Bisa Bikin Awet Muda, Ketahui 6 Manfaat Chia Seeds


  • Bisa Bikin Awet Muda, Ketahui 6 Manfaat Chia Seeds
    Manfaat chia seeds. (Foto: Dok. Brenda Godinez/Unsplash)

    Ada banyak cara yang dilakukan sebagian orang dengan harapan untuk hidup lebih sehat atau menurunkan berat badan. Mungkin mengonsumsi lebih banyak sayur-sayuran atau menambah frekuensi berolahraga dalam keseharian, termasuk mengeksplorasi berbagai biji-bijian serta kacang-kacangan yang semakin jadi tren.


    Jadi, mendengar biji chia alias chia seeds tak terdengar asing di telinga, kan? Biji-bijian kecil berwarna hitam yang berasal dari tanaman chia. Tumbuh subur di Meksiko dan Guatemala, chia seeds menjadi salah satu makanan wajib bagi masyarakat suku Aztec dan Maya pada masa itu. Kini, kamu tak jarang menemukannya di semangkuk acai bowl maupun campuran smoothie.




    Sejak kandungan nutrisinya dikenal luas oleh masyarakat, chia seeds hampir tak pernah absen dari ragam menu makanan sehat sebagian orang yang sedang diet. Namun, buat kamu yang masih belum yakin untuk mencampurkan chia seeds dalam dietmu, mungkin beberapa manfaat chia seeds di bawah ini bisa jadi referensimu.


    (Baca Juga: Tetap Sehat, Ini Ide Olahraga Saat Puasa Yang Bisa Dicoba)


    1. Kandungan nutrisi yang tinggi

    Meski banyak digunakan sebagai campuran jus atau smoothies, kamu tetap bisa mencampurkannya dengan air mineral yang dibawa setiap kali berkegiatan. Kenapa? Sebab, chia seeds memiliki kandungan nutrisi yang cukup beri gizi pada tubuhmu, tanpa harus ditambahkan dengan campuran lainnya.

    Dengan mengonsumsi biji chia, kamu mendapatkan protein, lemak, karbohidrat, serat fiber, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, vitamin B1, dan vitamin B3 dalam chia seeds. Jadi kamu memenuhi tubuh dengan berbagai nutrisi yang relatif lengkap dari bahan makanan satu ini.


    manfaat chia seeds

    (Chia seeds kaya akan berbagai kandungan nutrisi. Foto: Dok. Delphine Hourlay/Pexels)


    2. Membuatmu kenyang lebih lama

    Jika kamu sedang senggang atau mungkin penasaran, coba perhatikan perubahan bentuk chia seeds ketika kamu masukkan ke dalam botol airmu. Biji chia menyerap air sehingga akan berubah bentuk menyerupai selasih sehingga membantu perutmu untuk mencerna lebih lambat dan membantu merasa kenyang lebih lama.

    Kamu bisa memanfaatkan chia seeds untuk mengatur pola konsumsimu. Mulai dari waktu hingga porsi makan, kamu lebih mudah mengontrolnya. Jika perut mulai terasa lapar, kamu bisa menahannya dengan minum air yang dicampurkan chia seeds.


    3. Membantu kontrol tekanan darah

    Manfaat chia seeds bisa juga dirasakan buat kamu yang alami tekanan darah tinggi atau diabetes. Kandungan serat fibernya yang tinggi menjadi salah satu faktor chia seeds bisa membantu tekanan darahmu lebih terkendali. Selain itu, beberapa studi menemukan kalau biji chia meningkatkan sensitivitas insulin sehingga bisa menstabilkan gula darahmu setelah makan.

    Tentu dengan memerhatikan tekanan darah, tubuhmu akan terhindar dari berbagai risiko penyakit seperti jantung dan komplikasi lainnya yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi.


    (Baca Juga: Begini Cara Diet OCD Yang Efektif Untuk Pemula)


    4. Sumber protein nabati yang baik

    Buat kamu yang ingin lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran atau mencoba gaya hidup vegan, chia seeds wajib masuk daftar makananmu. Perannya tak hanya sebagai pemanis tampilan acai bowl atau salad-mu saat makan siang, tetapi jadi sumber protein nabati bagi tubuh.

    Contoh, buat kamu yang memiliki berat badan sekitar 70 kg, memerlukan 50 gram protein setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan asupan protein itu dari chia seeds, entah ketika kamu memakan atau meminumnya. Kalau kamu tetap mengonsumsi protein hewani, chia seeds tetap bisa jadi pelengkap.


    5. Kaya akan antioksidan

    Paket lengkap untuk tubuh sehat, termasuk kulit, itulah chia seeds. Selain menutrisi tubuhmu di dalam, kandungan antioksidan dalam biji chia yang tinggi membuatnya jadi sahabat kulitmu. Antioksidan yang dikenal bisa melawan radikal bebas, tentu membantu lindungi sel-sel dalam tubuh.

    Kamu tak hanya merasa lebih fit dan berenergi, tetapi juga tampil dengan wajah yang lebih sehat dan cerah. Tentu kulit yang sehat memiliki kemungkinan lebih besar untuk terlihat awet muda.


    manfaat chia seeds

    (Chia seeds bisa jadi topping breakfast bowl-mu setiap pagi. Foto: Dok. Susan Wilkinson/Unsplash)


    6. Cocok untuk menu apapun

    Entah campuran smoothies atau topping yoghurt, dibiarkan semalaman menjadi puding untuk sarapan maupun dicampurkan dalam air mineral untuk kamu minum, chia seeds cocok dalam berbagai menu. Kemampuannya untuk menyerap air, kamu akan menambahkan tekstur makanan yang cenderung lebih kental.

    Jadi, kamu bisa mencampurkan ke yoghurt untuk berikan tekstur yang lebih creamy maupun jadi pengganti telur sebagai sarapan. Namun, buat kamu yang baru memulainya, pastikan kamu mengonsumsi chia seeds perlahan-lahan dan dalam jumlah yang sesuai sehingga perutmu tak menjadi kembung karena mengonsumsi terlalu banyak biji chia dalam sekali konsumsi.


    (Baca Juga: Tetap Sehat, Ini Menu Puasa Untuk Diet)


    Inilah beberapa manfaat chia seeds yang baik untuk kesehatan tubuh, luar dan dalam. Kira-kira tertarik untuk memasukkannya dalam menu dietmu?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below