Hindari Bau Mulut, Ini 5 Cara Merontokan Karang Gigi


  • Hindari Bau Mulut, Ini 5 Cara Merontokan Karang Gigi
    (Akibat dan Cara Merontokan Karang Gigi. Foto: Dok. Drazen Zigic/iStock)

    Tahukah kamu, bakteri dan sisa-sisa makanan akan terus hinggap di permukaan gigi bila tidak dibersihkan dengan baik? Ya, itu adalah faktor pemicu munculnya karang gigi. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada permukaan gigi kamu. Tumbuh di bawah garis gusi, karang gigi bisa menyebabkan iritasi dan gigi berlubang. Ingin tahu lebih lanjut seputar karang gigi? Cari tahu selengkapnya di bawah ini, ya.


    (Baca Juga: Penyebab Karang Gigi Paling Umum Terjadi)




    Akibat Tumbuhnya Karang Gigi

    Cara Merontokan Karang Gigi

    (Akibat Tumbuhnya Karang Gigi. Foto: Dok. laflor/iStock)

    Meskipun karang gigi tidak terlalu mengganggu, kamu tetap perlu membersihkannya secara rutin. Pasalnya, jika tidak segera dibersihkan, karang gigi akan mulai mengganggu aktivitasmu. Apa saja akibat tumbuhnya karang gigi? Yuk simak penjelasan berikut ini.


    1. Bau Mulut

    Ketika kamu tidak segera membersihkan plak gigi, maka plak akan bercampur dengan sisa makanan dan menyebabkan bau mulut tidak sedap. Inilah yang menyebabkan terjadinya pembusukan dalam rongga mulut, yang berakhir pada bau mulut tidak sedap.


    2. Penyakit Gigi

    Gusi meradang dan iritasi, dua penyakit gigi yang dapat timbul akibat penumpukan plak. Keitka gusi kamu mengalami peradangan, gusi jadi mmudah berdarah.


    3. Gigi Kusam

    Karang gigi memiliki warna yang pekat dan jika dibiarkan maka gigi kamu akan terlihat kusam seperti tidak terawat.


    (Baca Juga: Ampuh Usir Bakteri, Ini 6 Alat Pembersih Karang Gigi)


    Cara Merontokkan Karang Gigi

    Tidak mau mengalami ketiga akibat tumbuhnya karang gigi di atas? Mari simak cara merontokkan karang gigi berikut ini.


    1. Scaling oleh dokter gigi

    Cara Merontokan Karang Gigi

    (Scaling Gigi Ampuh Merontokan Karang Gigi. Foto: Dok. ArthurHidden/iStock)

    Cara merontokkan karang gigi paling ampuh adalah dengan scaling. Scaling gigi merupakan pembersihan karang gigi oleh dokter dengan alat ultrasonic scaler. Ultrasonic scaler mampu menghancurkan dan karang gigi hingga ke sela-sela gigi. Selain itu, ultrasonic scaler juga mampu membersihkan karang gigi di garis gusi.


    Tidak jarang, gusi akan bengkak, nyeri, atau berdarah setelah scaling. Karang gigi yang berada di bawah gusi, harus dibersihkan oleh dokter, sehingga tidak heran gusi akan mengalami pendarahan. Sedangkan nyeri dan bengkak yang dirasakan setelah scaling adalah akibat penyesuaian gusi agar merekat kembali ke gigi. Prosedur pembersihan karang gigi ini dapat kamu lakukan enam bulan sekali.


    2. Menggunakan obat kumur

    Cara Merontokan Karang Gigi

    (Bersihkan Sisa Makanan dan Kotoran Dengan Obat Kumur. Foto: Dok. GoodLifeStudio/iStock)

    Tahukah kamu bahwa sekitar 100 juta bakteri hidup di dalam mulutmu? Mengerikan, bukan? Untuk menghambat perkembangan bakteri dalam mulut, mari mulai membiasakan diri menggunakan obat kumur setelah sikat gigi. Sebab, obat kumur memiliki kandungan aktif antiseptik yang mampu membatasi perkembangbiakan bakteri, sehingga plak gigi juga tidak mudah terbentuk.


    Obat kumur mampu menghempaskan sisa-sisa makanan, plak, dan kotoran yang hinggap di permukaan gigi. Tak hanya itu, obat kumur juga mampu membuat aroma napas lebih segar. Ingat untuk tidak menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol karena akan menyebabkan mulut kering.


    3. Minum air putih

    Cara Merontokan Karang Gigi

    (Salah Satu Manfaat Air Putih. Foto: Dok. seb_ra/iStock)

    Minuman dengan segudang manfaat ini ternyata juga merupakan salah satu cara merontokan karang gigi yang membandel, lho. Pasalnya, minum air putih dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Air liur berperan dalam menjaga kelembapan mulut serta merontokan plak dan sisa makanan yang terdapat di permukaan gigi.


    Selain itu, kandungan enzim pada air liur juga berfungsi untuk melawan bakteri penyebab infeksi di mulut. Untuk kamu yang tidak suka minum air putih, infused water adalah solusi tepat untuk kamu. Kamu bisa menambahkan irisan buah-buahan ke dalam air putih seperti lemon, stroberi, kiwi, dan sebagainya.


    4. Bersihkan lidah

    Plak penyebab karang gigi tidak hanya menempel di permukaan gigi, namun juga di permukaan lidah. Hal ini disebabkan oleh keberadaan bakteri yang bersarang di permukaan lidah. Sehingga, membersihkan lidah adalah hal yang wajib untuk kamu lakukan secara rutin.


    Cara terbaik untuk membersihkan lidah adalah dengan menyikatnya. Sikat lidah dari pangkal paling dalam dan perlahan-lahan sikat dalam satu gerakan ke bagian depan. Lakukan cara membersihkan ini beberapa kali supaya lidah kamu benar-benar bersih. Setelah selesai, berkumurlah dengan air bersih.


    5. Menggunakan dental floss

    Cara Merontokan Karang Gigi

    (Bersihkan Sela-sela Gigi Dengan Dental Floss. Foto: Dok. PeopleImages/iStock)

    Yakin sudah menggosok gigi dengan bersih? Menggosok gigi menggunakan sikat gigi saja tidak ampuh membersihkan kotoran hingga ke sela-sela gigi. Untuk itu, kamu perlu menggunakan dental floss. Dental floss mampu membersihkan plak gigi dan menjangkau daerah yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi.


    (Baca Juga: Inilah Cara Memutihkan Gigi Secara Alami!)


    Cara merontokkan gigi di atas mudah dilakukan, bukan? Yuk, mulai menjaga kebersihan gigi supaya lebih percaya diri ketika senyum.


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below