Cara Menabung Dengan Cepat yang Patut Diketahui


  • Cara Menabung Dengan Cepat yang Patut Diketahui
    solusi menabung cepat (Foto: Dok.nattanan23/pixabay)

    'Money can buy happiness!' Meski tak semua orang setuju dengan quotes tersebut, tapi pada kenyataannya uang memang diperlukan untuk membeli ragam kebutuhan dan keinginan dalam hidup. Maka mengetahui cara mengatur finansial menjadi penting untuk diterapkan dalam hidup.

    Salah satu yang bisa mengontrol pengeluaran keuanganmu adalah menabung. Bahkan ada beberapa cara agar kamu bisa menabung dengan cepat. Seperti apa? dirangkum dari berbagai sumber, berikut caranya.




    (Baca juga: 5 Tips Menabung Untuk Menikah Paling Efektif)


    1. Mendata Pendapatan dan Pengeluaran


    mendata pengeluaran dan pendapatan (Foto: Dok.stevepb/pixabay)


    Dilansir dari Bank of America, pendataan pendapatan dan pengeluaran menjadi step pertama sebelum kamu mulai melakukan hal lainnya untuk melihat bagaimana income dan juga outcome rata-ratamu. Setelah itu barulah dilakukan segmentasi dari pengeluaran terhadap apa saja dan pendapatan dari mana saja. Dari pendataan ini, kamu bisa mengevaluasi perilaku keuanganmu.


    2. Menargetkan Budget Pengeluaran dan Pendapatan


    Menargetkan Budget Pengeluaran dan Pendapatan (Foto:Dok.Dilok Klaisataporn /pixabay)


    Setelah mendata pengeluaran dan pendapatan yang dilakukan oleh individu, tariklah kesimpulan budget yang sesuai dan mampu untuk kamu capai, baik dari pengeluaran, dan juga untuk pendapatanmu setiap bulannya, sehingga terlihat jelas data berdasar kategori yang disimpulkan pada data ini.


    3. Mengurangi pengeluaran tak berarti


    mengurangi pengeluaran tak berarti (Foto: Dok.Counselling/pixabay)


    Mengendalikan sifat konsumtif dengan target pengeluaran harian yang minim ini sangat penting dan berpengaruh untuk tetap meningkatkan jumlah tabungan dan juga keaktifan pengeluaran dan pemasukkanmu keuanganmu. Setelah data-data pengeluaran disegmentasi-kan, perhatikanlah data tersebut dengan saksama dan lihatlah hal apa yang paling sering kamu beli dan carilah produk yang bisa untuk dihentikan terlebih dahulu kebiasaan membelinya. Untuk mengumpulkan dana tabung dengan lebih cepat nantinya.


    4. Membuat tujuan menabung 


    membuat tujuan menabung (Foto: Dok.geralt/pixabay)


    Untuk memotivasi kamu saat sedang menabung, perlu ada tujuan yang jelas atas hal yang mau kamu perjuangkan. Menabung dengan tujuan yang jelas memberikanmu semangat untuk mengumpulkan uangmu, sehingga pengumpulan uang akan tercapai dengan lebih mudah. Apakah untuk berlibur, pendidikan, biaya pensiun ataupun lain sebagainya. Apakah untuk jangka panjang ataupun jangka pendek? Untuk jangka pendek kamu harus menunggu kira-kira 1-3 tahun, sedangkan untuk jangka panjang maka di atas empat tahun untuk pengumpulannya, agar jelas kapan harus berhenti dan kapan harus tetap berlanjut proses menabungnya.


    5. Membuat strategi menabung 


    Strategi menabung (Foto: Dot.qimono )


    Strategi menabung dilakukan dengan menyesuaikan keuangan dan juga mencari pendapatan tambahan sehingga bisa tetap menyimpan uang banyak, salah satunya yaitu diinvestasikan, agar uang tersebut berbunga lebih banyak dan dalam kurun waktu yang cepat. Cara lain untuk menabung yang lebih efektif yaitu dengan membuat dua jenis tabungan yang berbeda, yang mana 1 tabungan untuk dipakai harian dan yang satu lagi untuk tabungan yang tidak bisa diganggu gugat. Hal ini membuat pengeluaran dan pendapatan anda menjadi lebih stabil dan bisa diawasi dengan mudah.


    6. Ubah kebiasaan berbelanja dengan menabung  


    shopping membuat uang cepat habis (Foto: Dok.StockSnap/pixabay)


    Terakhir, hal ini terkait pada sikapmu saat berbelanja. Mulailah menghentikan kebiasaan melihat e-commerce ataupun media sosial yang berujung pada pembelian produk. Untuk kaya dalam waktu yang cepat perlu bagi kamu untuk mengurangi pengeluaranmu sebanyak mungkin agar yang bisa ditabung jadi lebih banyak dan goals yang ingin kamu capai bisa secepat mungkin tercapai.


    (Baca juga: Alasan Anda Wajib Menabung Untuk Hari Tua)


    Begitulah strategi-strategi yang harus kamu lakukan menabung dengan cepat baik dari melakukan pendataan keuangan pribadi hingga mengubah budaya konsumsi dan produksimu hingga menjadi lebih hemat dan produktif. Meskipun tidak mudah untuk dilakukan, tetapi jika kamu bersabar, sudah pasti target yang kamu inginkan akan tercapai, dan kesulitan finansial yang kamu alami akan secara perlahan terbantu karena budaya yang kamu terapkan ini, budaya menabung. Semakin rajin menabung sudah pastinya akan semakin banyak uang yang disimpan, maka dari itu bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian ya!


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below