Simak 5 Cara Agar Purging Cepat Selesai, Anti Gagal!


  • Simak 5 Cara Agar Purging Cepat Selesai, Anti Gagal!
    Lakukan cara-cara ini agar purging cepat selesai. (Foto: Dok. Boyloso/iStock)

    Sudah tahu apa itu purging? Hampir semua orang yang menggunakan produk skincare pernah mengalaminya tapi tidak mengetahui bahwa proses tersebut dinamakan purging. Sering kali purging dikira sebagai tanda bahwa sebuah produk skincare tidak cocok dengan jenis kulit kita. Namun, sebenarnya purging justru menandakan kondisi kulit yang mengalami reaksi pembersihan dan regenerasi akibat menggunakan produk skincare. Purging banyak terjadi pada pemilik kulit wajah normal hingga berminyak. Maka dari itu, banyak orang yang mencari cara agar purging bisa cepat selesai sehingga kulit wajah bisa kembali normal dan sehat. 


    Pada umumnya, purging bisa terjadi ketika kulit wajah menggunakan produk dengan kandungan eksfoliator (pengelupas kulit) seperti AHA (alpha-hydroxy acid), BHA (beta-hydroxy acid), dan retinoid. Kondisi ini bisa dikatakan purging jika jerawat muncul di tempat yang pernah ditumbuhi sebelumnya. Biasanya purging lebih cepat untuk menghilang dibandingkan dengan breakout. Hal ini dikarenakan purging memang terjadi untuk memicu pergantian sel sehingga kulit melepaskan sel-sel kulit mati lebih cepat dari pada sebelumnya.




    agar purging cepat selesai

    (Purging terjadi setelah menggunakan produk eksfoliator. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)


    Jerawat karena purging akan muncul ketika sel-sel baru yang sehat tersebut belum sempat naik ke permukaan tapi minyak berlebih, serpihan kulit mati, serta kotoran lainnya terlebih dulu naik ke permukaan. Maka dari itu, jerawat yang menyumbat pori-pori yang terletak di bawah permukaan kulit (mikrokomedo) akan muncul ke permukaan wajah. 


    Perlu diperhatikan bahwa purging berbeda dengan breakout. Ketika purging terjadi untuk regenerasi kulit setelah penggunaan produk skincare, breakout disebabkan karena ketidakcocokan kulit dengan produk skincare yang digunakan dan bahkan bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Breakout juga bisa disebabkan karena stres yang tidak terkendali hingga pola makan yang tidak sehat. Breakout bisa muncul dalam jumlah besar dan membutuhkan waktu sekitar 8-10 hari untuk muncul, matang, dan kemudian baru menyusut. 


    Cara Mengatasi Purging


    Kita memang harus bersabar dengan kondisi kulit ketika mengalami purging. Pasalnya, purging membuat kulit wajah menjadi rentan dan sensitif. Ada beberapa tips yang telah dirangkumkan oleh Her World agar purging dapat cepat selesai. Yuk, kita simak berikut ini!


    1. Cuci muka secara rutin

    agar purging cepat selesai

    (Mencuci muka secara rutin agar purging cepat selesai. Foto: Dok. Alena Darmel/Pexels)


    Agar purging cepat selesai, kita wajib mencuci muka hingga bersih secara rutin selama dua kali sehari agar kotoran dapat terangkat dan minyak berlebih. Kemudian, kita juga patut menghindari mencuci muka terlalu lama atau terlalu berlebihan karena dapat membuat kulit wajah semakin kering. Pastikan kita membersihkan muka dengan sabun cuci muka yang cocok dengan jenis kulit kita dan yang mengandung bahan yang aman untuk kulit. Agar wajah lebih bersih, lakukan double cleansing. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan cleansing oil atau micellar water agar mengangkat sisa make up dan kotoran lainnya dengan maksimal. 


    2. Hindari menyentuh muka dengan tangan


    Pernah ditegur ketika kita menyentuh muka? Ternyata, hal ini bisa memicu peradangan di kulit wajah. Terlebih ketika kita sedang mengalami purging, menyentuh atau memencet jerawat akan menyebabkan peradangan yang lebih parah dan membuat bakteri penyebab jerawat hinggap dengan mudah pada kulit.


    Kita tidak akan tahu tangan kita sudah menyentuh apa saja dan meskipun sudah mencuci tangan hingga sekiranya bersih, akan selalu ada bakteri dan kotoran lainnya yang tetap menempel pada tangan. Maka dari itu, hindari menyentuh muka dengan tangan untuk mencegah risiko perpindahan bakteri dari tangan ke wajah. 


    3. Mengatur asupan makan

    agar purging cepat selesai

    (Roti tawar putih mengandung indeks glikemik yang tinggi. Foto: Dok. Cats Coming/Pexels)


    Agar purging cepat selesai, kita wajib membatasi asupan makanan dengan tingkat indeks glikemik yang tinggi karena akan meningkatkan risiko timbulnya jerawat dan bahkan memperburuk kondisi jerawat yang sudah timbul di wajah. Makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi pada umumnya mengandung tingkat karbohidrat yang dapat dicerna secara cepat oleh tubuh sehingga kadar gula darah semakin meningkat. Beberapa makanan yang harus dibatasi adalah nasi putih, sereal, pasta, mie, roti tawar putih, dan sebagainya. 


    (Baca Juga: Simak Rekomendasi Produk Body Care Untuk Remaja, Wajib Tahu!)


    4. Menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap saat


    Dengan mengoleskan sunscreen atau tabir surya secara rutin, kita bisa mempercepat proses purging. Terlebih ketika kita sering beraktivitas di luar ruangan, sunscreen berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan sinar UV dari matahari. Pilihlah produk sunscreen yang cocok dengan jenis kulit dan tidak mengandung minyak berlebih. Selain itu, pilihlah produk yang memiliki label noncomedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori ketika dioleskan ke wajah. 


    5. Rutin jalani skincare yang baik

    agar purging cepat selesai

    (Clay mask dengan kandungan lidah buaya untuk atasi purging. Foto: Dok. Miriam Alonso/Pexels)


    Untuk mengatasi purging, kita bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan bersifat soothing yang ampuh meredakan tanda-tanda iritasi dan peradangan pada kulit, seperti chamomile, green tea, panthenol, aloe vera extract, dan sebagainya. Selain itu, gunakan masker wajah secara rutin setiap dua hingga tiga hari.


    Pilihlah masker wajah yang bertekstur clay mask dengan kandungan lidah buaya untuk hasil yang maksimal. Pastikan masker yang dibeli cocok dengan jenis kulit kita. Kemudian, gunakan juga produk moisturizer atau pelembap agar kulit wajah kita tetap terhidrasi dan terhindar dari produksi minyak yang berlebihan. 


    (Baca Juga: Simak 5 Cara Ampuh Punya Kulit Glowing Dengan Bahan Alami!)


    Itulah lima cara agar purging cepat selesai yang sudah dirangkum oleh Her World. Sudah siap atasi purging


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below