Inilah Cara Memutihkan Gigi Secara Alami!


  • Inilah Cara Memutihkan Gigi Secara Alami!
    Bahan-bahan ini dapat memutihkan gigi kamu secara alami (Foto: Dok. Pexels/Shiny Diamond)

    Tidak percaya diri dengan gigi kuningmu tetapi tidak ingin berkunjung ke dokter gigi? It’s ok! Kamu dapat memutihkan gigi secara alami di rumah. Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk memutihkan gigi adalah dengan pasta gigi. Namun pasta gigi saja terkadang tidak cukup. Jika alat penyinar, gel, dan strip bukanlah sebuah opsi, kamu bisa beralih ke bahan-bahan dan metode alami untuk memutihkan gigi dan mencegahnya agar tidak ternoda.

    Meskipun populer, tidak semua bahan dan metode ini dipercaya dapat memutihkan gigi. Maka dari itu, simak bahan dan metode paling efektif untuk memutihkan gigi secara alami.




    (Baca Juga: Gigi Kuning Karena Kopi, Begini Cara Menghilangkannya)


    1. Menggosok gigi dengan baking soda dan hydrogen peroxide 

    cara memutihkan gigi secara alami

    (Baking soda bisa jadi altenatif putihkan gigi. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Baking soda memiliki sifat abrasif yang mampu memutihkan gigi serta membantu menghilangkan noda dari permukaan gigi sehingga seringkali ditemukan dalam produk pasta gigi. Sedangkan untuk hydrogen peroxide, zat pemutih alami ini juga membantu untuk membunuh bakteri. Menariknya, kamu bisa menggabungkan kedua bahan ini menjadi solusi pemutihan gigi yang sempurna, lho. Cukup dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dan dua sendok makan hydrogen peroxide.


    Gunakan sebagai pasta gigi untuk menyikat gigi secara teratur. Bekerja secara magis, kamu akan mendapatkan gigi yang lebih putih setelah satu kali penggunaan. Sebaiknya kamu menggunakan pasta gigi ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terlebih lagi, kamu juga bisa membuat obat kumur menggunakan baking soda dan hydrogen peroxide dengan ditambah sedikit air. 


    2. Konsumsi buah-buahan dan sayuran


    Dengan mengunyah buah-buahan dan sayuran yang renyah, kamu dapat membantu menghilangkan plak dari gigi. Dua buah yang diklaim dapat memutihkan gigi adalah nanas dan stroberi. Enzim bernama bromelain yang ditemukan dalam nanas secara efektif menghilangkan noda dan bekerja untuk pemutihan gigi secara keseluruhan. Stroberi, di sisi lain, mengandung malic acid, yang dikenal dapat menghilangkan perubahan warna pada gigi dan membuatnya tampak lebih putih. Kamu juga bisa mencegah kuning pada gigi dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang dapat menodai gigi seperti kopi dan wine.


    3. Charcoal

    Pastinya kamu sudah familiar dengan bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan utama dalam pasta gigi yakni charcoal. Bahan alami ini terbuat dari kayu yang mengandung alkali, sehingga efektif menghilangkan noda kuning. Kamu bisa membeli kapsul charcoal dan menaburkannya ke sikat gigi sebelum kamu mulai menggosok gigi tiap hari. Perlu diingat bahwa bahan alami ini cukup keras sehingga hanya perlu menggunakannya dengan skala kecil dan berhati-hati agar tidak menyentuh bagian gusi.


    4. Coconut oil

    cara memutihkan gigi secara alami
    (Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Foto: Dok. Tijana Drndaski/Pexels)

    Kita semua tahu bahwa minyak kelapa bekerja secara magis pada rambut kita, tetapi ternyata minyak kelapa juga dapat bermanfaat bagi gigi. Istilah ‘oil pulling' sangat nyata dan efektif. Teknik ini adalah cara yang terbukti dapat memutihkan gigi secara alami. Lauric acid dalam minyak kelapa dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan kuning pada plak gigi. Selain itu, minyak kepala ini juga mampu meningkatkan kesehatan gusi kamu dan menghilangkan bau mulut. Kumur-kumur selama 15 hingga 20 menit setiap hari dan kamu akan mulai melihat perubahannya dalam waktu seminggu.


    5. Kulit buah

    Teknik ini memerlukan kulit pisang, jeruk, atau lemon lalu gosokkan dengan lembut pada gigi kamu. Terus menggosok gigi degan kulit buah ini selama sekitar 2 menit sebelum mencuci mulut dan diakhiri dengan menggosok gigi. Mengapa kulit buah? Kulit buah mengandung citric acid yang dipercaya dapat membantu memutihkan gigi. Namun, jika kamu memiliki gigi yang cenderung sensitif, tidak disarankan untuk melakukan trik ini. 


    Inilah beberapa bahan dan juga metode  yang bisa kamu coba untuk memutihkan gigi secara alami. Selamat mencoba!


    (Baca Juga: Kini, Masih Perlukah Siwak untuk Bersihkan Gigi?)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below