Life & health

Punya Perut Buncit? Makanan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

By : Her World Indonesia - 2022-09-01 18:00:01 Punya Perut Buncit? Makanan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Perut buncit menjadi hal yang sangat dihiindari oleh semua orang, bukan hanya mengganggu penampilan dan percaya diri, kondisi ini juga kurang baik untuk tubuh. Penyebab dari perut buncit ini juga berbeda-beda, ada yang disebabkan karena banyaknya kandungan sodium sehingga menimbun air, ada juga yang disebabkan karena tumpukan lemak, dan masih banyak lagi. Tidak perlu khawatir bila kamu sudah terlanjur memiliki perut yang buncit, kamu masih bisa mengatur pola makan dengan menghindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan perut buncit.


Berikut ini Her World rangkumkan makanan yang dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Let’s take a look!

1. Makanan Kaleng

(Makanan kaleng dengan sodiun yang tinggi dapat menyebabkan perut buncit. Foto: Dok. freepik)


Makanan siap saji dengan kemasan kaleng pastinya sangat sering ditemui, bahkan menjadi salah satau alternatif terbaik karena dapat dengan mudah langsung disajikan. Meskipun memberikan keuntungan dari segi kepraktisan, ternyata makanan kaleng merupakan salah satu penyebab perut buncit. Hal ini dapat dilihat dari kadar sodium yang ada pada makanan kaleng sekitar 750 - 1100 miligram. Sodium yang terlalu banyak juga akan mengikat air dan menyimpannya dibagian perut. Jadi makanan kaleng sangat tidak direkomendasikan.


2. Gorengan

(Gorengan mengandung banyak lemak jenuh  Foto: Dok. jcomp/freepik)

Siapa yang tidak suka makanan yang satu ini, bukan hanya dimakan untuk lauk makan berat, gorengan juga sering sekali dijadikan santapan untuk cemilan. Dibalik rasanya yang gurih dan nikmat ini, ternyata gorengan merupakan salah satu makanan yang menyebabkan perut buncit Hal ini dikarenakan gorengan yang sudah melalui proses penggorangan dengan minyak yang banyak, mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh ini yang nantinya akan menumpuk di bagian perut dan menyebabkan perut buncit.


(Baca Juga: Simak 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Mudah dan Aman)


3. Margarin

(Margarin dapat menyebabkan penimbunan lemakkeperut: Dok. jcomp/freepik)

Tidak disangka ternyata margarin bisa jadi penyebab dari perut buncit. Hal ini disebabkan karena margarin merupakan salah satu makanan yang melalui pengolahan minyak dari bentuk padat ke cair. Dalam pengolahan inilah yang mengandung banyak lemak jenuh, yang menyebakan penimbunan lemak keperut.


4. Makanan tinggi karbohidrat

(Nasi merupakan salah satu karbohidrat sederhana Dok. KamranAydinov/freepik)


Karbohidrat memang merupakan makanan yang dibutuhkan tubuh, tetapi tidak semua karbohidrat ternyata memiliki hasil yang baik. Karbohidrat sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua, karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat yang dapat menyebabkan perut buncit ialah karbohidrat sederhana hal ini dikarenakan sifat nya yang sangat cepat diserap oleh tubuh, yang artinya semakin mempercepat jangka waktu kita untuk merasa lapar. Kandungan ini biasanya dapat dengan mudah ditemui di makanan seperti roti tawar putih, nasi putih, minuman bergula dan makanan olahan .

Sedangkan karbohidrat kompleks ini sendiri terdapat pada buah dan sayur yang tinggi akan serat, dapat diserap lebih lama dan menstabilkan insulin sehingga lemak tidak tersimpan di perut.


(Baca Juga: Simak Cara Mengecilkan Perut Buncit Paling Efektif Untuk Wanita)


5. Susu

(Beberapa susu yang dapat menyebabkan perut buncit  Dok. azerbaijan_stockers/freepik)


Meskipun termasuk kedalam daftar makanan yang membuat perut buncit, tidak semua susu menyebabkan hal ini. Hanya susu yang memiliki kandungan dengan lemak yang tinggi seperti whole milk. Selain itu susu kental manis juga dapat sangat mempengaruhi perut buncit karena kandungan gulanya yang tinggi.


6. Makanan atau minuman yang terlalu manis

(Makanan dan minuman terlalu manis memiliki kadar gula yang dingin Dok. azerbaijan_stockers/freepik)


Sudah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari makanan keseharian, makanan atau minuman manis sangat enak untuk dinikmati. Sayangnya makanan atau minuman yang terlalu manis ini merupakan penyebab perut buncit. Hal ini dikarenakan kadar gula yang tinggi sangat berkaitan dengan meningkatnya lemak viseral yang ada di perut.


7. Alkohol

(Minuman alkohol yang dapat mengganggu proses pembakaran lemak Dok. /freepik)


Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa alkohol dapat menyebabkan peur buncit, Hal ini dikarenakan alkohol dapat mengganggu proses pembakaran lemak yang menyebabkan penimbunan lemak.


(Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan)


Itu dia beberapa makanan hasil rangkuman Her World yang dapat menyebabkan perut buncit. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Life & health