Life & health

4 Jenis Teh Yang Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan

By : Her World Indonesia - 2023-10-25 15:00:01 4 Jenis Teh Yang Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan

Terdapat beberapa cara untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan melakukan olahraga. Namun, kamu juga bisa, loh, menurunkan berat badan dengan meminum teh. Terdapat beberapa jenis teh yang dipercaya dapat menurunkan berat badan. Ada jenis teh apa saja? Yuk, disimak!


(Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Diet)


1. Teh hijau


(Teh hijau. Foto: Dok. Tamara Schipchinskaya/Unsplash)

Mungkin banyak di antara kamu yang sudah mengetahui mengenai manfaat teh ini untuk menurunkan berat badan. Teh hijau ini memiliki kandungan antioksidan dan kafein yang sangat berguna dalam membantu proses diet kamu. Jika kamu mengonsumsi teh hijau dalam waktu yang lama, maka kandungan teh ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh kamu. 


2. Teh oolong


(Teh oolong. Foto: Dok. Jose Esquivel/Pexels)

Jenis teh lainnya yang dapat kamu konsumsi untuk menurunkan berat badan adalah teh oolong. Teh oolong telah dipercaya oleh banyak peneliti dapat membantu proses menurunkan berat badan. Kandungan kafein dan polifenol pada teh oolong dapat meningkatkan metabolisme tubuh dalam membantu proses diet kamu. 


Teh tradisional asal China ini dapat menghasilkan efek panas di mana dapat menekan pembentukan lemak baru di dalam tubuh seseorang. Efek ini juga dikenal dengan nama thermogenesis. 


(Baca Juga: Diet Water Fasting Dan Cara Melakukannya Dengan Benar)


3. Teh hitam


(Teh hitam. Foto: Dok. Almada Studio/Pexels)

Teh hitam terbuat dari proses oksidasi yang lebih lama dibandingkan jenis teh lainnya. Proses oksidasi inilah yang membuat warna teh ini menjadi hitam. Teh jenis ini mengandung flavonoid yang dipercaya dapat menurunkan lemak visceral serta kadar trigliserida dalam tubuh seseorang. Bagi kamu yang belum tahu, flavonoid adalah antioksidan yang terkadung di setiap jenis teh.


Selain itu, kalori yang terdapat di teh hitam sangatlah rendah, sekitar 2 kalori per cangkir. Akan tetapi, bila teh hitam telah dicampur dengan bahan-bahan lain seperti susu, maka angka kalorinya pun akan naik.


4. Teh pu-erh


(Teh pu-erh. Foto: Dok. petr sidorov/Unsplash)

Memiliki aroma yang sangat kuat dibandingkan dengan jenis teh lainnya, teh pu-erh dipercaya dapat membantu dalam proses diet. Teh hasil fermentasi ini juga mengandung banyak probiotik yang berguna dalam membantu proses pencernaan dan mejaga kestabilan gula darah.


Berdasarkan beberapa penelitian, gula darah yang stabil dapat membantu seseorang dalam mengontrol dirinya dari keinginan untuk terus mengonsumsi makanan. Secara tidak langsung, hal ini dapat membantu kamu dalam proses menurunkan berat badan.


(Baca Juga: Begini Cara Diet OCD Yang Efektif Untuk Pemula)


Itu dia beberapa jenis teh yang bagus untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, kamu tidak bisa hanya bergantung dari minum teh saja dalam proses menurunkan berat badan. Kamu juga butuh mengimbanginya dengan olahraga teratur dan tetap menjaga pola makan yang sehat. 


(Penulis: Romy Boy)

Life & health