Sex & relationship

Memahami Trust Issue dan Apa Penyebabnya?

By : Her World Indonesia - 2023-07-28 20:00:01 Memahami Trust Issue dan Apa Penyebabnya?

Trust issue adalah istilah untuk menggambarkan rasa sulit percaya kepada orang lain secara berlebihan dan tidak memiliki dasar yang rasional. Dewasa ini, trust issue menjadi masalah yang cukup sering ditemui dan dapat berdampak negatif pada kehidupan kita.


Masalah ini bisa membuat seseorang sulit untuk menikmati hidup, menjalin pertemanan, atau bahkan mempertahankan pekerjaan. Hal ini disebabkan karena seseorang dengan trust issue selalu merasa takut disakiti atau dikhianati tanpa alasan yang jelas.


Mereka mungkin juga mengalami kesulitan untuk mempercayai penilaian atau pendapat mereka sendiri, karena seseorang dengan trust issue seringkali merasa bahwa mereka selalu dibohongi atau dimanipulasi oleh orang lain.


Meski pada dasarnya rasa tidak percaya terhadap orang lain merupakan hal yang wajar karena sebagai manusia kita juga tidak boleh naif. Namun, jika rasa tidak percaya itu terjadi secara terus menerus dan mulai mempengaruhi kualitas hidup hingga menghambat aktivitas sehari-hari, maka kamu harus mulai menganggapnya sebagai gejala dari trust issue.


Kemudian, agar dapat menangani permasalahan ini, kamu harus mengetahui penyebab dari timbulnya rasa sulit percaya berlebihan tersebut pada dirimu. Untuk itu, mari kita simak pembahasan berikut ini!


(Baca Juga: Apa Itu Red Flag dalam Hubungan? Kenali Jenis-Jenisnya!)


Penyebab Trust Issue



(Trust Issue dapat menggaggu keseharian kita. Foto: Dok. liza summer/pexels)

Apakah kamu memiliki pengalaman buruk di masa lalu yang membuatmu merasa bahwa orang lain tidak dapat dipercaya? Atau apakah kamu hanya takut disakiti? Setiap orang memiliki kisah traumatiknya masing-masing yang bisa menjadi penyebab timbulnya trust issue pada dirinya. Namun secara garis besar, trust issue biasanya disebabkan oleh pengkhianatan dan pengalaman traumatis di masa lampau.


Pernah dikhianati oleh orang yang dipercaya tentunya akan berdampak besar pada psikologis seorang manusia. Bentuk pengkhianatan bisa berbeda-beda, bisa jadi perselingkuhan, perlakuan tidak adil, atau kebohongan besar. Ditambah, pengkhianatan tak jarang disertai dengan manipulasi hingga kekerasan. Apapun itu, pengalaman tersebut tentu begitu menyakitkan sehingga membuat seseorang sulit mempercayai pasangan atau relasi barunya di kemudian hari.


Memiliki pengalaman mengerikan di masa lalu seperti kecelakaan, kehilangan orang tersayang, dan terutama menjadi korban kekerasan tentunya bisa menyebabkan seseorang memiliki ketakutan berlebih akan mengalami rasa sakit yang sama. Apalagi jika pengalaman mengerikan tersebut terjadi pada ruang lingkup personal, seperti keluarga atau hubungan kekasih. Maka hal ini dapat menimbulkan trauma yang sangat mendalam dan sulit untuk dilupakan.


(Baca Juga: Cara Menghilangkan Trauma Sakit Hati)


Berikut penjelasan mengenai trust issue dan penyebabnya yang telah dirangkum oleh Her World. Jika kamu merasa memiliki trust issue dan masih kesulitan untuk menghadapinya, jangan ragu dan malu untuk berkonsultasi pada psikolog atau psikiater, ya



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Sex & relationship