tahu bagaimana membantunya dalam keadaan susah, termasuk saat dia dilanda stres akibat pekerjaan atau hal-hal lain dalam hidup. Pertanyaan penting kamu tanyakan agar bisa membantunya untuk mengelola stres yang dialami dengan cara yang benar.



(Pastikan kamu dan dia siap untuk hidup bersama. Foto: Dok, Anastasia Shuraeva/Pexels)


(Baca Juga: Jangan Takut Berhubungan Seks Waktu Hamil! Ini 5 Manfaatnya)


4. Apakah dia ingin memiliki anak?


Tak semua orang menikah dengan orientasi untuk memiliki keturunan sehingga penting untuk mengetahui apakah pasanganmu ingin punya anak atau enggak. Dengan ini, kalian berdua bisa mengambil keputusan lebih pasti mengenai pernikahan tersebut. Mungkin kamu enggak mau, tapi dia mau atau sebaliknya, semua bisa terbuka sebelum mengucapkan janji pernikahan.


5. Bagaimana cara dia ingin membesarkan anak?


Penting untuk bisa menyelaraskan bagaimana cara kalian membangun sebuah keluarga, termasuk membesarkan anak. Dengan membahas seputar cara membesarkan anak ini kamu dan dia jadi saling tahu pola asuh satu sama lain, plus apakah kalian bisa sama-sama belajar untuk membesarkan anak bersama.


6. Bagaimana kamu dan dia akan mengelola keuangan?


Banyak hal yang akan dibagi dalam sebuah hubungan, termasuk urusan keuangan. Jadi, penting untuk membahas seputar keuangan sehingga kalian bisa paham bagaimana bisa membangun sekaligus menjaga kondisi keuangan keluarga. Untuk menghindari konflik rumah tangga yang diakibatkan urusan finansial, ada baiknya kamu membahas ini dari awal bersamanya.


(Baca Juga: Memahami Trust Issue dan Apa Penyebabnya?)


Itu dia beberapa pertanyaan yang wajib kamu tanyakan kepada pasanganmu sebelum menikah.



Sex & relationship