7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan


  • 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan
    7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan. (Foto: Dok. Andres Ayrton/Pexels)

    Perut yang buncit setelah melahirkan merupakan hal yang wajar, dan itu dialami oleh hampir semua ibu di dunia. Biasanya perut akan kembali langsing seperti semula setelah beberapa bulan lamanya. Tentu, dengan menerapkan cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan yang baik dan benar.

    Mengecilkan perut setelah melahirkan memang butuh waktu dan pastinya kesabaran, karena prosesnya juga sama sekali tidak mudah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, tapi jangan sampai hal ini dijadikan beban. Proses mengecilkan perut sehabis melahirkan pada setiap ibu berbeda-beda, jadi tidak perlu terlalu dipikirkan.




    (Baca juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Paling Efektif Untuk Wanita)


    Tapi sebenarnya cara apa saja yang bisa dilakukan agar perut kembali kecil dan langsing seperti semula? Atau setidaknya tidak sebuncit setelah melahirkan. Yuk mari simak caranya di bawah ini!

    1. Lebih banyak minum air putih

    Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan

    (Banyak minum air putih. Foto: Dok. Adrienn/Pexels)

    Cara ini tentu sangat simpel, dan hampir semua ibu yang habis melahirkan harus menerapkan pola hidup yang satu ini. Air putih tak hanya mampu menghilangkan racun di dalam tubuh saja, tapi juga bermanfaat dalam mengecilkan perut yang buncit.

    Banyak mengkonsumsi air putih mampu membuat ibu merasa kenyang lebih lama sehingga membantu kurangi nafsu makan. Nah, dengan begitu perut yang membuncit akhirnya bisa kembali rata seperti semula. Selain itu, air putih juga baik bagi ibu yang sedang dalam fase menyusui si kecil.


    2. Menyusui

    Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan

    (Menyusui. Foto: Dok. Wendy Wei/Pexels)

    Menyusui tak hanya bermanfaat untuk si bayi itu sendiri lho, tapi untuk ibu juga ada banyak manfaatnya. Menyusui terbukti mampu membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Kurang lebih sekitar 500-700 kalori dibakar per harinya ketika ibu menyusui si kecil.

    Nantinya tanpa disadari perut akan semakin mengecil dengan sendirinya dan langsing lagi seperti semula. Bahkan sampai enam bulan setelah melahirkan.


    3. Perhatikan pola tidur

    Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan

    (Mengatur pola tidur yang baik. Foto: Dok. Sarah Chai/Pexels)

    Tidur adalah suatu kenyamanan yang akan sulit ibu dapatkan ketika bulan-bulan pertama memiliki si kecil. Sebab, ada banyak sekali gangguan yang akan membuat ibu harus begadang demi si buah hati. Namun, pola tidur yang cukup sangat berpengaruh dalam rangka mengecilkan perut.

    Oleh karena itu mungkin cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan ini bisa disiasati, caranya bergantian dengan suami atau anggota keluarga yang lain agar kamu bisa tidur. Jangan lupa juga untuk istirahat jika si kecil sedang tidur, agar badan menjadi lebih sehat dan berat badan turun dengan baik.


    (Baca juga: Sejumlah Makanan Yang Bisa Hilangkan Lemak di Perut)


    4. Mencoba senam yoga

    Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan

    (Mencoba senam yoga. Foto: Dok. Cliff Booth/Pexels)

    Yoga bukan hal yang asing di telinga kita, bahkan olahraga ringan yang satu ini kerap kali dilakukan oleh semua kalangan masyarakat. Manfaatnya pun banyak sekali, salah satunya dalam mengecilkan perut yang buncit sehabis fase melahirkan.

    Yoga sangat dianjurkan karena gerakannya ringan dan bisa dilakukan di mana saja, misalnya di kamar sambil menjaga si buah hati. Ada banyak video dan buku panduan untuk melakukan senam yoga yang bisa diikuti dan pastinya olahraga ini harus dilakukan dengan rutin ya.


    5. Melakukan latihan otot perut

    Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan

    (Salah satu cara untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Foto: Dok. Jonathan Borba/Pexels)

    Latihan otot perut sangatlah mudah dan bisa dicoba di mana saja. Dengan begini perut kamu yang buncit setelah melahirkan akan segera langsing kembali dan otot-ototnya lebih kuat. Namun bagaimana cara untuk melatih otot perut ini?

    - Pertama, cobalah untuk duduk tegak dan tarik napas sedalam mungkin sebagai permulaan.

    - Kedua, coba pegang perut dengan dua tangan kamu kemudian rasakan kontraksi yang ditimbulkan saat bernapas.

    - Ketiga, tahan gerakan ini selama 8-10 detik dan hembuskan napas dengan perlahan. Ulangilah selama beberapa kali setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.


    6. Berjalan kaki

    Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan

    (Berjalan kaki. Foto: Dok. Daniel Reche/Pexels)

    Wanita yang habis melahirkan tidak diizinkan untuk melakukan aktivitas yang berat-berat dulu, sehingga jalan kaki bisa jadi solusi utama karena olahraga ini termasuk ringan. Setidaknya berjalan 1,5 km per hari mampu membakar kurang lebih sebanyak 100 kalori.

    Jadi, olahraga ini pun sangat cocok untuk kamu yang ingin mengecilkan perut lagi pasca melahirkan. Tentu agar lebih menyenangkan maka kamu juga bisa membawa si bayi untuk berjalan-jalan dan menikmati cuaca. Selain menyehatkan, hal ini juga dapat membangun kedekatan antara kamu dan si kecil.


    7. Konsumsi makanan sehat

    Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan

    (Konsumsi makanan sehat. Foto: Dok. Ella Olsson/Pexels)

    Terakhir, cara yang bisa dilakukan supaya bisa mengecilkan perut adalah dengan konsumsi makanan sehat dan kurangi makanan yang mengandung lemak. Hal ini selain mampu mengecilkan perut juga sangat bermanfaat dalam memberikan asupan nutrisi yang baik bagi si kecil.

    Sayur, buah, biji-bijian dan aneka makanan yang kaya akan vitamin juga serat sangat dianjurkan bagi ibu pasca melahirkan si buah hati. Selain itu, makanan sehat juga mampu membuat ibu jadi lebih bahagia.


    Itulah sekilas tentang cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan yang bisa dilakukan. Semoga hasilnya maksimal dan selamat mencobanya!


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below