Tetap Sehat, Ini Menu Puasa Untuk Diet


  • Tetap Sehat, Ini Menu Puasa Untuk Diet
    Menu yang identik dengan puasa salah satunya adalah kurma. (Foto: Dok. Rawpixel/iStock)

    Bulan Ramadhan tahun ini akan datang sebentar lagi, yaitu dalam tiga hari ke depan. Bulan ini adalah bulan dimana orang akan melakukan ibadah puasa wajib bagi umat Muslim. Puasa adalah kegiatan dimana kita tidak akan mengonsumsi apa pun dan menahan lapar atau haus tersebut, serta hawa nafsu dari menjelang matahari terbit sampai tenggelam.


    Saat berbuka puasa, sering kali terdapat dorongan untuk kelabakan konsumsi makanan dan minuman karena perut yang kosong seharian. Sebagian orang melakukan itu, tapi sebagian lagi tetap ingin menjaga porsi yang dikonsumsi walau melakukan puasa dengan tetap diet. Tujuan diet tidak hanya semata-mata untuk menurunkan berat badan. Tapi justru jika berlebihan mengonsumsi saat berbuka puasa, berat badan tetap bisa naik. Untuk itu, simak menu puasa untuk diet di bawah ini.




    1. Teh dan kurma

    menu puasa untuk diet

    (Teh dan kurma sebagai takjil puasa yang tetap sehat dalam menjalani diet. Foto: Dok. Velveteye/iStock)


    Menu puasa untuk diet terbagi menjadi dua, yaitu saat berbuka puasa dan sahur. Nah, yang satu ini bisa kita konsumsi saat berbuka puasa sebagai takjil. Setelah berpuasa seharian, tidak diragukan tubuh akan kehilangan energinya. Dengan mengonsumsi gula, itu akan dicerna di dalam tubuh menjadi glukosa dan digunakan oleh seluruh sel untuk menghasilkan energi, yang bisa menjadi bahan bakar otak untuk berfikir.

    Teh dan kurma adalah kedua bahan yang mengandung gula. Buatlah teh hangat yang tidak terlalu manis. Sedangkan untuk kurma, seperti buah lainnya, itu kaya akan manfaat. Kandungannya antara lain adalah potassium, magnesium, zat besi, vitamin B6, dan serat yang baik untuk memperlancar pencernaan. Untuk orang yang suka sembelit bisa jadi lebih susah BAB saat berpuasa, karena itulah kurma juga baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.


    2. Salad buah

    Makanan lain yang bisa kita konsumsi untuk berbuka puasa adalah salad buah. Kita pasti tahu bahwa buah itu menyehatkan, karenanya buah juga baik dalam menjalani puasa. Selain tetap bisa kita konsumsi selagi diet agar berat badan tidak kelebihan, salad buah juga bisa menghindarkan kita dari obesitas. Pastikan dressing salad buah yang biasanya adalah mayonaise tidak lebih banyak dari buahnya, karena tidak terlalu disarankan untuk diet rendah kalori.

    Beberapa buah yang bisa dipilih untuk salad ini adalah nanas, pir, anggur, lemon, serta tambahkan keju cheddar parut, chia seed, garam Himalaya, dan mayonaise. Nanas selain mengandung berbagai jenis mineral, juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit. Sedangkan buah lainnya seperti pir, menghasilkan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa.


    (Baca Juga: Menu Sahur Untuk Yang Sedang Diet)


    3. Dada ayam

    menu puasa untuk diet

    (Dada ayam sebagai pilihan protein. Foto: Dok. Olya Kobruseva/Pexels)


    Tidak hanya yang manis, dada ayam bisa menjadi pilihan protein untuk berbuka puasa. Kenapa ini baik, karena dada ayam itu rendah lemak, jadi baik untuk dijadikan menu saat sedang diet. Kebutuhan protein dan lemak baik akan terpenuhi selama kita berpuasa, serta layaknya gula, dada ayam juga bisa menghasilkan energi, bahkan mengurangi tekanan darah tinggi.

    Untuk mengolahnya, kita bisa merebus dada ayam agar kita bisa pastikan sendiri tidak ada campuran bahan lain yang mungkin tidak dianjurkan selama diet. Atau, kita bisa membuatnya menjadi sandwich dengan menambahkan roti gandum, bukan roti lainnya, serta sayuran lainnya seperti selada, tomat, bawang bombay, minyak zaitun unuk menu berbuka puasa.


    4. Stik dan kentang rebus

    Yang satu ini bisa menjadi menu diet yang disantap saat sahur. Kita bisa menyiapkan daging stik 60 gram dan dua kentang rebus tapi jangan kupas kulitnya. Tambahkan juga dengan sayuran, seperti tumis buncis, wortel, dan jagung 300 gram. Agar lebih sehat, kita bisa mencoba memasak dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang.

    Kentang rebus yang kaya akan vitamin dan mineral juga adalah makanan rendah kalori dan lemak. Serat dalam kentang rebus juga bisa membantu kita untuk merasa kenyang lebih lama. Begitu pun dengan buncis dan wortel. Sedangkan jagung memiliki lemak baik. Selainb bisa menurunkan berat badan, jagung juga bisa memberikan lebih banyak energi yang akan kita butuhkan selama berpuasa seharian.


    (Baca Juga: Inilah Cara Cepat Turunkan Berat Badan Saat Puasa)


    Ingatlah untuk selalu memperhatikan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below