Diet Water Fasting Dan Cara Melakukannya Dengan Benar


  • Diet Water Fasting Dan Cara Melakukannya Dengan Benar
    Mengenal water wating dan tata cara dietnya. (Foto: Dok. Daria Shevtsova/pexels)

    Siapa yang tidak mau memilliki bentuk tubuh ideal? Bentuk tubuh yang ideal menjadi impian semua kaum wanita, hal ini membuat banyak orang berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal tersebut. Namun, untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal pastinya membutuhkan usaha keras, disiplin yang ketat dan harus dilakukan secara rutin.




    Salah satu cara untuk mendapatkan body goals yang kamu inginkan ini, selain berolahraga, kamu juga bisa melakukan diet yang sesuai untuk tubuhmu. Ada berbagai jenis diet yang memiliki prosedur dan juga jenis makanan apa yang harus dominan untuk dikonsumsi oleh tubuhmu. Salah satunya adalah water fasting yang merupakan jenis diet yang cukup cepat dalam menurunkan berat badan yang mana pada diet ini didominasi oleh air putih. Fyi, diet ini juga dilakukan oleh salah satu soloist asal Korea Selatan, IU.


    (Baca Juga: Baekhyun Dan Sederet Artis Korea Ini Menjalani Diet)


    Mengenal diet Water Fasting

    Ini adalah jenis diet yang cukup ekstrim, di mana dalam satu hari kamu hanya boleh mengonsumsi air putih saja dan tidak boleh sama sekali mengonsumsi jenis makanan lainnya.


    Seharian tidak makan dan hanya mengonsumsi air putih saja, apa tidak membuat jatuh sakit? Jenis diet ini memang memerlukan tata cara yang benar agar tidak memberikan kamu efek samping, sehingga diet ini tidak boleh dilakukan dalam durasi waktu yang lama. Kamu hanya boleh lakukan diet ini dalam jangka waktu 24-72 jam saja dan harus berada di bawah pengawasan dokter.


    Jika diet ini dilakukan dengan benar, maka tak hanya mampu menurunkan berat badan kamu dengan manjur, tetapi juga bisa memberikan banyak manfaat yang baik untuk tubuh, seperti mencegah diabetes dan menurunkan tekanan darah. 


    Cara Melakukan Water Fasting

    (Cara melakukan water fasting dengan benar. Foto:Dok.Arnie Watkins/pexels)

    Water fasting bukanlah diet yang bisa dilakukan oleh semua orang, terutama untuk orang-orang yang mengidap penyakit diabetes, gangguan makan dan juga bagi yang sedang hamil. Seperti yang kamu ketahui, air putih memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, seperti terhindar dari dehidrasi, oleh sebab itu sering kali disampaikan terkait alangkah baiknya seseorang mengonsumsi 8 gelas air putih ataupun setara dengan 2 liter air.


    (Baca Juga: Efek Negatif Kurang Minum Air Putih Bagi Tubuh)


    Saat ingin melakukan water fasting, penting untukmu melakukan masa persiapan selama 3-4 hari untuk memenuhi gizi dan nutrisi penting sebelum melakukan water fasting. Saat hendak makan, makanlah dalam porsi yang sedikit ataupun mulai berpuasa setengah hari untuk menyesuaikan diri dengan situasi saat water fasting yang tidak mengonsumsi makanan apapun selama seharian.


    Saat memulai water fasting, minumlah air putih sebanyak 2 hingga 3 liter air perharinya. Meski pada awalnya mungkin akan sukit untukmu melakukan diet ini karena tidak bisa memakan apapun, namun ingatlah bahwa diet ini hanya dilakukan dalam 3 hari saja sehingga perlu untuk bersabar dan tekad agar kamu bisa dapatkan tubuh yang kamu inginkan.


    Melakukan diet ini selama 3 hari langsung dapat bentuk tubuh yang kamu mau? Tentu saja tidak secepat itu. Kamu perlu untuk melakukan water fasting ini secara berkala agar pencernaan kamu lancar, seperti 1 bulan sekali. Kamu bisa mengurangi berat badan dan disertai dengan berolahraga secara rutin, dengan itu kamu akan segera mendapatkan bentuk tubuhmu yang ideal.


    Bagi para pemula yang melakukan diet ini, perlu waktu untuk kamu melakukan adaptasi. Sedangkan untuk kamu yang sudah sering melakukan intermitten fasting, kamu akan lebih mudah untuk melakukan diet ini, karena jumlah makan seorang intermittent fasting yang lebih sedikit dengan waktu yang sudah ditetapkan membuatnya menjadi lebih disiplin mengikuti tatanan waktu yang diinginkan untuk mengonsumsi makanan.


    Saat seharian tidak makan dan hanya meminum air ini, orang yang pernah melakukan intermittent fasting tidak akan mudah merasa lapar dan lebih terbiasa akan hal tersebut. Orang yang tidak pernah melakukan intermittent fasting pasti akan lebih kesulitan menahan diri, dan harus melakukan persiapan sebelum diet dengan baik.


    (Baca Juga: 5 Fakta Diet Intermittent Fasting yang Harus Diketahui)


    Demikian informasi terkait apa itu water fasting dan cara melakukannya. Ingin mencoba diet ini? Pastikan kamu tidak melupakan informasi di atas, ya!


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below