Ketahui Manfaat Aerial Yoga, Ala Jennie & Jisoo BLACKPINK


  • Ketahui Manfaat Aerial Yoga, Ala Jennie & Jisoo BLACKPINK
    Ketahui Manfaat Aerial Yoga, Ala Jennie & Jisoo BLACKPINK. (Foto: Dok. Blackpink Official @blackpinkofficial / Instagram)

    Sebagaimana diketahui, saat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjalani pola hidup sehat, yakni dengan rutin melakukan olahraga. Salah satu olahraga yang dapat kamu lakukan adalah aerial yoga atau flying yoga atau anti gravity yoga. Pada dasarnya, gerakan untuk aerial yoga hampir sama dengan gerakan yoga pada umumnya, hanya menggunakan alat bantu gantung yang berbentuk seperti ayunan, atau lebih disebut dengan hammock yang akan membantu kamu melayang-layang di udara sambil melakukan gerakan yoga. 


    Ternyata, aerial yoga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho! Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!




    Perbedaan Aerial Yoga Dan Regular Yoga



    Perbedaan utama diantara aerial yoga dan regular yoga tentu saja penggunaan alat bantu gantung yang berbentuk seperti ayunan, atau lebih disebut dengan hammock yang akan membantu kamu melayang-layang di udara sambil melakukan gerakan yoga. Hal ini membuat latihan yoga kamu menjadi sedikit lebih mudah daripada yoga biasa, karena beberapa ada beberapa gerakan yoga yang lebih mudah dilakukan dengan bantuan hammock, seperti misalnya handstand (bagi pemula).


    (Baca Juga: Ngeri, Ini Resiko Kurang Tidur Yang Harus Dihindari)


    Manfaat Aerial Yoga


    Rutin melakukan aerial yoga dapat membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas dan inti. Ini karena, saat melakukan gerakan di hammock, otomatis kamu melibatkan kekuatan lengan, perut, dan bahu, sehingga bagi kamu yang menderita sakit punggung kronis atau ketegangan di bahu dan leher, aerial yoga dapat membantu meningkatkan mobilitas sendi dengan melemaskan area tubuh yang tegang. Selain itu, pada saat yang sama, hammock juga dapat mengurangi tekanan pada persendian. 


    (Baca Juga: Cara Dapatkan Tidur Yang Berkualitas)


    Melakukan gerakan yoga terbalik (upside down pose) ini akan membantu melancarkan darah ke otak, sehingga dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi kerutan. Selain itu, melakukan gerakan yoga inversion dalam aerial yoga dapat membantu meningkatkan sistem limfatik yang mendetoksifikasi tubuh dan melindungi dari penyakit. Beberapa gerakan dalam Aerial yoga juga dapat meningkatkan suasana hati, membuat lebih berenergi, meredakan stres, dan merilekskan tubuh serta pikiran, karena meningkatkan produksi hormon bahagia seperti serotonin dan dopamin. 


    Manfaat lainnya melakukan aerial yoga, yaitu berbagai gerakan dan peregangan akan meningkatkan aliran darah dan sistem pencernaan, sehingga membuat kamu merasa berenergi dan rileks. Selain itu, rutin melakukan latihan ini juga dapat meningkatkan fleksibilitas, memperkuat dan meregangkan seluruh tubuh, dan melemaskan tulang belakang. Bahkan, dapat memperkuat lengan dan kaki. 


    (Baca Juga: Hilangkan Napas Tidak Sedap Di Balik Masker Dengan 9 Cara Ini)


    Meskipun aerial yoga dapat dilakukan oleh semua orang, namun tidak disarankan untuk wanita hamil, penderita vertigo, osteoporosis atau kelemahan tulang lainnya, glaukoma, stroke, hernia, atau setelah melakukan operasi. Ini karena dalam aerial yoga terdapat beberapa gerakan inversion atau posisi kepala di bawah yang tentu saja dapat membahayakan ataupun mungkin memperparah kondisi kesehatan kamu. 





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below