Penyebab Karang Gigi Paling Umum Terjadi


  • Penyebab Karang Gigi Paling Umum Terjadi
    Berikut adalah penyebab karang gigi yang paling umum terjadi sehingga kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. (Foto: Dok. /unsplash)

    Perlu kamu ketahui bahwa karang gigi merupakan lapisan kotoran atau plak yang menumpuk dan mengeras akibat proses mineralisasi. Biasanya karang gigi yang menumpuk akan berwarna kekuningan atau kecoklatan pada garis gusi. Efeknya akan sangat sulit dihilangkan meski telah dibersihkan secara berulang kali. Sehingga kamu perlu mengunjungi dokter gigi untuk menghilangkannya dengan prosedur scaling secara manual atau menggunakan alat ultrasonic scaler.

    Dibalik kesulitannya untuk dihilangkan, karang gigi yang menumpuk juga berbahaya bagi kesehatan. Biasanya karang gigi bisa memicu radang pada gusi, penyakit periodontitis, gigi berlubang, hingga bau mulut. Tentunya aktivitas keseharianmu dapat terganggu melalui berbagai penyakit ini. Namun, apa penyebab karang gigi menumpuk? Berikut penyebab karang gigi paling umum yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak ulasannya.




    (Baca Juga: Inilah 5 Menu Sarapan untuk Diet)


    1. Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Manis

    Makanan manis dapat menyebabkan karang gigi yang serius (Dok. Unsplash)

    Perlu kamu ketahui, bahwa makanan manis dapat membuat sisa makanan tersebut menjadi sumber makanan bagi bakteri. Gigimu juga akan rusak akibat dari bakteri yang ganas dengan menghasilkan zat asam perusak enamel gigi dan berkembang menjadi karang gigi yang keras. Maka dari itu, kamu perlu menghindari makanan manis seperti permen hingga coklat.


    (Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Paling Efektif Untuk Wanita)


    2. Jarang Menggosok Gigi

    Salah satu penyebab munculnya karang gigi secara umum yaitu jarang menyikat gigi (Dok.Unsplash) 

    Gigi yang sering dibersihkan dengan menyikat atau berkumur, biasanya tidak akan muncul berbagai masalah bagi gigimu. Namun, jika kamu tidak melakukannya secara rutin. Maka, sisa makananmu dapat meninggalkan jejak di sela-sela gigi sehingga dapat memicu tumbuhnya bakteri dan bersarang pada garis gusimu. Maka dari itu, mulailah rajin menyikat gigimu dengan rutin agar gigimu menjadi lebih sehat dan terhindar dari plak atau karang gigi.


    3. Merokok

    Siapa sangka, tak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan penumpukan pada karang gigi, lho!. Hal ini dikarenakan rokok memiliki zat kimia yang sangat berbahaya dan dapat mengundang bakteri yang membentuk plak pada gigimu. Maka dari itu, kurangilah kebiasaan merokokmu dengan mulai merubah pola hidupnya lebih sehat dan bermanfaat.


    4. Sering Mengonsumsi Makanan Berkarbohidrat Tinggi

    Makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi dapat mempercepat penumpukan plak pada gigimu. Hal ini dikarenakan bahwa karbohidrat merupakan zat yang sangat digemari oleh mikroorganisme pada mulut. Jika sisa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi tidak dibersihkan. Maka, bakteri akan terus berkembang. Oleh karena itu, kamu perlu sering menyikat gigimu secara rutin.


    (Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Gigi Sensitif)


    5. Minuman Bersoda

    Untuk para pecinta soda, pastinya akan sering mengonsumsi minuman bersoda. Namun, kamu perlu berhati-hati bahwa soda dapat meningkatkan risiko timbulnya karang gigi. Hal ini dikarenakan soda memiliki sifat yang tajam dan sangat membahayakan enamel pada gigimu. Maka dari itu, kurangilah minuman bersoda.


    6. Sering Mengonsumsi Obat-Obatan

    Obat memang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Namun, beberapa jenis obat-obatan seperti antihistamin atau dekongestan dapat memicu tumbuhnya karang gigi pada mulutmu. Oleh karena itu, kamu jangan perlu khawatir lagi bahwa kamu bisa menghindarinya dengan lebih sering membersihkan gigimu setiap hari.


    (Baca Juga: Mengulik 8 Fakta Seputar Perata Gigi 'Clear Aligner')


    7. Malas Untuk Pergi Ke Dokter Gigi

    Agar gigimu semakin sehat di setiap harinya, biasakan untuk pergi ke dokter gigi. Karang gigi dapat dihilangkan jika kamu sering mengunjungi dokter gigi untuk melakukan pengecekan secara rutin. Maka dari itu, kamu bisa terus mengonsultasikan tentang kesehatan gigimu untuk pencegahan karang gigi.


    Nah, itulah penyebab karang gigi yang paling umum terjadi untuk kamu ketahui agar terhindar dari penumpukan plak yang mengeras.


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below