Sex & relationship

Jangan Takut Berhubungan Seks Waktu Hamil! Ini 5 Manfaatnya

By : Her World Indonesia - 2023-08-29 20:00:02 Jangan Takut Berhubungan Seks Waktu Hamil! Ini 5 Manfaatnya

Ada mitos yang beredar di masyarakat bahwa melakukan hubungan seks pada saat hamil akan membuat kandungannya keguguran. Padahal, hal ini salah besar! Justru sebaliknya, melakukan sexual intercourse pada saat hamil memiliki banyak manfaat yang bisa membantu sang ibu.


Agar tidak simpang siur, Her World telah merangkum lima manfaat melakukan hubungan seks pada saat hamil. Yuk, simak pembahasannya!


1. Meningkatkan orgasme

Pada saat hamil, bagian-bagian intim wanita menjadi lebih sensitif. Hal ini disebabkan oleh terjadinya peningkatan pada aliran darah yang menuju ke organ-organ reproduksi. Ditambah lagi oleh peningkatan pada hormon progesteron, estrogen, dan oksitosin yang dapat membuat wanita lebih bergairah saat melakukan hubungan seks. Alhasil, kualitas orgasme pun jadi lebih meningkat.


(Baca Juga: Ini Dia 7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil)


2. Memperkuat otot panggul

Otot dasar panggul pada wanita memiliki peran krusial untuk proses persalinan nanti. Oleh karena itu, penting untuk memperkuat otot ini sambil menunggu hari kelahiran. Nah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa seks waktu hamil dapat meningkatkan orgasme. Kemudian, orgasme akan meningkatkan kontraksi di dasar panggul ibu hamil, yang bisa membantu memperkuat otot yang dibutuhkan saat persalinan dan pemulihan setelah melahirkan.


3. Melancarkan peredaran darah

Pada saat hamil, suplai darah akan naik hingga dua kali lipat agar janin dapat tumbuh dan berkmbang selama di kandungan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa peredaran darah tidak terhambat. Salah satu cara yang bisa dilakukan perihal ini adalah dengan melakukan hubungan seks karena dapat membantu tubuh melancarkan peredaran darah, serta menambah pasokan oksigen dan nutrisi pada janin.



(Berhubungan seks pada saat hamil banyak manfaatnya. Foto: Dok. ivan samkov/pexels)

4. Cegah komplikasi

Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa sering melakukan hubungan seks bisa membantu mencegah preeklampsia. Hal ini diyakini karena protein yang ditemukan dalam sperma bisa membantu meregulasi sistem kekebalan tubuh. Namun, karena penyebab preeklampsia masih sulit terdeteksi, ibu hamil dianjurkan untuk teta[ rutin memeriksakan kandungan ke tenaga medis profesional. 


(Baca Juga: 5 Posisi Berhubungan Seks agar Lebih Cepat Hamil)


5. Meningkatkan kebahagiaan

Harus diakui bahwa ibu hamil cukup rentan terhadap perasaan cemas dan stres. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan hubungan seks. Pasalnya, berhubungan seks saat hamil, apalagi jika bisa mencapai orgasme akan melepaskan hormon endorfin yang mampu membantu ibu hamil merasa bahagia dan rileks. Selain itu, meningkatnya hormon oksitosin yang muncul saat orgasme juga dapat meningkatkan rasa cinta dan kehangatan.


Berikut lima manfaat melakukan hubungan seks pada saat hamil. Menarik bukan? Jadi jangan takut untuk melakukan hubungan seks waktu sedang hamil, ya! Manfaatnya akan sangat sayang apabila dilewatkan.



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)

Sex & relationship