Ampuh Usir Bakteri, Ini 6 Alat Pembersih Karang Gigi


  • Ampuh Usir Bakteri, Ini 6 Alat Pembersih Karang Gigi
    (6 Alat Pembersih Karang Gigi. Foto: Dok. Moncherie/iStock)

    Gusi terasa sakit dan mulut mengeluarkan bau tidak sedap? Itu adalah dua akibat dari keberedaan karang gigi. Karang gigi merupakan lapisan terluar di bagian gigi yang keras, tepatnya di bawah garis gusi. Penyebab dari munculnya karang gigi adalah akumulasi plak gigi yang tidak dibersihkan dengan benar. Bakteri dan makanan berpati atau manis dapat membentuk lapisan lengket yang disebut plak gigi. Bakteri dapat menghasilkan asam setelah kamu makan atau minum.


    Jika tidak segera dibersihkan, plak gigi akan mengeras dan membentuk karang gigi. Karang gigi ini yang menjadi penyebab utama berbagai masalah gigi seperti gigi berlubang. Meskipun karang gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi menggunakan alat khusus, ada beberapa alat pembersih karang gigi yang pastinya mudah untuk dicoba. Penasaran apa saja? Yuk lihat beberapa alat pembersih karang gigi berikut ini.




    (Baca juga: Sering Diabaikan, Ini 7 Penyebab Karang Gigi)

    1. Sikat dan Pasta Gigi Khusus

    Alat Pembersih Karang Gigi

    (Gunakan Sikat Gigi dan Pasta Gigi Khusus. Foto: Dok. agrobacter/iStock)


    Kamu pasti sudah tahu bahwa menyikat gigi adalah rutinitas yang wajib kamu lakukan minimal dua kali sehari. Namun, bukan hanya sembarang menyikat gigi, kamu perlu menggunakan sikat gigi kecil dengan bulu lembut, supaya mampu menjangkau seluruh bagian mulut hingga ke gigi geraham belakang. Dengan begitu, kamu bisa membersihkan karang gigi sendiri.


    Selain menggunakan sikat gigi kecil, alat pembersih karang gigi lainnya adalah sikat gigi eektrik. Sikat gigi elektrik lebih ampuh membersihkan plak gigi dibandingkan sikat gigi biasa. Kamu juga harus memilih pasta gigi dengan kandungan fluoride dan triclosan, untuk membersihkan plak gigi dan mencegah karang gigi semakin tebal.


    2. Obat Kumur Antiseptik


    Menyikat gigi saja tidak cukup untuk menghempaskan bakteri dalam mulut. Kamu membutuhkan obat kumur antiseptik untuk membersihkan karang gigi. Sebab, obat kumur antiseptik mampu melawan bakteri penyebab plak dan mencegah pembentukan karang gigi seperti, cetylpyridium, chlorhexidine, dan beberapa jenis minyak atsiri.


    Penggunaan obat kumur juga mampu membantu menghilangkan bau napas tidak sedap dari mulut, sehingga mulut terasa lebih segar. Pastikan obat kumur kamu tidak mengandung alkohol ya.


    3. Dental Floss

    Alat Pembersih Karang Gigi

    (Dental Floss Mampu Bersihkan Kotoran Hingga Ke Sela-sela Gigi. Foto: Dok. Voyagerix/iStock)


    Dental floss atau yang disebut benang gigi merupakan salah satu alat pembersih karang gigi yang juga terbukti ampuh. Setelah menyikat gigi, kamu bisa meggunakan benang gigi minimal sekali sehari untuk membersihkan kotoran hingga ke sela-sela gigi.


    Kamu perlu ingat bahwa plak gigi tidak bisa hilang dengan sendirinya. Jadi kamu membutuhkan usaha lebih untuk membersihkannya dan menggunakan benang gigi dapat menjadi salah satu cara menghilangkan plak gigi yang harus kamu coba.

    (Baca juga: Ini Cara Membersihkan Karang Gigi)


    4. Baking Soda


    Baking soda termasuk salah satu alat pembersih karang gigi yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Gunakan taburan baking soda pada sikat gigi, lalu gosok gigi kamu hingga bersih menggunakan baking soda.

    Baking soda mampu menghilangkan plak gigi tanpa merusak lapisan gigi terluar. Sebab baking soda memiliki kandungan antimikroba yang mampu melindungi gigi dari kerusakan dan mencegah gigi kehilangan kalsium.

    5. Minyak Kelapa

    Alat Pembersih Karang Gigi

    (Minyak Kelapa Bantu Bersihkan Karang Gigi. Foto: Dok. White Bear Studio/iStock)


    Selain berfungsi untuk melindungi rambut dari kerusakan, minyak kelapa juga berfungsit untuk melindungi gigi. Sebab, minyak kelapa mampu menghilangkan bakteri dan meningkatkan kesehatan mulut. Alat untuk pembersih karang gigi yang satu ini bisa menarik minyak yang tertimbun pada gigi oleh karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya.


    Selain itu, minyak kelapa juga memiliki kandungan yang bersifat antimikroba yaitu asam laurat dan asam lemak. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai alat pembersih karang gigi kamu hanya perlu menghangatkan satu sendok minyak kelapa. Kemudian, kumur-kumur menggunakan minyak kelapa yang sudah dihangatkan.


    6. Buah Dengan Kandungan Vitamin C Yang Tinggi

    Alat Pembersih Karang Gigi

    (Ragam Jenis Buah Dengan Kandungan Vitamin C Yang Tinggi. Foto: Dok. xeni4ka/iStock)


    Alat pembersih karang gigi yang terakhir adalah buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Buah-buahan seperti lemon dan jeruk memiliki kandungan kalsium dan sifat antimikroba, sehingga mampu membersihkan karang gigi dengan baik.

    Untuk membersihkan karang gigi menggunakan buah, kamu bisa menghancurkan daging buah lemon atau jeruk. Kemudian, tambahkan sedikit air dan garam untuk membuat larutan pasta gigi. Lalu, gosok gigi seperti biasa menggunakan larutan yang telah dibuat.


    (Baca juga: Gigi Kuning Karena Kopi, Begini Cara Menghilangkannya)


    Itulah beberapa alat pembersih karang gigi yang bisa kamu coba. Namun, kamu tetap bisa melakukan pemeriksaan gigi setiap enam bulan di dokter gigi untuk memperoleh penanganan yang lebih baik. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below