Bisa Dicoba, 5 Cara Mengencangkan Payudara


  • Bisa Dicoba, 5 Cara Mengencangkan Payudara
    Payudara kendur kadang membuat tidak percaya diri. (Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    Payudara memilki peran yang penting dalam diri seorang wanita. Peranan payudara salah satunya adalah untuk menyusui bayi setelah melahirkan. Sebab dalam payudara, terdapat jaringan khusus yang menghasilkan susu dari kelenjar susu, serta jaringan lemak. Biasanya, wanita menyusui juga minum susu khusus untuk menyusui. Sebagian wanita merasa payudaranya tidak kencang setelah menyusui.


    Payudara yang tidak kencang utamanya berpengaruh kepada rasa percaya diri wanita itu. Payudara dinilai penting dalam penampilan, layaknya para wanita menampilkan kulit mereka dalam berpakaian. Itulah mengapa wanita mencari cara mengencangkan payudara. Simak cara yang bisa kamu lakukan di bawah ini untuk tampilan payudara yang terlihat optimal.




    1. Berolahraga yang berpusat pada tubuh bagian atas

    Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga sangat penting dalam kehidupan. Tidak hanya membuat sehat mengeluarkan hormon yang postif, olahraga juga mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah mengencangkan payudara. Karena payudara berada di tubuh bagian atas, kamu bisa melakukan olahraga melatih otot tubuh bagian atas untuk payudara kencang.

    Contoh olahrga yang bisa mendukung ini adalah plank ataupun push-up. Kedua olahraga ini berpusat pada tubuh bagian atas dan membentuk kekuatan otot yang menopang payudara. Lakukan ini dua sampai tiga kali seminggu, atau bisa juga rutin setiap harinya untuk hasil yang optimal. Jika baru ingin memulai, tempatkan tumpuan saat push-up pada lutut.


    cara mengencangkan payudara

    (Push-up untuk kekuatan otot payudara. Foto: Dok. Ivan Samkos/Pexels)


    2. Yoga


    Latihan lainnya untuk mengencangkan payudara adalah dengan yoga. Beberapa gerakan dalam yoga bisa membantu memperkuat otot dada untuk menyokong payudara. Yoga terbilang cara alami dalam mengembalikan kekencangan payudara agar membusung. Selain itu, yoga juga bisa membantu melatih otot tangan. Gerakan yoga ini pun bisa kamu lakukan di rumah karena gerakannya yang simpel.


    Beberapa gerakan yoga yang bisa kamu lakukan adalah cobra pose, standing forward bend, dan triangle pose. Seperti namanya, triangle pose atau disebut trikonasana adalah gerakan membentuk segitiga. Selain mengencangkan payudara, gerakan ini juga menguatkan tulang, meluruskan pundak, dan melancarkan alirah darah. Cobalah gerakan-gerakan yoga selama 30 menit setiap harinya.


    3. Kenakan bra yang tepat


    Mengenakan bra adalah hal yang wajar. Hal yang tidak wajar adalah mengenakan bra yang tidak tepat. Meski menurut penelitian mengenakan bra bukan berarti membuat payudara tetap kencang, mengenakan bra bisa menjaga ligamen payudara. Payudara sendiri akan mengendur seiring dengan bertambahnya usia, bahkan gravitasi pun mempengaruhinya.


    Kenakanlah bra dengan ukuran dan desain yang tepat. Dikatakan bahwa banyak wanita mengenakan bra yang tidak tepat. Kenakanlah jenis bra seperti bra full-cup, bra underwired, dan bra push-up. Bra full-cup contohnya, mempunyai cakupan yang penuh ke payudara tapi juga menutup area samping payudara. Sedangkan bra underwired bisa menopang dan membuat payudara lebih terangkat.


    cara mengencangkan payudara

    (Bra yang tepat agar payudara terangkat. Foto: Dok. Klaus Nielsen/Pexels)


    4. Konsumsi produk dairy


    Selain berolahraga dan mengenakan bra yang tepat, cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengonsumsi produk dairy. Ini adalah upaya yang kamu tempuh dari dalam. Produk dairy seperti susu, keju, yoghurt, dan mentega. Bahan-bahan dairy ini dikatakan dapat membantu menutrisi payudara. Payudara yang ternutrisi dengan baik membuat ukuran dan kekencangannya terjaga.


    Susu sapi yang tinggi protein bisa menjaga kesehatan oragan payudara dan menjaganya tetap kencang. Kedelai pun diketahui bisa mengencangkan payudara. Isoflavon dalam susu kedelai bisa meniru hormon estrogen yang dapat dijadikan pilihan untuk mengencangkan payudara. Tidak hanya susu, sebagai orang Indonesia kedelai juga bisa kamu konsumsi melalui tempe atau tahu.


    (Baca Juga: Ketahui 3 Gerakan Yoga Yang Bisa Mengencangkan Payudara)


    5. Operasi


    Jika penampilan payudara yang tidak kencang sangat berpengaruh dan mengganggu percaya dirimu, kamu selalu bisa andalkan operasi. Langkah ini bisa kamu pertimbangkan agar mendapatkan hasil secara instan dibanding dengan cara yang membutuhkan waktu. Tentu saja kamu perlu siapkan dana, serta jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter terlbih dahulu.


    (Baca Juga: Ingin Payudara Tetap Kencang & Sehat? Ini 8 Cara Merawatnya!)


    Itulah lima cara mengencangkan payudara, untuk kamu yang memiliki payudara kendur. Kamu bisa memilih cara alami ataupun tidak. Kamu perlu ingat bahwa payudara memang akan kendur saat usia bertambah. Itu sesuatu yang tidak bisa kamu lawan. Namun, kamu tetap bisa mencoba cara ini agar payudara tetap kencang.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below