Tetap Sehat, Inilah 4 Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh!


  • Tetap Sehat, Inilah 4 Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh!
    Apa saja vitamin yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh? (Foto: Dok. Drobotdean/Freepik)

    Di tengah masa pandemi saat ini, menjaga kesehatan adalah suatu keharusan. Selain dengan olahraga, istirahat yang cukup, dan menjaga pola makan sehat, kamu juga perlu mengimbanginnya dengan mengonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Lantas, apa saja vitamin yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh? Berikut ini beberapa jenis vitamin yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


    Vitamin C




    Vitamin C adalah salah satu penguat sistem kekebalan tubuh terbaik. Hal ini karena, vitamin C dapat membantu membunuh mikroba berbahaya. Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi sel kekebalan tubuh, termasuk sel darah putih dan fagosit, yaitu merupakan sel yang membunuh bakteri dengan cara menyerapnya. Kekurangan vitamin C justru bisa membuat kamu lebih rentan sakit.


    (Baca Juga: 6 Gejala Umum Kanker Usus Yang Harus Diwaspadai)


    Dikutip dari Cleveland, makanan yang kaya vitamin C termasuk jeruk, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli. Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan yang baik karena tubuh tidak memproduksi dengan sendirinya. Dikutip dari Insider, orang dewasa setidaknya mendapatkan antara 65 dan 90 mg vitamin C per hari, dan tidak boleh mengonsumsinya lebih dari 2.000 mg per hari.


    Vitamin D


    Melansir dari laman Insider, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kekurangan vitamin D lebih mungkin terkena infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia atau bronkitis. Mengapa? Karena vitamin D meningkatkan jumlah makrofag, yaitu sel kekebalan yang dapat membantu membunuh sel-sel penyakit yang menyerang tubuh. Setidaknya kamu harus mendapatkan sekitar 400-800 IU vitamin D per hari.


    (Baca Juga: Deretan Olahraga Yang Efektif Cegah Stroke Sejak Dini)


    Beberapa sumber vitamin D yang baik antara lain, minyak ikan kod, hati sapi, dan kuning telur. Selain itu, kabar baiknya adalah tubuh dapat menghasilkan banyak vitamin D saat kulit terpapar sinar UV di waktu tertentu. Oleh karena itu, kamu juga disarankan berjemur untuk mendapatkan asupan vitamin D alami.


    Vitamin E


    Vitamin E memiliki sifat antioksidan, yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Antioksidan adalah zat yang membantu melindungi sel tubuh dari molekul radikal bebas beracun, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Perlu diketahui, jumlah vitamin E yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 15 mg per hari. Beberapa sumber vitamin E yang baik adalah paprika merah, alpukat, minyak bunga matahari, dan almond.


    Vitamin B6


    Tubuh membutuhkan vitamin B6 untuk membantu tubuh melawan mikroba berbahaya, penyebab penyakit. Secara spesifik, vitamin B6 dapat membantu tubuh memproduksi sejenis sel kekebalan yang disebut dengan Sel-T, yang dapat membantu membunuh sel-sel yang terinfeksi dalam tubuh dan mengaktifkan respons sistem kekebalan.


    (Baca Juga: Lelah Kerja Dari Rumah, Atasi Dengan Latihan Ini)


    Perlu diketahui, wanita harus mendapatkan sekitar 1,2 mg vitamin B6 per hari, sedangkan pria harus mendapatkan 1,4 mg. Kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi lebih dari 10 mg vitamin B6 dalam sehari kecuali dianjurkan oleh dokter sebagai bagian perawatan kesehatan. Beberapa sumber vitamin B6 yang baik yaitu kentang, buncis, tuna, pisang, ayam, dan kale. 


    Nah, itu dia empat vitamin yang bisa kamu konsumsi untuk membantu daya tahan tubuh. Menjaga pola makan sehat dan mendapatkan vitamin yang tepat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kamu juga harus mengimbanginya dengan istirahat yang cukup, berolahraga yang teratur, dan meminimalkan stres juga merupakan kunci kesehatan tubuh. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below