Bantu Selama Hamil, Ini Manfaat Yoga Untuk Wanita


  • Bantu Selama Hamil, Ini Manfaat Yoga Untuk Wanita
    Manfaat yoga untuk wanita. (Foto: Dok. Carl Barcelo/Unsplash)

    Diawali dengan intensi dan diakhiri dengan ucapan terima kasih pada diri sendiri dengan kata ‘Namaste’, yoga telah menjadi bagian dari gaya hidup sehat sebagian orang. Berawal dari masyarakat Indus-Sarasvati di bagian utara India sekitar lima ribu tahun lalu, ketika yoga disebutkan dalam kitab tertua masyarakat setempat, Rig Veda


    Sejak awal yoga menjadi sebuah perpaduan kepercayaan dan teknik yang beragam. Hingga seorang filsuf Hindu bernama Patanjali memperkenalkan gambaran sistematis pertama tentang yoga. Dalam penjelasannya, Patanjali mengatur latihan yoga dalam delapan bagian yang menggambarkan tahap-tahap menuju Samadhi atau pencerahan. Gerakan-gerakan yang diperkenalkan Patanjali banyak digunakan dalam berbagai gaya yoga modern saat ini.




    Gerakan-gerakan yoga klasik yang diperkenalkan Patanjali kemudian dikembangkan oleh berbagai pengajar yoga dengan fokus untuk menyegarkan tubuh dan memperpanjang hidup. Pendekatan yang menggunakan pendekatan fisik untuk mencapai pencerahan. Teknik-teknik yoga yang dikenal dengan Tantra Yoga ini berusaha membersihkan tubuh dan pikiran dari hal-hal yang membuat penat.


    (Baca Juga: Ketahui Manfaat Aerial Yoga, Ala Jennie & Jisoo BLACKPINK)


    Tantra Yoga kemudian diperkenalkan ke masyarakat Barat pada awal abad ke-20, hingga akhirnya masyarakat dunia mengenal jenis yoga ini dengan nama Hatha Yoga. Jenis yoga yang mendorong kesatuan pikiran, tubuh, dan jiwa. Dengan memadukan postur (asana), pernapasan (pranayama), gestur tubuh (mudra), dan penguncian energi (bandha), kamu akan diajak untuk berkomunikasi lebih dalam dengan diri sendiri.


    Kini, yoga telah menjadi salah satu pilihan olahraga sebagian masyarakat. Apalagi menjalani hari di tengah ibu kota, ketenangan yang ditawarkan yoga pun berhasil menarik banyak orang untuk berolahraga di atas matras. Meski tak sedikit pria yang turut melakukan olahraga ini, yoga cukup banyak dilakukan oleh wanita.


    Rupanya ada banyak manfaat yoga untuk wanita yang mungkin bisa membuatmu tertarik untuk mencoba berolahraga di atas matras ini. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak deretannya di bawah ini.


    1. Menjaga kesehatan jantung


    Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang memiliki risiko tinggi terhadap wanita sehingga memastikan kondisi jantung dalam keadaan sehat adalah hal yang esensial. Yoga bisa menjadi olahraga yang bantu jaga kesehatan jantung. Sebuah riset yang dilakukan pada Desember 2014, berlatih yoga secara rutin terbukti memberikan dampak positif mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh kondisi jantung.


    Ketika seseorang mengalami masalah yang berkaitan dengan kondisi jantung, berlatih yoga dan pernapasan dalam selama 12 minggu bisa menurunkan detak jantung dan tekanan darah.


    2. Membantu saat hamil dan melahirkan


    Ketika wanita mengandung, prenatal yoga banyak direkomendasikan untuk dicoba selama kehamilan. Kamu akan lebih mudah untuk mengelola stres, apalagi ketika kamu mulai overthinking dengan segala kemungkinan tentang kehamilan dan nantinya menjadi seorang ibu, rasanya penting menemukan cara tenangkan diri.


    Selain itu, bisa mengurangi pegal-pegal maupun rasa nyeri di area panggul karena latihan yoga juga melatih otot-otot untuk menopang tubuh lebih kuat.


    manfaat yoga untuk wanita

    (Prenatal yoga. Foto: Dok. freestocks.org/Pexels)


    3. Membantu berkomunikasi dengan diri sendiri


    Memang yang bergerak di atas matras adalah tubuhmu. Memang yang berkeringat adalah tubuhmu, tapi bukan berarti kesehatan mentalmu tak ikut rasakan manfaatnya. Sebagian besar kelas yoga diawali dengan proses centering dan sepertinya namanya, kamu diajak untuk memusatkan perhatian.


