Tetap Sehat, Ini Ide Olahraga Saat Puasa Yang Bisa Dicoba


  • Tetap Sehat, Ini Ide Olahraga Saat Puasa Yang Bisa Dicoba
    Intip ide olahraga saat puasa. (Foto: Dok.kazuma seki/iStock)

    Bulan puasa bukan menjadi waktu untuk bermalas-malasan atau menghindari diri dari berolahraga. Pasalnya, saat bulan puasa kamu pun juga tetap bisa melakukan berbagai olahraga lho! Sebab, kebugaran tubuh saat berpuasa akan berkurang. Maka dari itu, kamu bisa melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh.


    Yang terpenting, kamu memperhatikan intensitas waktu olahraga saat berpuasa. Waktu paling efektif sih di pagi hari sebelum berangkat ke kantor atau sore hari sepulang kerja sambil menunggu waktu berbuka. Agar tetap bugar, yuk ikuti beberapa ide olahraga saat puasa berikut ini!




    1. Jogging 

    Ide Olahraga Saat Puasa

    (Jogging jadi ide olahraga saat puasa yang bisa dicoba. Foto: Dok.Ivanko_Brnjakovic/iStock)

    Bagi kamu yang tidak suka olahraga berat, mungkin bisa coba aktivitas yang satu ini. Sebab, jogging menjadi salah satu olahraga di bulan puasa yang tidak terlalu melelahkan. Biasanya, untuk orang yang sudah terbiasa berolahraga saat puasa memilih jogging di pagi atau di sore hari saat cuaca masih sejuk. Jadi, coba deh jogging setelah sahur sebelum berangkat ke kantor atau sore hari seusai kerja.

    Pastikan kamu nggak terlalu memforsir diri atau mengeluarkan tenaga yang banyak untuk olahraga ketika puasa dengan melakukan jogging melalui trekking yang panjang dan sulit, intinya tubuhmu tetap berkeringat maka sudah cukup.


    2. Bersepeda

    Olahraga bersepeda sangat disenangi oleh banyak orang karena kamu bisa bersenang-senang yang sekaligus bisa membakar lemak pada tubuh. Bersepeda saat bulan puasa menjadi pilihan yang tepat, sebab ini merupakan ngabuburit sembari menunggu waktu berbuka. Olahraga sederhana satu ini pun dapat menjaga kebugaran tubuh. 

    Kamu bisa bersepeda selama 45 menit untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Dengan bersepeda, maka sekitar 300 kalori pada tubuh akan terbakar dalam waktu 1 jam. Selain itu, bersepeda juga bisa meningkatkan stamina, terutama pada saat bulan puasa agar tidak mudah lelah. 


    (Baca Juga: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Dalam 30 Menit)


    3. Yoga 

    Ide Olahraga Saat Puasa

    (Yoga menjadi olahraga yang santai dan tidak menguras energi. Foto: Dok.sopradit/iStock)

    Seperti yang telah disebutkan diatas, mungkin saat puasa memang kamu akan merasa malas untuk berolahraga. Tapi kamu bisa mencoba yoga, olahraga santai dan tidak memerlukan banyak energi ini cocok dilakukan saat puasa. Selain itu kamu tak perlu keluar rumah untuk melakukan yoga. Kamu bisa melakukan yoga sambil menunggu waktu berbuka puasa di rumah. Persiapkan diri untuk melakukan gerakan-gerakan yang tidak terlalu menguras tenaga.

    Olahraga yang fokus pada peregangan dan teknik pernapasan ini bisa menjaga tubuh agar tetap fit. Selain itu, yoga juga berfungsi untuk menguatkan otot dan meningkatkan konsentrasi. Lakukan yoga di tempat yang sejuk. Jenis olahraga yang tepat dilakukan saat puasa ini bisa dijadikan sebagai ide olahraga yang menyenangkan.


    4. Work out

    Ide Olahraga Saat Puasa

    (Workout bisa dilakukan oleh siapa pun dan kapan pun. Foto: Dok.Nattakorn Maneerat/iStock)

    Nah, kalau Workout ini memang bisa dilakukan oleh siapa pun dan kapan pun kamu mau. Manfaat yang didapatkan dari workout ini adalah bisa menurunkan berat badan secara maksimal selain melakukan puasa. 

    Cobalah untuk melakukan gerakan workout di pagi hari setelah bangun tidur untuk membentuk bagian tubuh yang kamu inginkan. Bisa plank, squat, push up, atau skaters. Atau kamu juga bisa menonton tutorial di YouTube agar dapat melakukannya dengan tepat. Nggak perlu jauh-jauh, olahraga waktu puasa pun juga bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah. 


    5. Skipping

    Hanya membutuhkan seuntai tali, skipping juga bisa jadi ide olahraga saat puasa yang pas untukmu lho. Kamu perlu olahraga dengan skipping-an selama 10 hingga 20 menit. Hasil yang didapatkan, tubuhmu bisa menjadi lebih bugar dan juga bisa membuatmu berkeringat. Sambil menunggu waktu berbuka, kamu bisa mengajak adik atau kakakmu untuk berolahraga skipping sambil nonton TV agar bisa jadi kegiatan ngabuburit yang asik.


    (Baca Juga: Lakukan 10 Olahraga Ini Sebelum Tidur, Baik untuk Tubuh!)


    6. Bulu tangkis

    Ide Olahraga Saat Puasa

    (Bulu tangkis juga bisa jadi olahraga yang menyenangkan karena dimainkan bersama lawan. Foto: Dok.Kong Ding Chek/iStock)

    Punya lawan main di dekat rumah? Adik, kakak, atau bahkan tetangga-mu bisa kamu ajak untuk bermain bulu tangkis. Dengan bermain bulu tangkis, kamu bisa mengisi waktu olahraga saat puasa Ramadhan. Selain itu, bulu tangkis ini juga bisa dibilang sebagai suatu olahraga yang menyenangkan karena juga termasuk permainan yang seru. Jadi, tanpa haus dan lelah, kamu bisa tetap berolahraga saat puasa yang santai dan seru. 


    7. Zumba 

    Olahraga yang bisa kamu coba saat puasa berikutnya adalah zumba. Sebab, olahraga ini bisa menjadi menyenangkan karena kamu dapat bergerak mengikuti irama lagu. Kamu bisa melakukan olahraga zumba sebelum buka puasa agar tubuh terasa lebih segar. 


    Nah, itu dia beberapa ide olahraga saat puasa yang bisa kamu lakukan sendiri atau bersama-sama. Lawan segala kemalasan dan jangan jadikan puasa sebagai sesuatu yang menghalangi untuk bergerak lebih aktif, ya. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below