Life & health

Lebih Sehat & Bahagia, Ini 6 Cara Merawat Diri Di Tahun 2022

By : Vanessa Masli - 2022-03-12 10:00:02 Lebih Sehat & Bahagia, Ini 6 Cara Merawat Diri Di Tahun 2022

Kesehatan mental terus jadi pembahasan. Meditasi sudah menjadi salah satu cara untuk kamu lebih perhatian pada diri sendiri. Kehidupan modern yang semakin hari semakin rumit, tak jarang padat, hingga nyaris terasa berantakan membuatmu sulit menemukan waktu luang untuk merawat diri.


Ketika berbicara tentang cara untuk merawat diri atau self-care, kamu pasti memiliki beragam versi. Mulai dari fisik hingga psikologis, setiap orang memiliki cara merawat dirinya masing-masing. Jadi, penting bagi kamu untuk bisa temukan definisi dan cara self-care yang penting untukmu sekaligus mudah diaplikasikan sehari-hari.


(Baca Juga: Ini 5 Hobi Baru Yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2022)


Dengan masa pandemi menjadi agenda besar selama hampir tiga tahun terakhir, kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dalam bentuk apapun juga semakin meningkat. Perlu ada “normal” baru dalam berbagai hal untuk jalani hidup lebih sehat dan bahagia. Dilansir dari Her World Singapura, ada beberapa cara merawat diri di tahun 2022 yang bisa kamu coba terapkan. Penasaran apa saja?


1. Fokus menjaga kesehatan pencernaanmu


(Fokus pada pencernaan. Foto: Dok. Cotton Bro/Pexels)


Dengan lebih memperhatikan apa yang kamu makan setiap harinya, plus menambah asupan probiotik dalam tubuh. Makanan yang kamu konsumsi tentu memiliki peran krusial pada kondisi pencernaanmu, terlebih fokus utama lambung hingga ususmu adalah mencerna segala asupan yang masuk ke tubuh.


Ketika kamu lebih mindful akan makanan dan minuman yang dikonsumsi, kondisi pencernaanmu pun akan bekerja lebih baik. Apalagi masa pandemi ini sudah cukup banyak mengajarkan sebagian besar orang untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.


Kamu pun bisa menambahkan suplemen probiotik untuk melengkapi ragam menu kaya probiotik seperti tempe atau kimchi, agar kesehatan pencernaanmu terjaga secara maksimal.


2. Jaga imunitas tubuh dengan vitamin dan suplemen

Ketika kamu sudah lebih memerhatikan apa yang dikonsumsi setiap harinya, penting juga berikan nutrisi lengkap pada tubuh. Caranya, dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin yang sesuai untuk menjaga kesehatan tubuh semaksimal mungkin.


Apalagi saat kamu sudah kembali sibuk dengan mobilitas dari rumah ke kantor dan sebaliknya, kerap dipertemukan dengan makanan-makanan yang beri kenikmatan tapi kurang menyehatkan. Kamu bisa tetap jaga imunitas tubuhmu dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin yang esensial.


3. Pilih olahraga yang baik untuk jangka panjang


(Yoga bisa jadi alternatif olahraga. Foto: Dok. Elina Fairytale/Pexels)


Jika cara merawat diri yang kamu pilih adalah aktif berolahraga, mungkin fokus untuk menurunkan berat badan atau membuat bentuknya terlihat lebih ramping harus diubah. Ketika kamu berolahraga, apapun jenisnya, pastikan fokusmu untuk menyehatkan tubuh dalam jangka panjang.


Kurangi mencari pola makan dan olahraga yang terus memberi perhatian pada penampilan, bukan pada kenyamanan. Sebab, ketika kamu ingin pola hidup sehatmu jadi cara untuk merawat diri dalam jangka panjang, pastikan kamu menikmati setiap prosesnya.


(Baca Juga: Dominasi Warna Kalem, Ini 7 Tren Warna Baju di Tahun 2022)


4. Rawat kulit, kuku, dan rambut

Mungkin berbagai produk perawatan yang ditawarkan brand lokal maupun internasional, membuatmu terus berikan perhatian ekstra pada kesehatan kulit. Menjalani sepanjang tahun 2022, beri perhatian yang sama pada kondisi kuku dan rambut. Konsumsi minyak ikan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E jadi beberapa esensial penting untuk meregenerasi sel.


5. Jaga kesehatan mata


(Kondisi mata harus dijaga. Foto: Dok. Mark Arron Smith/Pexels)


Ketika hidup sebagian besar orang mengandalkan laptop, komputer, dan koneksi internet, kamu perlu menyadari bahwa kedua matamu juga tak jarang menatap layar lebih dari delapan jam. Apalagi, kamu yang hobi membayar kelelahanmu dengan serial favorit, kesehatan matamu jadi esensial untuk diperhatikan.


Mulai dari beri waktu rehat setidaknya 20 menit atau menatap sekelilingmu selama kurang lebih setengah menit hingga memanfaatkan tetes mata untuk jaga kondisi matamu. Sebab selama kamu masih banyak bekerja di rumah, matamu akan bekerja sekeras kamu bekerja.


6. Tidur yang nyaman itu kemewahan

Dengan waktu bekerja yang semakin kabur dan nyaris sulit beristirahat, ada satu hal yang pasti yaitu waktu tidur setiap malam. Ini sebuah kemewahan yang bisa kamu dapat, apalagi buat kamu para pekerja dari rumah. Jadi psatikan kamu benar-benar memastikan diri untuk tidur, tak hanya cukup selama delapan jam, tetapi juga nyaman dengan membiarkan tubuhmu istirahat penuh.


(Baca Juga: Selain Butet Manurung, Ini 11 Sosok Barbie Role Models 2022)


Beberapa poin di atas adalah cara merawat diri di tahun 2022 yang bisa kamu coba lakukan sepanjang tahun ini. Kira-kira kamu tertarik untuk mencoba?


Life & health