    Dengan menggunakan pernapasan, kamu akan melatih fokus dan kesadaran pada momen sekarang, ketika kamu akan melakukan latihan yoga. Proses centering di awal latihan ini akan membantumu berkomunikasi dengan diri sendiri selama proses latihan yoga. Kamu lebih mudah untuk mengenali kekuatan dan kondisi tubuh setiap kali kamu latihan. Yoga memberi ruang yang luas untuk kamu bisa berbicara sekaligus mendengarkan diri sendiri.


    (Baca Juga: Lebih Sehat & Bahagia, Ini 6 Cara Merawat Diri Di Tahun 2022)


    4. Meredakan gejala premenstrual syndrome (PMS)


    Buat kamu yang sering mengalami berbagai gejala sebelum menstruasi atau dikenal dengan istilah premenstrual syndrome (PMS), yoga punya kekuatan untuk meredakan gejalanya. Apalagi nyeri di area pelvis di awal menstruasi selalu jadi hal yang paling menyebalkan, gerakan-gerakan yoga bisa bantu lepaskan kontraksi otot di area tersebut.


    Ditambah latihan pernapasan yang selalu diterapkan pada yoga, kamu pun bisa melepaskan stres yang dirasakan tubuh dan pikiran saat nyeri menstruasi terjadi.


    manfaat yoga untuk wanita

    (Nyeri yang dirasakan saat awal menstruasi. Foto: Dok. Cotton Bro/Pexels)


    5. Menurunkan risiko Alzheimer maupun demensia


    Manfaat yoga untuk wanita juga terasa di usia senja. Penyakit seperti Alzheimer dan demensia cukup berisiko dialami sebagian orang, khususnya wanita, memasuki usia lanjut. Demensia yang ditandai menurunnya kemampuan mengingat dan berkomunikasi ini berdampak pada seseorang menjalani harinya.


    Dalam hal ini, yoga bisa memberikan dampak untuk menurunkan risiko Alzheimer dan demensia. Dengan tidaknya obat untuk menyembuhkan penyakit ini, gejalanya dapat dikurangi dengan pendekatan yang lebih holistik, termasuk yoga dan meditasi, untuk melepaskan beban yang dialami penderita demensia. Latihan yoga ini bisa dilakukan tak hanya oleh mereka yang alami demensia tetapi juga keluarga maupun tenaga yang merawat mereka.


    6. Membantu saat proses penyembuhan kanker payudara


    Apapun bentuk penyakitnya, termasuk kanker payudara, tentu bisa menimbulkan perasaan-perasaan kurang menyenangkan dalam diri. Rasa takut, khawatir, stres, dan berbagai perasaan lainnya bisa mengisi hati sekaligus pikiran.


    Meski kanker payudara jadi salah satu penyebab kematian pada wanita tertinggi di Indonesia, pasien tetap harus diberikan kekuatan dan semangat untuk menjalani proses penyembuhannya. Dalam hal ini, yoga bisa menjadi cara yang cocok untuk memberikan dampak positif selama proses penyembuhan karena terbukti bisa mengurangi level stres dan kekhawatiran yang dialami pasien.


    7. Memberi ruang untuk menikmati momen saat ini dan relaksasi


    Dengan berbagai peran yang dijalani wanita, mulai dari berkarier hingga menjadi seorang ibu, rasanya waktu terlewatkan dengan berbagai agenda dan aktivitas yang biasanya lebih banyak didedikasikan bagi orang lain. Yoga bisa memberi manfaat bagi para wanita untuk merilekskan diri dan menikmati momen saat ini tanpa harus berlibur.


    It is a double win bagi para wanita yang memutuskan ingin aplikasikan yoga dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengambil waktu 30 hingga 90 menit untuk lakukan latihan yoga, kamu tak hanya jauh lebih tenang mengawali atau mengakhiri hari tetapi juga menjaga tubuh lebih sehat dengan gerakan-gerakan dilakukan


    (Baca Juga: Bisa Dicoba, 5 Cara Mengencangkan Payudara)


    Banyak manfaat yoga untuk wanita dengan berbagai usia melalui ketenangan yang ditawarkan setiap kali gerakannya dilakukan. Dengan latihan rutin, kamu pun jadi lebih mudah untuk merilekskan diri di tengah kesibukan dari teknik pernapasan yang diajarkan saat yoga. Tak hanya lebih tenang, kamu pun jadi lebih kuat sekaligus fleksibel, fisik maupun mental, dalam mengatasi berbagai situasi dalam hidupmu. Gimana? Tertarik untuk mencoba berolahraga di atas matras?




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below