Dampak Kekurangan Vitamin D


  • Dampak Kekurangan Vitamin D
    Inilah dampaknya jika tubuhmu kekurangan vitamin D. (Foto: Dok. Maggie/pexels)

    Vitamin D diproduksi dalam tubuh ketika kulit kamu terkena paparan sinar matahari. Sumber makanan seperti telur, susu, dan ikan yang berlemak seperti salmon, halibut, dan herring juga bisa mencegah kekurangan vitamin D ke dalam tubuh kamu.


    Namun jangan khawatir, dilansir dari Health, jika kamu kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D atau di tempatmu sering hujan, kamu dapat menebusnya dengan menghabiskan 30 menit di bawah sinar matahari pada hari berikutnya.




    Vitamin D memainkan peran penting dalam tubuh manusia. Vitamin D memiliki beragam manfaat dalam kesehatan tubuh, seperti, penyerapan kalsium, kesehatan tulang hingga keseimbangan fosfat. Tetapi vitamin D juga lebih dari sekadar memperkuat tulang kamu. Vitamin D juga dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan membantu pertumbuhan sel. Inilah dampak jika kamu kekurangan vitamin D.


    (Baca Juga: Tetap Sehat, Inilah 4 Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh!)


    Diabetes

    Menurut penelitian, salah satu dampak dari orang yang kekurangan asupan vitamin D adalah mereka akan memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena diabetes. 


    Nyeri otot dan tulang

    kekurangan vitamin D

    (Foto:Dok.karolina/pexels)

    Kekurangan vitamin D dapat menjadi penyebab nyeri otot dan tulang pada anak-anak maupun orang dewasa. Vitamin D dan kalsium itu sama-sama diperlukan dalam pembentukan tulang. Ini berguna untuk mencegah osteoporosis dan osteomalasia yaitu pelapukan dan pengeroposan tulang. Namun, kamu dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D.


    Lupus

    Lupus adalah penyakit peradangan kronis di mana sistem kekebalan tubuh menyerang organ dan jaringannya sendiri. Penyakit yang satu ini sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin D karena pasien lupus sering disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari. Sebuah tinjauan penelitian baru-baru ini menyarankan bahwa mengoreksi kekurangan vitamin pasien lupus dapat membantu mengurangi keparahan penyakit mereka.


    (Baca Juga: Mencegah Penuaan Dini, Ini Manfaat Vitamin D Untuk Kulit)


    Kerusakan gigi

    kekurangan vitamin D

    (Foto:Dok.pavel/pexels)

    Kurangnya vitamin D juga dapat berdampak pada kerusakan gigi dan gusi. Vitamin D sangatlah penting untuk kesehatan gigi dan pembentukan gigi kita. Kandungan vitamin D yang berasal dari sinar matahari juga memiliki peran penting dalam melindungi gigi seiring bertambahnya usia. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang lebih tua yang mengkonsumsi 700 unit internasional (IU) vitamin D (bersama dengan kalsium) setiap hari selama tiga tahun akan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk kehilangan gigi dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya. 


    Mudah sakit

    Vitamin D berperan dalam menjaga kekebalan tubuh. Orang yang kekurangan vitamin D akan lebih mudah merasa lemas dan jatuh sakit. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya yang tidak cukup kuat. Jika kamu sering merasa lemas dan jatuh sakit, terutama masuk angin atau flu, itu bisa jadi karena vitamin D yang rendah dalam tubuhmu. Maka dari itu, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin ini dalam menu makan sehari-hari. 


    Rambut rontok

    kekurangan vitamin D

    (Foto:Dok.element5/pexels)

    Dampak kekurangan vitamin D selanjutnya adalah rambut rontok. Dilansir dari Healthline, terdapat penyakit autoimun bernama alopecia areata yang ditandai dengan rambut rontok yang parah. Kurangnya vitamin D dapat meningkatkan resiko penyakit tersebut.


    (Baca Juga: Solusi Pencernaan Sehat Dari Heavenly Blush)


    Demensia

    Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan resiko demensia pada orang dewasa. Demensia adalah penyakit otak yang menyerang kemampuan otak terkait ingatan, proses berpikir hingga bahasa. Dengan kata lain, demensia akan membuat seseorang menjadi pikun dan sulit berpikir.


    Depresi

    Kekurangan vitamin D secara alami ternyata bisa menyebabkan depresi. Terutama bagi negara yang jarang ada sinar matahari. Kondisi depresi seperti ini disebabkan oleh Seasonal Affective Disorder (SAD) yang terjadi di musim dingin. Di dalam penelitian The British Journal of Psychiatry juga dijelaskan bahwa kekurangan vitamin D di dalam tubuh ternyata bisa memiliki risiko dua kali lebih besar mengalami depresi.


    Itulah beberapa dampak kekurangan vitamin D dalam tubuhmu. Jadi pastikan kamu rajin mengonsumsi vitamin D, ya. 


    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below