Wajah Purging Dan Breakout, Bagaimana Cara Membedakannya?


  • Wajah Purging Dan Breakout, Bagaimana Cara Membedakannya?
    Perbedaan Wajah Purging Dan Breakout. (Foto: Dok. Aleksandr Rybalko/iStock)

    Beauty enthusiast pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah wajah purging dan breakout.  Dalam dunia perawatan kulit, istilah wajah purging dan breakout kerap dikaitkan dengan munculnya jerawat. Nah, mungkin kamu sering salah paham dengan munculnya jerawat di kulit wajahmu. Padahal belum tentu jerawat yang muncul diakibatkan oleh kulit yang sedang breakout, bisa jadi kulit wajahmu sedang purging.


    Bila kamu salah paham dengan perbedaan keduanya, kamu juga bisa salah dalam menangani jerawat yang muncul. Pasalnya jerawat akibat purging dan breakout membutuhkan penanganan yang berbeda. Sekarang enggak perlu panik, Her World akan memberi tahu kamu perbedaan wajah purging dan breakout, serta bagaimana cara mengatasinya. Simak baik-baik, ya!




    Apa Itu Purging?

    Wajah purging dan breakout
    (Penyebab Wajah Purging. Foto: Dok. stock_colors/iStock)

    Apakah kulit wajahmu pernah tumbuh jerawat setelah menggunakan produk skincare tertentu? Jika ya, bisa jadi kulit wajahmu sedang purging. Purging merupakan kondisi di mana kulitmu bereaksi setelah kamu menggunakan bahan aktif yang berfungsi untuk mempercepat pergantian sel. Beberapa bahan aktif yang dimaksud adalah AHA, BHA, retinoid, benzoyl peroxide, dan tretinoin. 


    Selain disebabkan oleh beberapa bahan aktif di atas, wajah purging juga bisa terjadi setelah kamu melakukan facial atau eksfoliasi. Jika kulit wajahmu muncul jerawat setelah menggunakan skincare, tak perlu cemas karena belum tentu jerawat tersebut merupakan efek samping berbahaya dari skincare. Gejala-gejala seperti kemerahan atau jerawat yang ada pada kulit wajahmu, justru bisa menjadi tanda bahwa produk skincare-mu bekerja dengan baik. 


    Wajah purging dan breakout juga bisa dibedakan melalui lokasi munculnya jerawat. Jika wajahmu sedang purging, maka jerawat biasanya akan muncul pada area kulit yang memang biasanya berjerawat. Sebab, purging hanya mempercepat siklus jerawatmu. Selain itu, wajah purging tidak akan berlangsung lama, biasanya hanya dalam beberapa hari atau setidaknya satu minggu. 


    (Baca juga: Berapa Lama Purging Berlangsung? Ini Yang Harus Kamu Siapkan)


    Apa Itu Breakout?

    Wajah purging dan breakout
    (Penyebab Wajah Breakout Dan Cara Mengatasinya. Foto: Dok. Karya:bymuratdeniz/iStock)

    Berbeda dengan purging, wajah breakout biasanya disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang atau stres. Akibatnya, kelenjar sebaceous akan memproduksi minyak berlebih yang berujung pada munculnya jerawat. Selain minyak, sel kulit mati dan bakteri yang menutupi pori-pori juga menjadi penyebab utama breakout. 


    Wajah yang muncul jerawat akibat tidak cocok dengan produk skincare atau kosmetik tertentu dapat dikatakan breakout. Namun, jerawat ini akan muncul di area yang biasanya tidak muncul jerawat dan akan hilang dalam waktu yang lebih lama dari wajah purging


    Kamu bisa mengatasi breakout dengan memperhatikan rutinitas skincare dan gaya hidupmu. Pilihlah produk kosmetik atau skincare yang bersifat noncomedogenic. Hal ini dilakukan untuk mencegah pori-pori tersumbat oleh produk tertentu. Selain itu, hindari mengganti produk skincare terlalu sering untuk mencegah kulit kering yang akan menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah.


    Jangan lupa untuk menjaga pola makan, pola tidur, dan tingkat stres kamu. Kurangi makanan yang diproses dan tidurlah tujuh sampai sembilan jam untuk mengurangi risiko munculnya jerawat. Carilah cara untuk mengelola stres supaya hormon lebih seimbang dan kamu akan terhindari dari wajah breakout.


    (Baca juga: Waspada, Inilah Penyebab Breakout Paling Umum)


    Cara Mengatasi Wajah Purging

    Wajah purging dan breakout
    (Cara Menangani Wajah Purging. Foto: Dok. Daniel de la Hoz/iStock)

    1. Tetap Menggunakan Skincare

    Penggunaan produk skincare baru mengakibatkan beberapa orang mengalami wajah purging. Enggak perlu panik dan menghentikan penggunaan produk tersebut. Sebaiknya kamu tetap melanjutkan penggunaan produk skincare tersebut, karena produk skincare akan memperlihatkan hasil yang memuaskan dan jerawat akibat purging akan hilang dengan sendirinya.


    2. Gunakan Skincare Secara Bertahap

    Bahan aktif dalam skincare bisa membuat wajah bereaksi dan memicu pertumbuhan jerawat. Oleh karena itu, gunakanlah skincare secara bertahap. Contohnya, kamu menggunakan produk skincare tersebut selama tiga kali seminggu. Pada minggu depan, gunakanlah produk yang sama selama enam kali seminggu, dan seterusnya hingga kulitmu sudah beradaptasi dengan produk tersebut.


    3. Hindari Makeup Tebal

    Jika wajahmu sedang purging, hindarilah menggunakan makeup yang terlalu tebal. Pasalnya, menimpa jerawat dengan produk makeup akan membuat kondisi jerawat menjadi semakin parah dan susah disembuhkan.


    4. Gunakan Pelembap Dan Sunscreen

    Kulit wajah yang sedang purging membutuhkan perlindungan ekstra. Untuk melindungi lapisan kulit yang sedang purging, jangan lupa untuk menggunakan pelembap dan sunscreen. Gunakanlah pelembap dengan kandungan hyaluronic acid, centella aciatica, atau emollent.

    (Baca juga: Simak 5 Cara Agar Purging Cepat Selesai, Anti Gagal!)


    Nah, itu dia perbedaan wajah purging dan breakout, serta beberapa cara mengatasi wajah purging yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below