6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Diet


  • 6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Diet
    Enam hal yang perlu dihindari saat diet. (Foto: Dok. Freepik)


    Setelah berulang kali mengikuti program penurunan badan, mulai dari mengganti pola makan, rutin berolahraga hingga menjalani diet, kamu tetap bisa merasa tidak ada perubahan yang berarti pada tubuh. Diet gagal tentunya merupakan hal yang menyebalkan. Pasalnya kamu membutuhkan usaha ekstra selama menjalani program diet. Namun, sudahkah kamu mencari tahu penyebab gagalnya diet?

    (Baca juga artikel: Tips dan Panduan Diet Sesuai Dengan Golongan Darahmu)



    Nah, penasaran apa saja penyebab diet belum kunjung berhasil? Yuk, simak enam hal yang yang perlu dihindari saat diet. 


    1. Memilih Program Diet yang Salah

    Sebelum menjalankan program diet, pastikan untuk mencari tahu lebih dulu diet apa yang cocok untuk kondisi tubuh. Biasanya, kebanyakan wanita memilih program diet yang ingin dijalani berdasarkan tren. Perlu diketahui, bahwa pola diet yang telah berhasil dilakukan oleh orang lain, belum tentu akan berhasil diterapkan untuk kamu. Untuk itu, sebelum memilih program diet, pastikan untuk melakukan riset dan berkonsultasi dengan pakarnya. 


    2. Melewatkan Sarapan

    Jujur saja, siapa yang memiliki alasan ‘diet’ untuk melewatkan sarapan? Padahal, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang yang melewatkan sarapan, berat badannya cenderung lebih gampang bertambah. Kebiasaan yang satu ini akan membuat kamu memilih porsi makan siang yang lebih banyak. 


    3. Terlalu Mementingkan Kardio

    Melakukan olahraga kardio sangat baik bagi tubuh. Selain menjaga kesehatan jantung, olahraga kardio juga meningkatkan metabolisme dan mengeluarkan keringat secara sehat (pastikan untuk beristirahat minimal satu hari). Namun, jangan telalu berlebih dalam melakukannya karena dapat menyebabkan timbulnya suatu masalah bagi tubuh.


    4. Lupa Memantau Berat Badan

    Saat diet, kamu tetap perlu memantau berat badan minimal setiap minggu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah diet yang dilakukan berpengaruh pada perubahan berat badan. Jika mengabaikan hal ini, kamu tidak akan tahu apakah diet yang sedang dijalani tepat atau tidak untuk dilakukan. 


    5. Belum Dilakukan Secara Maksimal

    Meskipun kamu merasa telah berusaha keras untuk menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Namun, kenapa berat badan tak kunjung berkurang? Bisa jadi karena selama ini kamu hanya fokus untuk melakukan diet makanan saja, tanpa memperhatikan faktor lain yang juga penting dalam program penurunan berat badan seperti olahraga. 

    (Baca juga artikel: 5 Fakta Diet Pesketarian Yang Wajib Diketahui)


    6. Stres dan Kurang Istirahat

    Stres dan kurang istirahat dapat menggagalkan diet. Alasannya karena saat stres dan kurangnya istirahat dapat menimbulkan hormon kortisol. Hormon kortisol inilah yang dapat meningkatkan kadar gula malalui mekanisme glukoneogenesis, menekan kerja sistem imun dan meningkatkan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.


    Agar diet dapat berjalan berhasil, jangan jadikan diet sebagai suatu beban yang berat. Lakukan diet dengan diimbangi oleh berbagai kegiatan sehat yang menyenangkan. Jangan terlalu cepat menyerah. Sebaik apapun diet yang dijalani, bila dilakukan secara sembarangan serta cepat menyerah, tentu selamanya diet kamu tidak akan berhasil. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below