7 Cara Menabung Saham Untuk Pemula, Wajib Tahu!


  • 7 Cara Menabung Saham Untuk Pemula, Wajib Tahu!
    7 Cara Menabung Saham Untuk Pemula. (Foto: Dok. shapecharge/iStock)

    Bloomberg baru saja merilis daftar negara yang akan mengalami resesi dalam waktu dekat. Sayangnya, Indonesia berada pada peringkat ke-14 dari 15 negara yang akan mengalami resesi. 14 negara lain yang juga akan mengalami resesi yaitu, Sri Lanka, Selandia Baru, Korea Selatan, Jepang, Tiongkok, Hong Kong, Australia, Taiwan, Pakistan, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, dan India.


    Tahukah kamu apa itu resesi? Resesi merupakan sebuah kondisi ketika sebuah negara mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi. Akibatnya, perusahaan akan mengalami penurunan keuntungan, angka penggangguran meningkat, dan yang paling parah adalah kebangkrutan ekonomi.




    Sri Mulyani, Menteri Keuangan Republik Indonesia, menunjukkan bahwa indikator ekonomi Indonesia tidak terlalu parah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Namun, Sri Mulyani tetap menyarankan kepada masyarakat Indonesia untuk tetap waspada, karena resesi ekonomi secara global ini akan terjadi dalam waktu yang cukup panjang.


    Nah, selain negara kamu juga bisa mencegah dampak dari resesi ini lho. Apa yang bisa kamu lakukan? Salah satunya dengan menabung saham. Untuk kamu yang belum mengerti bagaimana cara menabung saham, enggak perlu khawatir. Kali ini Her World akan menjelaskan beberapa cara menabung saham untuk para pemula. Yuk simak penjelasan berikut ini.


    (Baca juga: Ini 6 Cara Menabung Saham Yang Mudah Dipahami)


    1. Pilih Platform Investasi Saham Yang Tepat

    Cara Menabung Saham

    (Temukan Berbagai Platform Investasi Saham. Foto: Dok. Orientfootage/iStock)

    Cara menabung saham yang pertama adalah memilih platform investasi saham yang tepat. Kini, sudah banyak platform investasi saham yang bisa kamu pilih, misalnya bank atau investasi online.

    Nah, sebelum memilih platform saham, kamu harus melihat apakah platform investasi saham pilihanmu sah secara hukum atau tidak. Selain itu, kamu juga harus mencari tahu biaya admin di platform saham itu, karena setiap platform saham memiliki biaya admin yang berbeda.


    2. Hitung Jumlah Uang Yang Ingin Ditabung

    Satu hal yang perlu kamu tau adalah, kamu bisa menyiapkan uang dalam jumlah berapapun untuk menabung saham. Minimal satu saham adalah Rp 100.000, tapi batasnya tidak ditentukan.Jadi, jangan terburu-buru memasukkan nominal besar ya.

    Pakailah uang yang memang tidak terpakai untuk melakukan investasi. Sebab, sama seperti jenis investasi lainnya, saham juga bisa menyebabkan kerugian. Jika kamu menyisihkan uang tidak terpakai untuk menabung saham, kamu enggak perlu khawatir jika suatu saat nilai investasimu turun.


    3. Sisihkan Dana Ke Rekening Saham

    Cara Menabung Saham

    (Sisihkan Dana Ke Rekening Saham. Foto: Dok. fatido/iStock)


    Untuk membuka rekening saham, kamu membutuhkan waktu sekitar lima hari setelah kamu mengisi formulir pembukaan rekening. Setelah itu, kamu bisa langsung mentransfer dana yang kamu inginkan dari rekening bank biasa ke rekening saham kamu. Tidak membutuhkan waktu lama, dana kamu akan langsung masuk ke rekening saham dan siap digunakan.


    4. Pilih Jenis Saham

    Memilih jenis saham adalah salah satu cara menabung saham yang paling penting. Pasalnya, kamu akan mengalami kerugian jika kamu salah memilih jenis saham.

    Sebelumnya, kamu perlu tahu bahwa ada sembilan jenis saham yang bisa kamu beli yaitu, pertanian, pertambangan dan penggalian, industri dasar dan kimia, mesin berat dan mesin ringan, barang konsumsi, properti dan konstruksi, infrastruktur, industri keuangan dan perdagangan. 


    5. Tentukan Saham Perusahaan Yang Ingin Dibeli

    Cara Menabung Saham

    (Cari Tahu Saham Perusahaan Sebelum Membeli. Foto: Dok. FreshSplash/iStock)

    Nah, dari sembilan jenis saham yang ada, setiap saham biasanya punya pulusan sampai ratusan perusahaan di dalamnya. Oleh karena itu, kamu juga perlu mencari tahu berita mengenai perusahaan hingga laporan keuangan perusahaan. Pastikan perusahaan yang kamu pilih, memiliki reputasi dan keuangan yang baik, ya.


    (Baca juga: Jenis-jenis Investasi Yang Patut Diketahui Sejak Dini)


    6. Beli Saham

    Cara Menabung Saham

    (Beli Lebih Dari Satu Saham. Foto: Dok. tdub303/iStock)

    Kalau dana di rekening saham kamu sudah ada dan kamu telah melakukan beberapa cara menabung saham di atas, sekarang adalah waktu yang tepat untuk kamu membeli saham. Sedikit tips, masukkanlah dana ke lebih dari satu saham ya. Hal ini bisa bantu kamu untuk mengurangi risiko kerugian. 


    7. Setor Dana Secara Rutin

    Cara menabung saham paling terakhir tapi tak kalah penting adalah konsisten. Kamu perlu rutin mendanai rekening saham kamu setidaknya setiap bulan. Tidak perlu dalam jumlah besar, yang penting adalah dana masuk secara rutin ke rekeningmu. 


    (Baca juga: Cara Menabung Dengan Cepat yang Patut Diketahui)


    Mudah sekali kan tujuh cara menabung saham di atas? Yuk mulai menambung saham!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below