Mencegah Penuaan Dini, Ini Manfaat Vitamin D Untuk Kulit


  • Mencegah Penuaan Dini, Ini Manfaat Vitamin D Untuk Kulit
    Mencegah Penuaan Dini, Ini Manfaat Vitamin D untuk Kulit. (Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Beberapa waktu belakangan kita diingatkan untuk rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi. Bukan tanpa alasan, dikutip dari laman Alodokter, sinar matahari pagi menghasilkan sinar ultraviolet yang saat menyentuh permukaan kulit akan diubah tubuh menjadi vitamin D. Nah, vitamin D inilah yang dibutuhkan tubuh untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh, menjalankan fungsi metabolisme kalsium, menjaga kesehatan tulang, dan mentransmisi kerja otot dengan saraf. Ternyata, vitamin D tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, lho tetapi juga baik untuk kulit. 


    Apa saja manfaat vitamin D untuk kulit? Simak!




    Apa itu vitamin D?


    Melansir dari laman Byrdie, vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak dan salah satu vitamin paling penting untuk fungsi biologis. Pada dasarnya, tubuh kita mampu memproduksi vitamin D sendiri, namun dalam proses produksinya kulit membutuhkan sinar matahari untuk merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh.  


    Manfaat Vitamin D untuk Kulit


    Dapat Mengurangi Peradangan


    Vitamin D dapat mengurangi peradangan yang berlebihan dan mengurangi gejala kondisi kulit tertentu, seperti psoriasis, eksim, dan ichthyosis. Ini karena, vitamin D berfungsi sebagai anti inflamasi ringan hingga sedang, sehingga tak heran jika vitamin D biasa digunakan dalam obat topikal untuk pengobatan kondisi kulit tersebut. Selain menggunakan obat topikal, kamu juga membutuhkan sinar matahari pagi langsung untuk membantu mengurangi dan mengobati gejala. 


    Meminimalisir Kerusakan Kulit


    Ahli dermatologis Jennifer Herrmann, MD dan Gervaise Gerstner, MD mengatakan bahwa, selain dapat berfungsi sebagai anti inflamasi, vitamin D juga dapat bekerja sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas sehingga meminimalisir ancaman kerusakan kulit dari luar. 


    Menormalkan Pergantian Sel


    Menurut Joshua Zeichner, MD, vitamin D telah terbukti dapat menstabilkan pergantian sel dan mencegah penumpukan sel mati di permukaan kulit yang menyebabkan plak psoriasis.


    Melindungi Kulit


    Vitamin D berfungsi sebagai steroid yang bekerja di dalam inti sel untuk mengatur fungsi, menstabilkan gen, dan merangsang proliferasi. Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa Vitamin D mungkin memainkan peran protektif untuk mencegah kanker, terutama kanker kulit. 


    Lebih lanjut, diambil dari laman Insider, ahli dermatologis Tsippora Shainhouse, MD, FAAD mengatakan bahwa, sebuah penelitian melaporkan bahwa wanita dengan riwayat kanker kulit non-melanoma yang mengonsumsi suplemen vitamin D plus kalsium memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan melanoma, yakni suatu jenis kanker kulit yang berkembang pada melanosit, atau sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Suplementasi vitamin D diperkirakan memiliki potensi manfaat anti kanker dari sifat anti inflamasi dan mampu menghambat proliferasi sel kanker. 


    Membantu Mencegah Kulit dari Penuaan Dini


    Menurut Shainhouse, memiliki kadar vitamin D yang sehat di dalam tubuh telah dibuktikan dapat mencegah penuaan kulit. Penuaan kulit dapat dibuktikan secara molekuler dengan adanya pemendekan telomer, yakni penutup materi genetik pada ujung bebas untai DNA. Telomer ini dapat memendek seiring bertambahnya usia, membuat DNA semakin tidak stabil, hingga menyebabkan kerusakan sel-sel. 


    Sebuah studi tahun 2007 di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa, telomer mampu bertahan lebih lama, setara dengan lima tahun penuaan, pada pasien dengan kadar vitamin D sehat, dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar vitamin D tidak sehat. 


    Akan tetapi, terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat mempercepat proses penuaan kulit. Sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan DNA, kerusakan kulit, dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, sinar matahari bukanlah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D. Mengonsumsi makanan kaya vitamin D atau suplemen vitamin D lebih disarankan untuk mendapatkan manfaat baik dari vitamin D. 


    Itulah lima manfaat vitamin D untuk kulit. Bagaimana, tertarik untuk merasakan sendiri manfaat vitamin D untuk kulit? 


    Jika kamu ingin mengonsumsi suplemen vitamin D, disarankan untuk tidak melebihi 4.000 IU sehari atau diskusikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below